Teknik Menginjak Pedal Pada Bass Drum

Teknik menginjak pedal drum pada bass drum awalnya hanya ada 2, yaitu teknik Heel Up dan Heel Down, mari kita bahas kedua teknik menginjak pedal drum ini. Baru kemudian kita akan membahas mengenai perkembangan dari dua teknik ini. Yuk mari kita belajar di artikel berikut ini..

Teknik Menginjak Pedal Drum, Heel Up

Heel artinya tumit, sementara Up artinya atas, jadi kalau diartikan tumit kita diangkat, atau kalau kita menggunakan bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan istilah ‘jinjit’. Nah di video di bawah ini, teman-teman drummer akan langsung melihat seperti apa sih teknik menginjak pedal drum pada bass drum yang dinamakan dengan teknik heel up ini.

Dengan teknik heel up ini, kita akan mendapatkan power atau tenaga yang lebih besar daripada teknik menginjak pedal drum yang lainnya. Teknik heel up ini sangat enak kalau kita menggunakan ketika kita bermain teknik slide pada bass drum, yang saya rasakan sendiri, saya lebih gampang menggunakan teknik heel up ini ketika memainkan teknik slide ketimbang ketika saya menggunakan teknik menginjak pedal drum yang lainnya. Tapi itu juga biasanya karena faktor kebiasaan juga, awal memulainya kita belajar dengan teknik menginjak pedal drum yang mana? Kalau sudah terbiasa dengan heel down, maka pastinya akan lebih mudah dengan Heel Down. Oh iya saat kita melakukan teknik heel up ini, jangan sekali-sekali melayang, walau kita banyak memainkan pedal, jadi diusahakan kaki kita tetap menempel pada pedalnya.

Teknik Menginjak Pedal Drum, Heel Down

Down artinya bawah, jadi tumit kita itu kita tempelkan ke pedalnya saat kita menginjak pedal. Nah di video di bawah ini saya sudah membuat, jadi teman-teman drummer bisa dapat gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana cara menginjak pedal dengan teknik heel down ini.

Dengan teknik heel down ini, sound yang dihasilkan lebih halus atau soft ketimbang kalau kita menggunakan teknik heel up, jadi kalau kita menginginkan suara bass drum yang lebih halus, teman-teman drummer bisa mempertimbangkan menggunakan teknik heel down ini.

Teknik Menginjak Pedal Drum, Flat Foot

Nah teknik yang ketiga ini, adalah pengembangan dari kedua teknik diatas. Seorang drummer metal yang bernama Derek Roddy pada event Modern Drummer Festival 2008 pernah berkata bahwa, pada dasarnya orang ketika disuruh memainkan pedal, akan hanya ada dua teknik yang akan mereka mainkan yaitu, kalau ngga heel up ya pastinya heel down. Nah makanya tadi saya bilang ini teknik menginjak pedal yang ketiga ini, yaitu flat foot adalah merupakan pengembangan dari kedua teknik menginjak pedal drum di atas. Nah seperti apa sih tekni flat foot ini? Kita lihat pada video dibawah ini supaya lebih jelas dan detail..

Banyak drummer metal yang menggunakan teknik ini ketika memainkan double pedal mereka. Ada beberapa versi dari teknik flat foot ini, kalau Derek Roddy di video ini.

Dia menjelaskan caranya dia dalam memainkan teknik flat foot ini, sementara kalau teman-teman drummer mencari di youtube juga akan menemukan juga teknik flat foot versi yang lain, tapi kira-kira secara garis besarnya akan sama, yaitu kaki kita saat memainkan pedalnya berada pada posisi yang rata.

Teknik Menginjak Pedal Drum, Heel Toe

Heel itu artinya tumit sementara Toe itu artinya ujung kaki. Nah jadi kita memainkan tumit dan ujung kaki tumit dan ujung kaki. Kalau saya sendiri agak jarang memainkan teknik ini, biasanya kalau saya memainkannya di hi hat. Namun kebetulan saya sudah membuatkan video mengenai teknik heel toe ini. Teman-teman bisa menonton videonya di bawah ini untuk lebih jelasnya seperti apa sih teknik heel toe ini.

Teknik Menginjak Pedal Drum Mana Yang Terbaik?

Biasanya pertanyaan ini akan muncul setelah menyimak penjelasan saya mengenai berbagai teknik drum. Menurut saya tidak ada yang terbaik, semua punya kelebihan dan kekurangannya, dan kebutuhan bermusik teman-teman yang mana? Tinggal disesuaikan saja karena kan tiap-tiap cara menginjak pedal tersebut akan menghasilkan sound yang berbeda-beda juga. Jadi silakan teman-teman coba sendiri ya, dan pilih mana yang menurut teman-teman paling nyaman untuk teman-teman sekalian.

Kalau teman-teman ada yang mau ditanyakan silakan bisa bertanya melalui facebook saya, atau bisa juga dengan langsung kursus drum dengan saya. Untuk detail mengenai biaya dan sistem belajarnya bisa mengklik pada banner di bawah ini.

Les Drum Di Jakarta

Kalau begitu kita sudahi dulu ya artikel teknik menginjak pedal pada bass drum ini.


Baca Juga :