Not Setengah

belajar-not-balok-iman-prabawaKali ini kita akan membahas mengenai not setengah, atau sering disebut dengan nama lainnya yaitu seperti half note atau juga minim. Biasanya kalau di Amerika lebih condong menyebutnya dengan sebutan half note, sementara kalau di Inggris British itu lebih condong menyebutnya dengan sebutan minim. Nah kalau kita di Indonesia pastinya not setengah. Atau mungkin ada nama lain dalam bahasa Indonesia yang saya ngga tau? Silakan komen di bawah ini. Hehehe..

Not setengah ini dalam time signature nilainya adalah dua ketuk. Kalau kita lihat gambarnya adalah seperti dibawah ini.

gambar-not-setengah

Nah jadi kalau teman-teman melihat not berbentuk seperti di atas ini disebut juga dengan not setengah. Nanti di video di bawah ini saya membuat sebuah video mengenai cara memainkan not setengah ini. Jadi nanti kita akan langsung ke cara memainkannya.

Kalau untuk instrument yang bernada seperti misalnya gitar, bass, keyboard, atau yang lainnya, berarti nadanya tersebut akan berbunyi selama dua ketuk. Buat teman-teman yang bingung mengenai dua ketuk itu seperti apa, nanti di video di bawah ini saya menjelaskan dengan detail dan gamblang (kalau menurut saya) dan cukup mudah untuk dimengerti (sekali lagi kalau menurut saya! Hehehe..)

Atau kalau teman-teman masih bingung juga, teman-teman bisa masuk ke youtube channel saya dan mencari video mengenai pengenalan metronome atau yang membahas mengenai memahami metronome. Disitu saya lebih detail lagi menjelaskan mengenai dua ketuk ini.

Nah kalau dimainkan di drum yang tidak bisa berbunyi selama itu, kan ngga mungkin kalau drum itu bisa panjang banget misalnya duuuuuukkkkk untuk suara bass drumnya dan taaaaaaaaaaakkkk untuk suara snare drumnya. Nah gimana dong kalau untuk drum? Berarti tinggal kita tunggu aja, kita mainkan nanti di ketukan ketiganya, karena berarti ketukan keduanya dianggap aja snarenya masih berbunyi. Jadi kita akan memainkan lagi setelah ketukan kedua.

Coba dibayangkan deh bunyi snarenya kalau dimainkan di snare akan menjadi taaaaaaakkkkk.. nah kan dibayangkan di otak tuh, setelah taaaaakknya sampe dua ketuk tinggal mainkan lagi. Oke deh kalau begitu kita tonton aja videonya langsung dibawah ini ya biar ngga berlama-lama lagi. Selamat menonton dan kalau begitu kita sudahi saja artikel mengenai not setengah ini.


Artikel Terkait :