Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Tampilan Awal Word 2016

Blog Iman Prabawa - Di tulisan sebelumnya Memulai Word 2016 kita sudah belajar pertama kali kita membuka Word 2016, dan juga shortcut "Esc" untuk kita langsung menuju Blank Document. Nah sekarang kita akan kenalan dulu tampilan yang ada ketika kita memulai sebuah Blank Document. Sehingga nanti kita akan mulai terbiasa dengan tampilan yang ada di Word 2016 ini.

Mengenal Ribbon

Nah yang namanya Ribbon di Word 2016 itu adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini, yang saya beri kotak warna merah,

Ribbon Di Word 2016

Di bagian Ribbon ini kita bisa melihat banyak tab yang ada disitu, seperti misalnya Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, dan View. Kalau di tampilan Word 2016 saya, ada tab Acrobat karena saya sudah menginstall Adobe Acrobat DC untuk saya bisa menampilkan dan mengembed video ke dalam dokumen yang saya buat dengan menggunakan Word 2016.



Kita bisa tonton video di bawah ini untuk lebih detail mengenai Ribbon di Word 2016.


Dan narasi atau CC dari video di atas adalah sebagai berikut :
Kali ini kita akan mengenal Ribbon. Ribbon itu adalah dari sini sampai ke situ. Dan kita bisa mengatur ribbon ini, dari sini nih. Ribbon display options dimana kalau kita klik ada tiga pilihan. Auto hide ribbon dia akan menjadi hilang ribbonnya. Nah seperti ini, tapi kalau teman-teman melihat ini, jangan panik tinggal diginiin terus kita bisa klik lagi disini nih. Pilihan yang kedua adalah show tabs. Show tabs ini adalah ini tabsnya, yang dimaksud dengan tabs. Ada home, insert, design, layout, nanti kita akan bahas. Kemudian pilihan yang ketiga adalah show tabs and commands. Nah ini adalah tabsnya dan ini adalah commandsnya. Commmands itu adalah perintahnya, jadi kalau kita klik di masing-masing tabnya. Tab home misalnya, ini tampilan perintahnya adalah seperti ini.

Kalau kita klik di tab insert kemudian tampilan perintahnya adalah seperti ini. Kalau kita klik di tab design, seperti ini. Kemudian kalau kita klik di tab layout adalah seperti ini. References seperti ini, tab mailings seperti ini tampilannya, review seperti ini tinggal nanti teman-teman cobain aja lihat satu per satunya. View seperti ini tampilannya. Nah acrobat ini teman-teman mungkin tidak akan menemukan acrobat ini karena saya menginstall adobe acrobat dc. Jadi kalau teman-teman tidak menginstall ini pastinya ini tidak akan ada.

Nah kemudian ini ada file. File itu dulu kalau, saya awalnya itu belajar dari word 2007 terus langsung loncat ke word 2013. Dan saya cukup kaget karena kalau word 2007 itu kita klik file kita hasilnya tidak akan seperti ini. Nih saya klik, nah dia langsung kesini, nah saya bingung awal-awalnya. Lho, ini terus gimana? Ternyata, gampang aja, kita tinggal klik lagi nih tanda panahnya, dan akan membawa kita balik lagi. Tinggal klik file dan kesini, gitu. Dan ribbon ini ada shortcutnya, Ctrl + F1 kalau kita ingin menghilangkan si commandsnya atau perintah-perintahnya. Nih saya coba ya, Ctrl + F1 dia akan seperti itu, tertutup. Saya nyalain lagi dia akan terbuka lagi, tertutup lagi, saya nyalain lagi. Jadi kita bisa menggunakan shortcut ini kalau kita ingin tampilannya lebih besar. Kira-kira seperti itu.

 

Mengenal Title Bar


Kita bisa lihat bagian yang namanya title bar itu seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Title Bar Di Word 2016

Title bar itu menunjukkan nama file yang sedang kita buka, pada gambar di atas karena filenya baru saja saya buka dan belum saya beri nama atau Save As maka terlihatnya adalah Document2 di bagian Title Bar-nya.

