Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pentingnya Mempunyai Perencanaan Untuk Kehidupan Kita

Blog Iman Prabawa - Tulisan ini lebih untuk ke diri saya sendiri karena kemarin ketika saya lagi ingin makan di satu tempat dimana saya biasa makan. Saya cukup kaget karena ternyata bangunannya dibongkar. Padahal baru saja ngga sampai setahun bangunan tersebut direnovasi, dan saya juga sempat ngobrol dengan pedagang makanan yang ada disitu, saya bertanya kepada mereka dimana kemudian mereka akan berdagang selama bangunan tersebut direnovasi.

Pentingnya Mempunyai Perencanaan Untuk Kehidupan Kita
 
Jadi bangunannya ternyata dibongkar untuk direnovasi kembali. Karena bangunan sebelahnya memang sudah perlu untuk direnovasi. Pedagang tersebut mengatakan kalau dia juga kaget, tapi dia juga tidak bisa berbuat banyak karena kan disitu dia menyewa tempat, dan memang renovasi itu nantinya pastinya akan menjadi jauh lebih baik lagi, tapi bisa jadi akan memakan waktu selama setahun. Nah selama setahun itu apakah mereka akan berhenti berjualan makanan??

Pentingnya Mempunyai Perencanaan


Dari kejadian ini saya jadi berpikir, tidak ada sesuatu yang pasti! Kita sekarang bekerja nih dan kemudian posisi kita sudah mapan, katakanlah kita menjadi direktur utama dari satu perusahaan, itu belum menjadi jaminan kita akan terus seperti itu. Bisa saja besok terjadi musibah dan ternyata kita mengalami kecelakaan, dan kemudian kita jadi tidak bisa bekerja lagi.



Pemikiran seperti ini dilontarkan oleh teman saya yang kebetulan bekerja di Singapore dan mempunyai tingkat gaji yang sangat baik, dimana jauh sekali dengan penghasilan saya. Dia berkata, "Belum tentu man! Karena kan bisa aja besok gue dipecat, atau besok gue kena musibah yang gue ngga bisa kerja lagi. Semua tergantung Allah man! Kalau Allah menghendaki kan semua bisa aja kejadian tho? Makanya kita harus terus bersyukur dan bersyukur atas apa yang sudah kita terima walau sekecil apa pun itu."

Kata-kata itu tertanam dalam di diri saya dan selalu saya ingat-ingat. Dan kejadian dengan pedagang ini juga menjadi salah satu hal yang seperti menguatkan kata-kata tersebut. Tapi saya juga jadi berpikir bahwa memang sangat penting untuk kita mempunyai perencanaan dalam kehidupan kita. Ketika kita misalnya berdagang, kita harus merencanakan dari uang yang kita hasilkan, berapa yang akan kita sisihkan untuk kita gunakan untuk kebutuhan keseharian kita, dan berapa persen yang harus kita sisihkan untuk ekspansi usaha kita dan juga hal-hal yang lain.

Pos-pos itu memang harus kita pikirkan dengan baik, sehingga ketika ada kejadian mendadak kita jauh lebih siap. Karena saya pikir kalau saja pedagang itu jauh lebih siap, pasti mereka sudah menyiapkan misalnya gerobak tambahan untuk mereka bisa gunakan atau gerobak yang sudah siap mereka sewa untuk mereka bisa meneruskan usaha berjualan makanan mereka itu.

Saya tidak menyalahkan mereka tapi dari mereka lah saya jadi belajar banyak. Memang sebenarnya kalau kita mau membuka mata kita, kita bisa belajar banyak sekali dari sekeliling kita hanya dengan melihat dan berusaha mengkaji apa yang kita bisa ambil pelajaran darinya. Dan memang seringkali pelajaran itu datang begitu saja kepada kehidupan kita, tapi kalau kita mau untuk sejenak berhenti dan berpikir pastinya kita akan mengetahui bahwa itu pelajaran yang dapat kita ambil.


Sungguh saya merasa belajar banyak sekali dari kejadian ini dan merasa diingatkan untuk membuat perencanaan yang jelas dalam hidup saya. Karena untuk membangun sebuah rumah saja kan dibutuhkan gambarnya terlebih dahulu, butuh direncanakan terlebih dahulu, rumahnya mau seperti apa, ada berapa kamarnya, berapa kamar mandinya, desainnya seperti apa, nanti gentengnya menggunakan apa, dindingnya seperti apa.

Masa untuk kehidupan kita sendiri kita tidak berusaha untuk memikirkannya? Kejadian ini benar-benar membuat saya belajar banyak. Terima kasih ya Allah.. :-)


Baca juga :
  1. Apa Bahasa Kasihmu?
  2. Cara Mengingat Tempat Parkir
  3. Gubug Makan Mang Engking Depok

Comments

Popular posts from this blog

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…