Skip to main content

Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Hari 01

Ini merupakan dokumentasi pribadi saya di dalam saya latihan pronunciation Bahasa Inggris. Kebetulan saya memilih untuk melatih aksen Amerika karena ngga tahu kenapa, saya lebih suka mendengar aksen Amerika ketimbang aksen Bahasa Inggris yang lain.
Saya rasa sih ini merupakan selera pribadi saya aja. Kalau kalian lebih suka aksen yang lain selain Amerika, misalnya aksen British atau aksen Australia, silakan aja.

Dan ini saya mendokumentasikan kegiatan saya setiap hari latihan dengan membaca buku selama 30 menit untuk melihat kemampuan saya untuk bisa bertahan membaca buku dalam Bahasa Inggris non stop selama 30 menit.
Cara Melatih Pronunciation Bahasa InggrisKalau kalian mau melatih pronunciation Bahasa Inggris, saran saya adalah kalian melatihnya dengan menggunakan audio book.
Buat kalian yang ngga tahu apa itu audio book, audio book adalah buku yang dibacakan oleh orang. Tentunya yang membacakan bukunya adalah para native English speakers. Punya audio book dan punya versi tertulisnya, j…

Cara Membuat Drop Cap Di Microsoft Word 2016

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing mengenai cara membuat drop cap di Microsoft Word 2016. Drop cap? Apa itu drop cap? Mungkin ada teman-teman yang belum tahu apa itu drop cap. Drop cap adalah huruf yang besar sendiri, contohnya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini,

Cara Membuat Drop Cap Di Microsoft Word 2016

Nah kalau kita lihat pada gambar di atas,huruf N di awal dari paragraf di atas itu kan besar sendiri ya? Nah itu dia yang dinamakan dengan drop cap. Dan kita akan belajar membuat huruf besar di awal paragraf seperti ini atau yang sering dinamakan dengan drop cap.

Membuat Drop Cap Di Microsoft Word 2016

Pertama yang perlu kita lakukan ketika kita ingin membuat drop cap adalah mengklik di tab "Insert".

Ketika kita mengklik tab di bagian "Insert" maka kita arahkan mouse kita ke arah sebelah kanan. Kalau teman-teman menggunakan PC desktop akan terlihat tulisan "Drop Cap" sementara saya menggunakan laptop sehingga tulisan "Drop Cap"-nya tidak ada,. Drop cap ini ada di bagian kotak bagian Text seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Menu Drop Cap di Word 2016

Di klik aja disitu maka nanti akan terlihat tampilan seperti ini,

Tampilan Drop Cap di Word 2016

Nah seperti itu terlihatnya teman-teman. Kalau kita mau membuat drop cap, yang perlu kita lakukan adalah mengetik terlebih dahulu, karena kalau tulisannya sama sekali belum ada, maka menu drop cap itu tidak bisa kita klik.

Dan kalau tulisannya sudah ada baru menu drop capnya akan muncul dan kita bisa mengotak-atik dan membuat huruf awal dari paragraf kita menjadi besar. Nah hurufnya ini nanti bisa kita buat warnanya berbeda, kemudian juga misalnya kita mau membedakan font-nya untuk huruf pertama di awal paragraf ini dengan huruf berikutnya.

Itu semua bisa kita lakukan. Tinggal kemudian sesuaikan saja dengan selera teman-teman, inginnya seperti apa drop capnya tersebut. Kita tonton yuk videonya di bawah ini untuk lebih jelasnya mengenai drop cap ini.



Closed Caption dari video di atas adalah sebagai berikut :

Halo kali ini kita akan membuat drop cap di microsoft word 2016. Drop cap itu apa sih? Drop cap itu adalah huruf besar di awal dari paragraf. Biasanya kalau kita melihat dokumen seperti ini nih contohnya. Nah ini huruf N-nya kan gede sendiri ya? Nah ini yang disebut dengan drop cap, dan kita sekarang akan membuat drop cap di word 2016.

