Skip to main content

Mesjid Raya Tanjung Pinang

Blog Iman Prabawa - Mesjid raya Tanjung Pinang yang bernama mesjid Agung Al Hikmah yang terletak di jalan mesjid no.1, Tanjung Pinang adalah mesjid yang berdiri megah. Kemarin waktu saya mampir kesana dan juga numpang shalat disana, sedang ada pembangunan di mesjid tersebut. Entah akan diperluaskah atau hanya sekedar direnovasi saja.

Mesjid Agung Al Hikmah

Kalau dilihat dari bagian luar seperti terlihat pad gambar berikut ini. Saya sendiri kurang tahu apakah mesjid ini adalah mesjid yang tertua di kota Tanjung Pinang ini kah atau tidak.

Mesjid Raya Tanjung Pinang

Terdapat bagian kubah tinggi di mesjid raya Tanjung Pinang ini.

Kubah Mesjid Raya Tanjung Pinang

Sementara kalau kita mau masuk ke mesjid raya Tanjung Pinang ini kita akan melewati di bagian depan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tampak Depan Mesjid Raya Tanjung Pinang

Kita bisa masuk melalui pintu depan, seperti gambar di bawah ini atau bisa masuk lewat pintu samping. Kalau saya sendiri kemarin masuk melalui pintu samping karena tempat wudhunya dulu ada di bagian belakang dan sekarang karena ada renovasi sekarang dipindah tempat wudhunya jadi disamping mesjid.

Masuk Mesjid Raya Tanjung Pinang

Disini yang saya alami biasanya kalau jam sudah masuk jam shalat, yang shalat disini jamaahnya bisa dibilang sangat banyak sekali. Rame kalau sudah masuk jam shalat, ini karena saya kesini pada saat belum jam shalat, kebetulan saya numpang shalat Dhuha di mesjid ini, jadi mesjidnya pun jamaahnya masih sepi aja.

Bagian Dalam Mesjid Raya Tanjung Pinang

Saya melihat ada tulisan "Dilarang Tidur Di Dalam Mesjid" mungkin karena disini sering ada yang numpang tidur kali ya, sehingga dibuatlah tulisan seperti ini. Tapi memang banyak juga sih mesjid yang menuliskan seperti ini di bagian dalamnya.

Dilarang Tidur Di Dalam Mesjid

Nah sekian laporan pandangan mata perjalanan saya dari kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau. Sampai ketemu di laporan pandangan mata saya di artikel mesjid raya Tanjung Pinang ini. Wassalam.

Comments