Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
Blog Iman Prabawa - Pada tulisan saya kali ini saya ingin sharing mengenai cara belajar bahasa Inggris lewat film. Sekarang ini di jaman internet seperti sekarang ini belajar bahasa memang terasa jauh lebih mudah ketimbang di saat jaman internet belum secepat dan seberkembang seperti sekarang ini.

Dulu itu kalau ingin belajar bahasa Inggris yang saya rasakan kalau kita ingin mencari bahan dimana kita bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris itu susah. Paling kita hanya belajar dari film, dan kalau film itu jaman dulu memang sudah banyak. Dulu jamannya laser disc, kita bisa belajar lewat laser disc menonton filmnya.

Kalau sekarang kita bisa hanya dengan modal kuota data yang banyak aja, kita belajar banyak. Bisa belajar lewat youtube, kita bisa lihat banyak sekali pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh orang bule. Mereka upload video mereka dimana mereka mengajarkan bahasa Inggris dengan gratis. Dan memang banyak yang mereka ajarkan adalah mengenai grammar.


Belajar Bahasa Inggris Dengan Orang Bule

Tapi saya kadang merasakan cukup aneh juga sih ada orang bule yang mengajarkan bahasa Inggris dari dasar sekali. Saya pernah coba download DVD-nya, dimana orang bule tersebut mengajarkan bahasa Inggris yang dia katakan untuk pemula sekali. Dan memang untuk pemula kalau saya perhatikan. Cuma masalahnya, itu ngga mungkin untuk pemula, karena untuk orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dia mendengar orang bule tersebut berkata dan menjelaskan saja sudah bingung.

Walau orang bule tersebut mengajarkan dengan dari dasar sekali. Coba bayangkan kalau saya mengajar orang bule bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Orang bulenya bingung ngga?

Contohnya, kita membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia ya, Ini Budi. Nah ketika saya menjelaskan hal itu saya menggunakan bahasa Indonesia juga, yang ada orang bulenya bakalan bengong kan? Walaupun kalimat yang saya ajarkan sangat sederhana sekali tetap aja orang bulenya akan bingung mendengarkan saya ngomong.

Dia dengar saya aja belum ngerti gimana dia mau mengerti apa yang saya ucapkan? Walau yang saya ucapkan dan saya ajarkan itu sangat amat sederhana. Ya ngga? Nah jadi kalau menurut saya kalau teman-teman memang dari nol sekali dan ingin belajar bahasa Inggris, carilah guru orang Indonesia dulu untuk pertamanya.

Jangan langsung guru orang bule, mending kalau orang bulenya bisa berbahasa Indonesia dengan fasih, nah kalau ngga? Kita berbahasa tarzan aja berarti di kelas komunikasi antara guru dengan muridnya kan?

Dan menurut saya cara itu sama sekali tidak efektif. Hanya keren aja, itu juga kalau ditanya orang. Loe belajar bahasa Inggris dimana? Gue belajar bahasa Inggris sama bule langsung nih! Jago dong loe sekarang bahasa Inggrisnya? Kita ngomong pake bahasa Inggris aja yuk kalau gitu? Terus begitu diajakin ngomong bahasa Inggris orangnya bengong. Terus loe ngapain belajar bahasa Inggris sama orang bule kalau ngga jago juga bahasa Inggris loe? Kan biar kelihatan keren di mata orang-orang. Hihihi kriuk kriuk.

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Nah kembali ke topik kita mengenai belajar bahasa Inggris lewat film. Untuk teman-teman bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan film ini saya mau sharing caranya. Karena kalau teman-teman hanya sekedar banyak menonton film berbahasa Inggris tanpa tahu cara yang benarnya, hanya lewat begitu saja tentunya. Mau ribuan film yang sudah teman-teman tonton juga biasanya sih ngga akan ngaruh. Ngga akan menambah kemampuan berbahasa Inggris kita juga pastinya. Apalagi kalau setiap kita nonton film berbahasa Inggris selalu ada subtitle bahasa Indonesianya kan?

Yang ada kita baca terus tuh subtitlenya, dan kita merasa kita akan berkembang dengan begitu. Masalahnya ketika kita mendengar dan kemudian kita membaca subtitlenya, itu ada dua konsentrasi yang berlangsung, yaitu mendengar ucapannya dan juga membaca subtitlenya. Biasanya sih bagian mendengarnya jadi hilang aja gitu, dan kita jadi asik aja terus membaca subtitlenya, dan sampai sepuluh tahun kemudian tetap aja kita tidak bertambah juga kemampuan bahasa Inggris kita. Bukan begitu bukan?