Kita lihat ini, artikel ini, huruf S-nya kan gede sendiri ya? Cara membuatnya gimana sih? Cara membuatnya kita ke tab bagian atas ini. Kita lihat insert, kita klik tabnya, kemudian kita menuju ke sebelah kanan di bagian kotak teks ini. Nah ini teman-teman perlu perhatikan, ini ada begini nih. Nah, Add A Drop Cap, ini kalau teman-teman, kalau saya dari PC, ini ada tulisannya nih. Drop cap, mungkin karena tampilannya lebih gede, ini saya dari laptop jadi ngga ada tulisannya, tapi dia tuh, kalau kita kesituin, cursornya ada tulisan add a drop cap.

Terus juga nanti kita ada pilihannya, drop cap optionnya seperti apa, gitu. Nah kalau kita membuat dari awal, nih misalnya gitu kan. Terus kita klik insert, kita biasanya ah mau nulis huruf besarnya besar dulu, gitu. Nah ininya ngga aktif tuh, berarti kita mesti buat tulisannya dulu. Misalnya gini, kita akan membuat tulisan baru. Nah kalau sudah kaya begini, dia baru aktif nih, baru aktif dan bisa diklik. Kalau kita klik nah ini ada pilihannya.

Dropped, In margin, nah kita pilih yang ini aja dulu ya? Dropped, baru kemudian kita buat nih. Nah misalnya saya kasih teks, lorem ipsum. Nah seperti itu, baru kita bisa atur nih. Si drop capnya ini kita klik lagi disini drop cap option, pertama ini lines to drop ini 3, ini maksudnya berapa baris, ini kan satu dua tiga, misalnya saya pilih lima ya. Lima itu berarti satu dua tiga empat lima.

Nah kalau saya buat jadi dua misalnya, saya buat jadi dua. Nah buat jadi dua tuh kan, satu dua, gitu kan. Kemudian kita lihat lagi, ada distance from text, ini kita buat lima aja kali ya? Distance from text ini kita buat gede dulu aja, yaitu jarak dari K ke ita nih. Ini berapa jauh, misalnya saya buat jauh dulu aja biar kelihatan bedanya, dia akan beda banget.

Tuh, dia jarak antara K dan itanya itu jauh. Kita klik lagi, misalnya kita kurangi 0,2 aja. Dia akan merapat nih itanya kesitu. Nah kemudian kita juga bisa, misalnya warnanya ngga mau yang itu ah. Kita pilih aja disini, atau kita pilih di home juga bisa. Kita pilih warnanya, misalnya warna yang ini ah, terus misalnya kita mau rubah fontnya. Misalnya kita rubah jadi begitu. Misalnya, bisa seperti itu.


Okey, kalau begitu kita sudahi dulu ya pembahasan kita mengenai cara membuat drop cap di Microsoft Word 2016 ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget di badan saya, jadi …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…

Kasur Angin Mudah Bocor?

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing pengalaman saya membeli kasur angin belum lama ini. Memang kasur angin itu mudah bocor ya? Nah untuk hal ini saya juga baru tahu, sekalian saya ingin sharing pengalaman saya, mungkin teman-teman yang lain ada yang mengalami hal yang lain? Silakan sharing di bagian komen jadi kita bisa saling tahu juga.

Pengalaman Membeli Kasur Angin Selama ini saya di kamar saya menggunakan sofa yang bisa dirubah menjadi tempat tidur. Dan lumayan bisa digunakan hingga sampai saya mengalami kecelakaan dan tangan saya patah. Kemudian saya harus dioperasi dan dipasang pen di tangan sebelah kanan saya.

Setelah seminggu saya dirawat di rumah sakit, ketika saya pulang dan mulai tidur di kamar saya itu, di kasur sofa itu baru saya merasakan masalah. Kasur itu menjadi tidak enak, mungkin karena tangan saya sakit ya? Darisitu kemudian saya jadi mikir untuk membeli kasur yang kecil aja, sofa itu menjadi tidak enak karena sambungannya sudah tidak bagus dan itu kerasa…