Teman-teman kalau membuka file word, yang mana file word itu biasanya ekstensinya adalah .docx yang sudah mempunyai nama file, nanti tampilan di Title Barnya pasti sudah tidak Document2 lagi tentunya tapi menampilkan nama dari dokumen yang sedang teman-teman buka tersebut.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa menonton video di bawah ini mengenai Title Bar,



Dan narasi atau CC dari video di atas adalah sebagai berikut :
Kali ini kita akan mengenal title bar di word 2016. Nah title bar itu adalah bagian yang ini nih. Dia menunjukkan nama dari filenya, seperti ini, displayviews.docx. Nah ini adalah nama filenya, akhirannya atau ekstensinya adalah .docx. Ini kalau saya ganti misalnya saya membuka file baru, editproperties.docx ini nama filenya. Nanti dia akan muncul di, di title barnya, editproperties.docx, saya ganti lagi, navigatefiles.docx. Kalau kita baru biasanya document, entah itu document1, document2, document3, dan begitu kita rubah, kita save. Kita save filenya, dia akan berubah nantinya, misalnya, apa ya, testingfile, itu saya mau masukinnya di.

Nah kita akan, savenya itu dimana, kita bisa pilih. Misalnya saya pilihnya disitu, nah maka kita akan melihat tuh. Ininya berubah, title barnya berubah menjadi testingfile.docx. Seperti itu kira-kira.

 

Mengenal Status Bar


Dan yang namanya Status Bar itu bisa kita lihat pada gambar di bawah ini,

Status Bar Di Word 2016

Di bagian status bar ini kita bisa melihat beberapa, seperti misalnya di situ kita bisa tahu ada berapa halaman dokumen yang sedang kita buka tersebut. Kemudian kita juga bisa tahu dokumen yang sedang kita buka tersebut terdiri dari berapa kata, dan juga ada pilihan bahasanya disitu, dan bisa mendetect bahasanya sendiri secara otomatis.

Kemudian ada view modenya dimana kita bisa memilih antara Read Mode, Print Layout dan Web Layout, juga kita bisa mengecilkan dan membesarkan tampilan dari Word kita. Untuk detailnya teman-teman bisa menonton video saya mengenai status bar di bawah ini,




Dan narasi atau CC dari video di atas adalah sebagai berikut :
Kali ini kita akan mengenal yang namanya status bar di word 2016. Kalau kita melihat di bagian bawah dari word 2016, di bagian sini nih, ini adalah status barnya. Dimana kita menemukan, melihat ada keterangan-keterangan, misalnya page 1 of 7, jadi ini menunjukkan berapa banyak sih dokumen itu. Ada berapa halaman sih dokumen yang sedang kita buka ini. Terus kemudian di dalam dokumen itu ada berapa kata sih, nah ini menunjukkan jumlah kata di dalam dokumen yang ada.

Kemudian ini cek error yang ada, di dokumen kita, kemudian ini cek bahasa, bisa cek secara otomatis, detect language automatically atau kita bisa menentukan sendiri, misalnya kita pilih ini, kita pilih ini. Misalnya kita pake bahasa apa tinggal diokein aja. Kemudian kita bisa lihat juga di bagian status bar ini ada read mode, print layout, dan web layout. Ini read mode ini kalau kita hanya ingin untuk membaca saja. Ah saya ingin membaca saja nih, klik saja read mode maka dia akan menjadi seperti ini.

Kita tinggal bisa klik disini atau kita bisa menggunakan mouse, discroll aja. Nah kalau kita disini kita tidak bisa ngedit karena kita hanya untuk membaca saja. Kita paling hanya bisa seperti itu tapi kita tidak bisa mengedit. Itu, nah seperti itu. Kemudian kita bisa balikin lagi ke print layout seperti ini, kalau kita mau edit sudah bisa lagi. Kemudian ada tampilan berikutnya adalah web layout seperti ini. Jadi teman-teman tinggal pilih saja, suka tampilan yang mana? Kalau kita sedang ingin membaca berarti kita memilih tampilan read mode. Kalau suka yang ini, tinggal diklik disitu. Kemudian ada lagi di sebelah kanan ini adalah ini zooming. Kita mau 100%, atau kita mau lebih kecil, atau mau lebih gede. Kita bisa klik disini, bisa pilih 100% atau kita misalnya mau gedein jadi 200% misalnya. Tinggal klik saja. Atau misalnya 160% nih misalnya ya.

Tuh, dia akan seperti itu, kita balikin lagi tinggal klik aja. Nih ada pilihannya 100%, balik deh 100%. Nah kira-kira seperti itu.  

Seperti itu kira-kira teman-teman tampilan awal dari Word 2016. Nanti di tulisan selanjutnya kita akan lanjut lagi sedikit demi sedikit hingga nanti akhirnya kita membahas secara total mengenai tutorial Word 2016. Semoga saja bisa kelar ya. Pantengin terus blog ini dan wassalam.


Baca juga :
  1. Mengenal Layer Di Photoshop
  2. Belajar Photoshop
  3. Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Comments

Popular posts from this blog

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…