Jadi caranya belajar bahasa Inggris lewat film yang efektif itu gimana? Caranya adalah teman-teman tonton dulu satu kali filmnya sampai habis, silakan aja kalau mau pasang subtitle bahasa Indonesia. Tonton aja sekali dulu sampai habis. Itu untuk teman-teman tahu dulu jalan ceritanya itu film sampai habis. Kemudian setelah film tersebut habis dan teman-teman tahu jalan ceritanya kemudian setelah ini kita mulai pembelajaran bahasa Inggris kita melalui film.

Kita bagi-bagi filmnya menjadi per sepuluh menit. Kita ulang lagi filmnya dan kita tonton sepuluh menit pertama. Kali ini tonton lagi dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Jadi tulisan di bawahnya itu adalah bahasa Inggris. Dan kita dengarkan perkataan si aktor dan aktrisnya kemudian kita baca subtitlenya. Disitu kalau ada kata yang tidak kita mengerti, kita catat kata-katanya dan kemudian kita coba cari artinya di kamus.

Ini tentunya akan menambah perbendaharaan vocabulary bahasa Inggris kita, dan juga kita jadi tahu juga penggunaan kata tersebut di dalam konteks percakapan langsung itu seperti apa. Sudah lakukan menonton selama sepuluh menit pertama dari film tersebut? Kemudian langkah berikutnya adalah ulangi lagi, kali ini subtitle bahasa Inggrisnya teman-teman matikan dan tidak ada subtitle sama sekali.

Dengan seperti itu teman-teman bisa menangkap ngga kata-kata yang mereka ucapkan? Kalau bisa, coba tuliskan satu per satu kata per kata yang mereka ucapkan tersebut selama 10 menit yang pertama. Tulis di kertas semua percakapan yang ada di film itu dalam sepuluh menit pertama. Kemudian setelah teman-teman berhasil menuliskannya kemudian ulangi lagi gih film tersebut. Tonton lagi sepuluh menit pertama tersebut kemudian nyalakan lagi subtitle bahasa Inggrisnya dan coba cocokkan apa yang sudah teman-teman tuliskan dengan apa yang ada di subtitle itu. Apakah sudah sama persis kah?

Kalau sudah sama persis berarti teman-teman sudah mempunyai pendengaran yang bagus dan bisa berlanjut ke sepuluh menit yang berikutnya. Tapi kalau masih ada yang salah, coba analisa salahnya dimana dan kemudian coba dengarkan dan tonton lagi bagian yang salah itu. Kemudian teman-teman juga bisa belajar pronunciation dengan mengikuti cara si aktor dan aktris tersebut di dalam mengucapkan kata-katanya.

Jadi teman-teman ulangi lagi saja film tersebut di sepuluh menit pertama kemudian dengan catatan dialog yang sudah teman-teman buat, ikuti ketika mereka ngomong. Kemudian rekam deh dengan menggunakan handphone teman-teman suara teman-teman ketika mengucapkan dialog yang ada di film tersebut dan kemudian dengarkan. Apa yang teman-teman ucapkan sudahkah terdengar sama seperti si orang bule aktor dan aktris yang ada di film tersebut?

Kalau belum ya tinggal terus teman-teman latih dan latih dan latih saja, hingga akhirnya ketika teman-teman rekam, teman-teman sudah bisa bilang bahwa sudah mirip nih pronunciation atau pelafalannya nih.

Nah dengan cara seperti ini tentunya teman-teman akan mendapatkan banyak hal dari menonton sebuah film. Ngga hanya lewat begitu saja, tapi kita bisa memperbanyak vocabulary kita, mempertajam kemampuan listening kita, kemudian juga belajar pronunciation kita dengan menirukan dialog di film tersebut dan kemudian juga menganalisa tenses yang mereka gunakan dalam ketika mereka berbicara dan kita jadi tahu kapan tenses itu digunakan, past tense misalnya. Oh ketika begini mereka ngomongnya dengan past tense nih. Kita kan jadi tahu secara praktek langsung dari film kan?

Dengan begitu nanti bisa kita gunakan di dalam percakapan kita. Dan bisa kita hafalkan juga kira-kira, jadi itu akan menambah vocabulary dan pengetahuan kita tentunya.

Nah gitu aja dulu dari saya ya mengenai belajar bahasa Inggris lewat film ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Wassalam.


Baca juga :
  1. Buku Terlaris Amazon Tahun 2015
  2. Mengenal Personal Pronoun
  3. Hukum 10ribu Jam Latihan

Comments

Popular posts from this blog

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…