Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Sampah Di Jakarta

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya ingin mengangkat mengenai sampah di Jakarta. Sebenarnya yang namanya sampah ngga cuma di Jakarta aja, cuma karena kebetulan saya tinggalnya di Jakarta, jadi ya saya menulis mengenai sampah di Jakarta. Saya kadang cenderung sedih kalau melihat masih banyak sekali orang yang tidak menghargai kebersihan.


Sepertinya kita masih banyak sekali tidak peduli dengan membuang sampah. Bisa juga karena kita tidak peduli atau karena kita memang berusaha untuk peduli namun tempat sampahnya yang tidak ada? Saya sendiri kadang, bukan kadang sih, tapi sering sekali ingin membuang sampah di tempatnya, tapi ketika saya mencari tempat sampah kok ya tidak ada tho? Akhirnya apa? Saya buang saja di dekat situ.

Pernah juga saya kantongin sampahnya, tapi akhirnya lupa membuangnya juga. Coba kalau tempat sampah ada dimana-mana, akan lebih mudah tentunya bagi kita untuk membuang sampah kan? Tapi mungkin juga ini sudah menjadi kebiasaan? Seperti waktu saya lagi mau belajar bahasa Jepang, saya melewati sebuah kali, yang isinya sampaaah aja. Saya iseng aja langsung memfotokannya.


Kali ini adanya di depan Universitas Darma Persada di daerah Duren Sawit. Prihatin ngga sih kalau kita melihat foto di atas? Mungkin karena kita sudah sangat terbiasa sekali membuang sampah seenak-enaknya kita saja. Dan mungkin juga kita kepikiran, ah ada petugas sampah ini, jadinya ya udah memang juga sudah menjadi tugas mereka juga untuk membersihkannya.


Bisa jadi kita berpikir seperti itu. Karena yang saya lihat juga waktu yang nongkrong di Lawson dekat saya belajar bahasa Jepang, disitu ada tempat sampah tapi tetap aja kotor, sampai akhirnya ya udah saya fotokan lagi aja. Ini sebenarnya saya alami bukan hanya di Lawson saja, tapi juga ada di Sevel di dekat rumah saya di Cempaka Putih.


Nah deh kapan-kapan saya fotokan lagi, biar bukti berbicara kalau saya tidak cuma ngomong doang. Sedih melihat hal seperti ini. Indonesia ingin maju? Kayanya menurut saya kok masih lama ya? Masih sangat banyak yang harus kita benahi dulu, dari hal-hal yang kecil saja kita masih sulit. Kalau kita lihat masalah kedisiplinan pengendara motor di jalan juga, darisitu saja kita bisa melihat, masih sangat jauh negara ini untuk bisa menjadi negara maju.

Bukannya saya pesimis lho, tapi kenyataan berbicara seperti itu. Semoga saja nanti bisa berubah, tapi daripada kita hanya berharap dan berharap dan berharap nanti berubah, kenapa tidak kita mencoba merubah dari diri kita sendiri dulu. Caranya gimana? Ya misalnya dengan mencoba untuk tidak membuang sampah sembarangan. Itu salah satunya. Salah duanya apa? Banyak lagi pastinya kalau kita mau coba untuk berpikir, kita hanya butuh untuk STOP and THINK. Kita hanya perlu untuk berhenti sejenak dan merenung.

Semoga tulisan saya ini bisa menggugah masing-masing dari kita untuk belajar dari hal yang kecil saja, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Mulai belajar mengikuti peraturan lalu lintas dengan baik dan benar. Semoga kalau kita lakukan seperti itu perlahan-lahan Indonesia menjadi negara yang jauh lebih baik dan jauh lebih nyaman untuk kita tinggali.


Cempaka Putih, 31 Oktober 2013.

Comments