Cara Membaca Notasi Angka

cara-membaca-notasi-angkaKali ini kita akan membahas mengenai cara membaca notasi angka. Ini biasanya digunakan oleh para vokalis dan sangat jarang sekali digunakan oleh para drummer, malah saya sendiri belum pernah nemuin drummer yang menggunakan notasi angka untuk penulisan notasinya. Seperti apa sih penulisan dengan menggunakan notasi angka ini?

Sistem Penulisan Di Dalam Not Angka

Nah di dalam sistem penulisan dengan menggunakan not angka ini kita akan menggunakan angka-angka dari 0 hingga angka 7, dimana 0 itu menunjukkan tanda istirahat dan angka satu itu menunjukkan nada do, dan angka 2 itu menunjukkan nada re, angka 3 itu mi, angka 4 itu fa, angka 5 itu sol, angka 6 itu la, dan angka 7 itu si.

Kemudian di penulisan not angka itu kita juga menggunakan tanda titik di atas angkanya dan juga ada tanda titik di bawah not angkanya. Tanda titik di atas not angka itu menunjukkan bahwa nadanya adalah satu oktaf di atasnya, dan tanda titik di bawahnya menunjukkan bahwa not tersebut adalah satu oktaf di bawahnya.

Kemudian di not angka juga ada tanda | yang menunjukkan bahwa dari satu | ke | yang lain adalah merupakan satu bar. Kemudian kita mengenal juga ada tanda garis di atas not angka tersebut yang menunjukkan nilai ketukan dari not angka tersebut, namun ini agak sedikit membingungkan kita. Oleh karena itu buat teman-teman yang memang ingin belajar membaca notasi angka menurut saya sih mendingan sekalian langsung belajar not balok aja.

Karena sebenarnya banyak keuntungan kalau kita bisa belajar not balok itu. Dan di not balok itu lebih mendetail, dari nilai notnya kita tahu, dan tanpa kita mesti harus mendengar musiknya kita bisa memainkannya, sementara kalau not angka kecenderungannya adalah kita harus tahu dulu mengenai lagunya, baru deh kita bisa memainkannya. Kita harus sudah pernah mendengar lagunya terlebih dahulu, kalau kita tidak pernah mendengar lagunya maka kita hanya akan menebak-nebak saja karena data yang diberikan dalam penulisan not angka itu kurang banyak.

Kemudian di not angka ada garis miring, dimana kalau garis miring dari bawah ke atas itu artinya nada tersebut dinaikkan sebesar setengah nada dan kalau tanda garis miring dari atas ke bawah berarti nada tersebut diturunkan sebesar setengah nada.

Kemudian ada juga garis lengkung yang kalau di not balok itu dinamakan dengan tanda ties. Cuma kalau di not angka kalau ditulisnya di bawah angkanya maka artinya not tersebut dimainkan secara tidak terputus-putus. Sementara kalau tanda lengkungnya berada di atas angkanya, itu artinya sama dengan tanda ties di not balok.

Nah sebenarnya penting ngga sih kita bisa membaca not balok itu? Kebetulan saya sudah membuat videonya mengenai hal ini jadi teman-teman bisa tonton aja video di bawah ini.

Nah semoga sharing saya ini bisa bermanfaat, dan buat teman-teman yang ingin belajar not balok atau belajar drum, bisa langsung belajar drum dengan saya. Bisa dengan menghubungi facebook saya, atau bisa juga melalui twitter saya, @ngimoel. Kalau begitu kita sudahi dulu ya artikel mengenai cara membaca notasi angka ini.


Artikel Terkait :

Comments

comments