Sunday, June 29, 2014

Review USB Microphone Samson Go Mic

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau membuat review usb microphone Samson Go Mic. Awalnya kemarin itu saya mencari sebuah microphone yang bisa saya gunakan untuk merekam ketika saya membuat tutorial dengan menggunakan Camtasia. Microphone ini harus mudah untuk digunakan dan ngga ribet, karena saya sudah mempunyai sound card sendiri, kebetulan sound card saya ini lagi sering ngadat. Jadi kadang susah banget dinyalainnya.

Nah darisitu saya berpikir tadinya ingin mengganti sound card yang lebih murah, tapi kemudian saya terpikir waktu itu saya pernah melihat ada USB Microphone. Saya belum tahu gunanya untuk apa saat itu, tapi kemudian saya jadi berpikir, oh itu mungkin untuk merekam suara ketika membuat tutorial, entah dengan menggunakan laptop atau dengan menggunakan komputer.

Tadinya saya ingin membeli sound card yang cuma satu channel aja, tapi nanti saya jadi berpikir akan ribet ngga ya? Saya ngga mau terlalu ngedit audionya karena saya berpikir ingin membuat video yang banyak dalam sehari, sehingga untuk mengedit audio akan sangat menghabiskan waktu. Lalu saya kemudian mencoba menggunakan Zoom Q3HD yang saya punyai yang bisa digunakan untuk hanya merekam audionya saja, hasilnya bagus tapi saya harus menyatukan, mensynckan antara audio dan video.

Nah hal ini membuat saya meluangkan waktu untuk mensynckan, walau tidak banyak waktu yang saya luangkan untuk mensynckannya, tapi kalau video yang dibuat banyak perbedaan waktu yang sedikit itu akan jadi banyak juga nantinya.

Maka saya berpikir untuk mencari microphone apa ya yang ngga ribet, tapi kualitas audionya aman untuk didengarkan. Aman itu gimana sih? Kalau definisi aman menurut saya adalah, suaranya jelas, detailnya terdengar dengan baik sehingga telinga kita tidak lelah saat mendengarkannya. Teman-teman yang pernah ke mesjid pasti pernah ngalamin ketika shalat Jum'at dikala Imam-nya khotbah, kan biasanya suaranya terdengar samar. Itu bisa dikarenakan memang reverb ruangan yang tinggi sehingga suaranya jadi samar dan kurang jelas untuk didengar.

Nah hal ini akan membuat telinga kita menjadi lebih cepat untuk lelah. Itu patokan saya, dan kemudian yang kedua tidak ada suara blap blup blap blup, sebenarnya ini bisa dihilangkan dengan menggunakan pop filter, kebetulan saya juga sudah mempunyai pop filternya.

Kemudian saya mencari dan akhirnya saya menemukan Go Mic Samson ini. Setelah membaca review dari banyak web di internet dan juga mendengarkan hasilnya dari youtube, saya berpikir sepertinya beli microphone yang ini aja deh. Review yang saya baca tentang usb microphone rata-rata berkata ini produk yang bagus yang mana mereka puas menggunakannya.

Nah penampakan dari microphonenya adalah seperti terlihat di bawah ini.

Review USB Microphone Samson Go Mic

Microphone ini termasuk kecil, nanti di video di bawah teman-teman akan melihat langsung sekecil apa sih microphone ini. Nah ini kalau kita lihat kotak dari microphonenya. Kalau melihat dari kotaknya sangat rapih, darisitu saya bisa menyimpulkan bahwa ini produk tidak dibuat ngasal tapi dipikirkan dengan baik, karena biasanya pengalaman saya dengan barang yang bungkusnya bagus dan rapih biasanya produknya juga baik.

Hal itu tercermin dari mereka memikirkan gimana untuk mempacking produknya dengan baik. Kalau packingnya aja mereka pikirkan dengan baik, masa produk utamanya ngga? Dan biasanya pengalaman saya yang udah-udah sih seperti itu.

Kotak Samson Go Mic

Dan foto berikut ini kalau saya buka dan keluarkan isinya..

Isi Dalam Kotak Go Mic Samson

Yang paling nanti akan kita gunakan adalah microphonenya, kemudian kabel usb yang akan menyambungkan microphone Go Mic kita ke laptop atau komputer kita, kemudian ada juga casingnya. Casingnya lucu lho, jadi benar-benar dipikirkan juga sampai kita mendapatkan casingnya. Jadi kalau kita hendak pergi-pergi dan ingin membawa Go Mic ini menjadi tidak repot juga.

Kelengkapan Go Mic Samson

Dan kemudian saya mencobanya dengan menggunakan pop filter. Di mic itu ada pilihan -10 dimana kalau kita arahkan kesitu suaranya nanti akan menjadi lebih kecil. Ini biasanya digunakan kalau kita hendak rekaman di tempat yang cukup berisik, sehingga kita perlu mendekatkan mulut kita dengan microphonenya. Tapi kalau teman-teman mengarahkan ke -10 tersebut teman-teman sebaiknya menggunakan pop filter sehingga tidak ada suara blab blub blab blub nantinya.

Pop filternyat seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Testing Go Mic Samson Dengan Pop Filter

Kemudian ada pilihan lain lagi ada tanda lingkaran sama tanda yang seperti lingkaran tapi ngga lingkaran, itu tanda untuk Cardioid Polar Pattern, agak susah jelasinnya, tapi secara gampangnya adalah kalau teman-teman pilih yang lingkaran penuh, itu tandanya Omnidirectional Polar Pattern, dimana nanti suara dari sekeliling microphone itu bisa tertangkap, sementara kalau teman-teman memilih Cardioid Polar Pattern, maka yang akan ditangkap dengan baik adalah yang dari depan microphone tersebut.

