Skip to main content

Perpanjang SIM Di Mal Artha Gading

Kali ini saya mau sharing pengalaman saya mengenai perpanjang SIM di Mal Artha Gading, di Kelapa Gading Jakarta Utara. Kebetulan memang daerah Kelapa Gading ini bisa dibilang dekat dari rumah saya di Cempaka Putih, jadi saya memutuskan untuk memperpanjang SIM saya disitu. Di Kelapa Gading selain di Mal Artha Gading ini saya juga pernah memperpanjang SIM di depan Graha Gepembri kalau tidak salah.

Kalau yang di depan Graha Gepembri itu mobil SIM keliling, jadi bus besar gitu yang berhenti dan mangkal di depan gedung Graha Gepembri. Kalau itu kalau tidak salah waktunya dari jam 8 pagi hingga jam 12 apa ya? Nah untuk detail waktunya silakan bisa search aja, karena saya sendiri sudah lupa.

Nah saya sekarang memperpanjangnya di Mal Artha Gading karena lebih enak kan di mall ya, dingin ber-AC pula. Oh iya ini letaknya ada di lantai 3 dari Mal Artha Gading.

Perpanjang SIM Di Mal Artha Gading

Bukanya dari jam 9 sampai dengan jam 12 untuk pendaftarannya, sementara setelah itu tinggal mengambilnya aja. Soalnya saya kemarin itu sempat telat, saya datang setelah jam 12, dan saya lihat kok hanya ada speaker TOA yang di taro di depan, dan terdengar suara memanggil orang, yang kemudian orang masuk dan foto. Kemudian saya bertanya kepada petugas disitu, dikatakan bahwa mereka buka dari jam 9 sampai dengan jam 12 untuk pendaftaran, setelah jam 12 tidak bisa lagi mendaftar, kalau mau ngambil SIM boleh.

Nah jadi besoknya saya datang pagi, dan ternyata mal Artha Gading itu sendiri baru dibuka jam 10. Lalu gimana cara dong? Ini gerai SIM udah buka jam 9 sementara mal-nya sendiri baru buka jam 10. Terus gimana? Ternyata bisa! Kita harus lewat lift barang yang letaknya berada di dekat ACE Hardware.

Masuk Mal Artha Gading

Nah itu sebelah kiri Auto Care ada masuk ke bawah, dimana disitu nanti kita akan ketemu dengan lift barang. Dan kita akan naik dari situ untuk menuju ke lantai 3 dimana gerai SIM itu berada. Pagi-pagi ternyata sudah banyak sekali orang yang ingin mengurus SIM. Ini kondisi saat saya mau naik ke atas melalui lift barang. 

Lift Barang Mal Artha Gading

Lalu kita naik lift barang tersebut dan kita nanti keluar di lantai 3. Kalau kita nanti sudah keluar di lantai 3, tempat gerai SIM tersebut mudah sekali untuk ditemukan kok, karena ada plangnya setelah kita keluar dari lift tidak jauh dari lift tersebut.

Lantai 3 Mal Artha Gading

Nah kemudian bergegaslah saya menuju ke gerai SIM. Oh iya untuk persyaratannya yang harus disiapkan adalah KTP asli dan juga fotokopi KTP-nya, kalau tidak sempat fotokopi disana ada fotokopian cuma jauh lebih mahal harganya. Kemudian SIM aslinya dan fotokopiannya harus kita bawa. Itu saja sih syaratnya yang kemarin saya mengurus SIM. 

Mekanisme dan tata cara pengurusannya kebetulan saya fotokan yang ada disitu.

Mekanisme Penerbitan SIM

Disitu kan disebutkan melampirkan surat keterangan dokter, ternyata disana sudah ada. Jadi memang syaratnya kita hanya membawa KTP asli dan fotokopiannya dan juga SIM asli dan fotokopiannya, sementara surat keterangan dokternya nanti darisitu saja. Juga yang lain-lain seperti melampirkan pembayaran BIAMIN SIM itu juga nanti sudah diurus di gerai SIM-nya.

