Belajar Teknik Double Pedal Dasar Bagian 2

Kita lanjut lagi ya, kalau di tulisan sebelumnya, Belajar Teknik Double Pedal Dasar Bagian 1, kita sudah memainkan double pedal semiquaver dan double pedal triplet. Sekarang saatnya kita mengembangkan teknik double pedal kita. Sedikit otak-atik dengan abjad drum, maka jadilah beat double pedal yang bervariasi.

Teknik Double Pedal Lanjutan

Nah kita bermain-main yuk dengan double pedal tripletnya. Kalau di video di pelajaran kita yang sebelumnya, kita memainkan tiga buah not dalam satu ketuknya. Nah sekarang kita buat jadi kita hanya memainkan dua buah not dalam satu ketuknya. Kita hanya memainkan not pertama dan not ketiganya. Dan not keduanya tidak kita mainkan.

Nah saya akan memainkan abjad drum nomor 6 pada kaki saya, masih dengan single stroke tentunya, RLRL. Kita lihat dulu yuk gambar not baloknya dibawah ini.

Double Pedal Shuffle

Nah seperti ini saya memainkannya di drum, nanti pada bagian tengah-tengahnya, tangan kanan pada ride cymbal saya mulai mengikuti pola yang dimainkan kaki saya.

Kalau dibuat not baloknya, ada part yang saya mainkan seperti ini pada bagian ride cymbalnya.

Shuffle Ride Pattern

Ada yang bisa nebak di bar keberapa saya memainkan “shuffle pattern”-nya? Di bar kelima tepatnya saya memainkan pattern shuffle pada ride cymbalnya. Kemudian saya mengisi fill in-nya dengan menggunakan teknik rudiment yang dinamakan dengan Flam Accent.

Kalau dikembangkan lagi itu double pedal shufflenya, akan bisa menjadi beat drum di lagu Hot For Teacher-nya Van Halen, saya embed videonya dibawah ini. Perhatikan kick drumnya deh, itu dia memainkan double pedal shuffle disitu, seperti tidak konstan awal saya dengarnya waktu dulu saat baru belajar drum. Maklum dulu baru belajar! Hehehe.. Ternyata di kemudian hari saya baru tahu kalau itu pattern shuffle yang dia mainkan pada double pedalnya.

Yang ini yang dimainkan oleh Mike Mangini, drummer Dream Theater yang sekarang. Perhatikan kakinya deh, pas bagian masuk lagunya ya, karena dibagian awal Mike banyak memainkan flam accent dengan dua kakinya.

Nah jadi teman-teman drummer bisa melihat kan? Dengan kita mengotak-atik abjad-abjad drum yang ada, kita bisa membuat beat drum double pedal kita sendiri. Kalau masalah fill in-nya? Tinggal rajin-rajinlah latihan rudiment dari buku Stick Control. Ingin kakinya juga bisa leluasa dan ringan saat bermain teknik double pedal? Pakailah buku Stick Control dan dipindahkan di kaki latihannya. Pasti kaki teman-teman drummer jadi bisa sangat ringan dan cepat nantinya kalau rajin dilatih setiap harinya.

Nah lanjut lagi ya kita ngutak ngatik abjad drumnya untuk kemudian menjadi sebuah beat double pedal kita sendiri. Masih ingat ngga pelajaran saya yang sebelumnya, dimana saya memainkan abjad drum nomor 11 dari pecahan atau subdivsion not 1/16 pada kaki saya dengan satu kaki, sekarang saya mainkan dengan dua kaki, atau dengan double pedal. Kemudian saya mulai mengisi snarenya dengan abjad drum nomor 8 dari pecahan satau subdivision not 1/16. Kita sedikit ulangi ya pelajaran yang kemarin mengenai abjad drum.

Double Pedal Kombinasi

Nah kita akan memainkan not balok yang diatas itu nantinya dengan double pedal nah ada sedikit tambahan pada snare drum nantinya di ketukan keempatnya. Kalau not diatas kan kita mainkan dengan satu pedal jadi seperti dibawah ini hasilnya.

Sekarang kita mainkan not diatas tersebut dengan double pedal, kaki kita akan jadinya nanti RLR RLR RLR RLR, saya tidak memainkannya RLR LRL RLR LRL. Tapi kalau teman-teman ingin mencoba memainkan seperti itu juga tidak apa-apa, bahkan kalau teman-teman ingin memainkannya di kaki dengan RRL RRL RRL RRL juga tidak apa-apa. Suka-suka kita saja, terserah saja kita berkreasinya seperti apa enaknya di kita.

Nah kita lihat gambar not baloknya seperti apa dibawah ini.

Belajar Teknik Double Pedal Dasar Bagian 2

Kalau teman-teman lihat dari gambar not balok diatas, pada ketukan keempatnya snarenya saya memainkan abjad drum yang ini.

Abjad Drum 8

Dan sekarang saya coba mainkan pada drumset ya, seperti apa jadinya.

Jadi teman-teman bisa melihat kan? Dengan kita belajar dan memahami abjad drum nantinya kita akan jadi lebih mudah dalam belajar, dalam mengulik lagu juga. Kita jadi bisa tahu, bagian mana yang harus kita mainkan pada kaki kiri dan bagian mana yang harus kita mainkan pada kaki kanan. Karena saya banyak sekali menerima pertanyaan yang menanyakan gimana caranya memisahkan kaki dan tangan kita?

Kemarin juga lewat youtube saya ada yang menanyakan bagaimana cara memisahkan antara kaki kiri dan kaki kanannya. Nah jawabannya adalah dengan abjad drum kita jadi tahu, mana bagian yang harus dimainkan oleh kaki kiri kepisahnya dibagian mana, dan barengnya dibagian mana, sehingga bisa kita pelankan sesuai kemampuan kita.

Kemudian perlahan-lahan ketika kita sudah mulai bisa, baru deh kita percepat, dan akhirnya kita menjadi bagus disitu. Nah begitulah kira-kira keuntungannya kita belajar abjad drum itu. Kita jadi bisa mengembangkan permainan drum kita dan tidak merasa mentok. Kita bisa terus berkreasi dan berkreasi dan berkreasi mencipta beat drum kita sendiri, mencipta fill in drum kita sendiri. Dan akhirnya nanti jadilah style kita sendiri.

Buat teman-teman yang bingung bisa bertanya melalui facebook atau twitter saya, @ngimoel. Atau bisa juga langsung les drum dengan saya. Untuk detail mengenai bagaimana les drum dengan saya, teman-teman silakan mengklik pada banner di bawah ini.

Kursus Drum Di Cempaka PutihKalau begitu kita sudahi dulu ya belajar teknik double pedal dasar bagian 2 kita kali ini. Jangan lupa dilatih ya.. Salam drummer!