Menggunakan juga gampang sekali kok. Tinggal colok aja ke laptop dan nanti dia akan install dengan sendirinya dan setelah itu langsung bisa digunakan. Ini salah satu contoh hasil audio dimana saya menggunakan Go Mic Samson di dalam membuat tutorial ini.


Atau video yang ini,



Review USB Microphone Samson Go Mic


Kebetulan saya juga membuat video pembahasan mengenai gimana sih tips untuk menggunakan USB microphone itu, dan di video ini saya menggunakan Samson Go Mic, jadi teman-teman langsung bisa mendengar sendiri hasil audionya seperti apa.


Sementara kalau video yang di bawah ini adalah saat saya membuka kotak ini. Atau kalau bahasa kerennya mah Unboxing ya? Nah silakan ditonton saja, semoga bisa memberikan gambaran seperti apa sih Go Mic Samson ini. Yang jelas saya sendiri sangat puas dengan hasilnya, kalau melihat dari segi harga dan dari segi kemudahan dan dari segi yang lainnya, saya sendiri memberi nilai 9. Karena mudah sekali menggunakan microphone ini! Tampilannya juga asik, kemudian bisa ditempel di laptop atau bisa juga dipasang di stand microphone.


Mudah sekali penggunaannya. Jadi ngga perlu belajar dulu, buku manual juga paling saya hanya lihat sekilas aja. Jadi ngga ribet menggunakan microphone ini, dan hasilnya juga untuk harga segitu saya sangat kagum sekali! Nah kalau begitu saya sudahi dulu saja ya review usb microphone Samson Go Mic ini, semoga bisa bermanfaat..


Baca juga :
  1. Welcome To Batam
  2. Di Hotel Toyoko Inn Jepang
  3. Di Bandara Narita Jepang

    11 comments:

    1. Halo mas. Ini barangnya emang udah langka ya? Dari Desember kemarin nyari tapi gak nemu". Kalo mas punya info/ kontak siapa /dimana yg jual, tolong kabarin boleh?
      Thanks before...
      Atau kalau mas mau jual Samson mas juga boleh.
      Hihi ^^v

      ReplyDelete
      Replies
      1. Udah ngga keluar lagi mba emang produk samson go mic ini, gantinya adalah samson meteorite, cobain aja cari usb microphone, fungsinya sama kok seperti ini, kalau usb tinggal colok aja ke laptop atau pc, ngga harus mereknya samson kok mba, tapi yang ini memang saya sendiri sangat puas pakenya dan dari segi harga pun murah ketimbang usb microphone yang lainnya. Cari di bhinneka dan kaskus masih banyak kok, ketik aja "usb condenser microphone" nanti akan nemu microphone yang seperti ini fungsinya, kalau penggantinya go mic samson ya setahu saya samson meteorite, bukan yang meteor ya, meteorite sama yang meteor beda, yang meteor kayanya juga udah ngga ada lagi deh.

        Delete
      2. yang ini sekarang nih mba, bisa ditonton, https://www.youtube.com/watch?v=sUqikIfZwVM. Kalau yang ini saya sendiri sih belum pernah coba, tapi seharusnya ya mirip-mirip aja, karena memang penggantinya go mic yang ini..

        Delete
    2. Mas mau tanya, kalau mic yang cocok utk rekaman di laptop biar hasilnya bagus pakai mic apa ya yg harganya terjangkau, biar suaranya gk cempreng2 bgt. Mksh banyak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini pertanyaannya gampang-gampang susah dijawabnya, seharusnya pake microphone apa aja juga ngga ngebuat jadi cempreng kok. Tinggal gimana kita makenya sebenarnya sih.. Jangan yang terlalu murah, beli yang standar aja, yang pake colokan XLR microphonenya, jangan yang pake colokan jack akai/ts.

        Delete
    3. Mas, buat di android bisa engga yah? Kan dipenjelasan tinggal colok sendiri, nah kalau bisa di hp android bagaimana?

      ReplyDelete
      Replies
      1. HP android ngapain pake beginian? Di hape kan udah ada microphonenya? Ribet amat colok ke hape, langsung pake microphone yang ada di hape aja, langsung beres.. :-)

        Delete
      2. Mau bantu nih gan, setau saya sih bisa gan jadi pake kabel OTG dulu kan pake UsB jadi ga bisa langsung, tp setau saya cuman rekam suara doang klo video ga tau deh bisa or ga pake mic eksternal. Dan nanti agan download aplikasi audio recording mic usb klo ga salah hehe, semoga membantu

        Delete
      3. Makasih buat masukannya, hihihi ribet banget ya tapinya kaya gitu? Harus download aplikasi audio recording dulu, kalau ngandelin dari mic hape androidnya sepertinya jauh lebih simple dan perbedaan kualitas audionya juga ngga terlalu beda jauh. Tergantung telinga sih, kalau telinganya bagus, akan kerasa jauh bedanya, tapi kalau untuk telinga orang awam, ngga akan bisa ngerasain perbedaannya..

        Delete
    4. kalo di laptop harus pake sound card lagi ? atau langsung bisa digunain?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pasti belum dibaca seluruh artikel dan juga belum ditonton videonya, karena pertanyaan kamu ada jawabannya di salah satu video di atas. Coba ditonton gih videonya.. :-)

        Delete