Setahu saya disini hanya bisa memperpanjang SIM yang belum lewat dari setahun masa kadaluarsanya. Apabila teman-teman mempunyai SIM yang sudah lebih dari setahun masa habis berlakunya, sepertinya tidak bisa di gerai SIM ini. Saya kemarin SIM saya sudah habis masa berlakunya selama sebulan, karena saya lupa, begitu melihat SIM lho?? Ini sudah habis masa berlakunya?

Dan kemudian saya langsung buru-buru mengurus ke gerai SIM di mal Artha Gading ini. Ini persyaratan untuk SIM A-nya.



Persyaratan SIM A

Dan yang ini untuk persyaratan SIM C. Kemarin saya mengurus SIM C saya yang sudah habis masa berlakunya.

Persyaratan SIM C

Tidak memakan waktu lama kok mengurusnya, yang saya alami kemarin. Pertama kita mengantri mengambil formulir dengan kita menyiapkan KTP asli dan fotokopiannya dan juga SIM asli dan fotokopiannya, kemudian kita mengisi formulir tersebut dan menyerahkannya. Nanti kita akan dipanggil untuk kemudian difoto, dan kemudian kita menunggu lagi dan kita akan dipanggil lagi untuk mengambil SIM yang sudah jadi dan juga membayar biayanya.

Kemarin biaya saya memperpanjang SIM C saya yang sudah habis masa berlakunya selama sebulan itu saya keluar duit 145ribu. Nah kalau SIM A saya kurang tahu, tahun depan SIM A saya habis masa berlakunya, nah nanti saya akan mengurusnya disini juga. Semoga sharing saya bisa bermanfaat buat teman-teman yang kebetulan lagi akan mengurus perpanjangan SIM. Salam.


Update Terbaru 22 April 2019
Ini merupakan update terbaru dari artikel saya karena kebetulan saya kemarin baru saja ke sini lagi untuk memperpanjang SIM saya dan ternyata ada beberapa yang berubah.

Apa saja yang berubah? Yang pertama yang saya rasakan adalah masalah jam bukanya. Kalau dulu jam 9 itu kita sudah bisa masuk dan mendaftar, tapi sekarang jam bukanya baru jam 12 siang. Ini saya fotokan jam bukanya di bawah ini.

Jam Operasional SIM Mal Artha Gading

Kalau dulu jam 9 kita sudah bisa mendaftar dan kemudian baru jam 12 kita baru bisa foto. Nah kalau yang sekarang bukanya itu dari jam 12 siang dan setelah mengurus pendaftaran kita bisa tinggal tunggu foto saat itu.

Kemarin itu saya datang jam 10 kurang 10 menit dan saya dapati pintunya belum dibuka, tapi ada kertas yang tergantung di pintu. Ternyata itu adalah kertas untuk kita antri. Jadi kita tulis nama kita di situ, saya kebetulan dapat no.24 karena ternyata dari pagi sudah banyak yang datang juga.

Karena saya penasaran kok sekarang baru buka jam 12 ya? Karena dulu jam 9 itu kita sudah bisa mendaftar lalu saya teringat kalau saya ke Graha Gepembri yang ada dekat situ masih bisa ngga ya? Lalu saya jalan ke sana dan ternyata di Graha Gepembri mobil SIM keliling sudah tidak ada lagi dan kata orang di situ sudah pindah ke Mal Artha Gading.

Sementara untuk pengurusan STNK yang dulunya juga ada di Graha Gepembri itu katanya pindah ke mesjid yang ada di dekat situ. Tapi karena saya saat ini tidak sedang mengurus STNK maka saya pun kembali ke Mal Artha Gading lagi.

Saya sampai di Mal Artha Gading sebelum jam 12, karena tepat jam 12 petugasnya akan mulai memanggil nama-nama yang tertulis di kertas antrian yang tadi kita tulis nama kita. Saat kita dipanggil nanti petugasnya akan memberikan antrian kertas seperti yang saya fotokan di bawah ini.

Nomor Antrian SIM di Mal Artha Gading

Lalu setelah dia membagikan semua kertas antriannya barulah loketnya dibuka dan mulai dipanggil per 10 nomor. Jadi yang pertama itu dari nomor 1 sampai nomor 10 dipanggil.

Siapkan Syarat-syaratnya

Persiapkan syaratnya ya seperti KTP dan SIM juga fotokopiannya, siapkan aja fotokopinya 2 buah masing-masing. Kalau lupa bawa fotokopian gimana? Di sana bisa fotokopi tapi untuk biaya fotokopi per lembarnya kena biaya 2ribu rupiah. Juga kita perlu membawa surat keterangan dokter, tapi kalau tidak membawa surat keterangan dokter juga di sini kita akan dicek kesehatannya sih, jadi ngga masalah kalau kita tidak membawa surat keterangan dokter.

Saat dipanggil kalau sudah membawa surat keterangan dokter kita tinggal membayar biaya sebesar 30ribu saja, tapi kalau kita tidak membawa surat keterangan dokter maka kita akan diperiksa sebentar di situ dan perlu membayar 25ribu untuk biaya surat keterangan sehatnya, setelah diperiksa kesehatannya maka kita perlu membayar lagi sebesar 30ribu.

Setelah itu kita tinggal menunggu saja diluar. Menunggu untuk dipanggil foto. Cukup lama saya menunggu dipanggil untuk foto dan setelah foto untuk SIM A kita perlu membayar sebesar 80ribu sementara untuk SIM C kita perlu membayar sebesar 75ribu rupiah.

Kemarin saya mengurus SIM C, jadi kalau dijumlahkan jumlah yang harus saya bayar itu adalah 25ribu untuk surat keterangan sehat, 30ribu saat memberikan berkas-berkas (ini mungkin untuk asuransi kali ya?) dan 75ribu saat selesai difoto. Jadi total yang saya bayar itu kemarin adalah 130ribu untuk SIM C. Kalau untuk SIM A tinggal ditambah 5ribu lagi aja.

Masa Berlaku SIM

Kalau dulu tertulis di situ kalau SIM kita sudah kadaluarsa tapi belum lebih dari satu tahun kadaluarsanya kita masih bisa mengurus di situ. Tapi peraturan yang kali ini ternyata tidak seperti itu.

Ini saya fotokan ya peraturan mengenai masa berlaku SIM yang ada di situ.

Masa Berlaku SIM

Jadi kalau sudah lewat tanggal berlakunya SIM kita ternyata kita tidak bisa nih memperpanjang di Mal Artha Gading. Jadi mesti ke Daan Mogot kali ya? Seperti kaya waktu kita buat SIM baru aja.

Saya rasa sekian dulu update dari saya mengenai perpanjang SIM di Mal Artha Gading ini ya.

Comments

  1. Bro mau tanya. Kan mallnya blm bukan jam 9. Kl parkirannya sudah buka blm ya? atau parkir dtmpt lain? thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau parkirannya sih udah buka, ane sih kan pake motor, untuk parkiran motornya sih udah buka, ngga tahu deh kalau parkiran mobilnya.

      Delete
  2. Dgn kondisi yg udah rame banget dari pagi, kira2 kalo urus dari jam 9 pagi, bisa selesai sebelom jam 12 siang gak ya? Maklum harus balik gawe... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngga salah sampai jam 12 ngurusnya, setelah itu baru nanti dipanggil untuk foto, kalau ngga mas datang sekarang ngurus, dan ambil besoknya aja datang lagi, tapi pengambilan tetap di atas jam 12 sih setahu saya.. kemarin sih gitu..

      Delete
  3. alhamdulillah
    tambah mudah mengurus SIM online sendiri
    terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete

Post a Comment