Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pengalaman Buruk Beli Buku Di Gramedia Online

Blog Iman Prabawa - Saya mau sharing mengenai pengalaman buruk beli buku di gramedia online, kemarin karena saya baru saja mencoba beli buku melalui websitenya mereka gramedia.com. Selama ini kan saya biasanya membeli buku melalui offline dengan datang ke toko bukunya. Dan saya pikir, saya cobain deh beli buku secara online, jadi ngga perlu repot datang ke toko buku, apalagi sekarang ini kan kota Jakarta bisa dibilang macetnya masih juga belum teratasi.

Jadi ketimbang bermacet-macet di jalanan, mendingan pesan bukunya dari rumah saja, dan buku bisa sampai ke rumah deh. Tadinya saya mau coba pesan buku bahasa Inggris, kebetulan lagi ingin belajar grammar dan ingin beli buku Grammar In Use-nya Martin Hewing Cambridge Press. Tapi pas browsing-browsing di gramedia online saya menemukan komik yang dari dulu sudah menjadi komik favorit saya, yaitu Kungfu Boy.

Saya senang banget karena sudah lama menantikan edisi baru dari komik ini. Biasanya saya membelinya dari Indomaret gitu. Biasanya suka ada aja di bagian kecil buku komik yang dijual di Indomaret tapi udah beberapa kali saya memperhatikan ngga pernah ada terbitan edisi baru dari komik Kungfu Boy ini.


Pengalaman Buruk Beli Buku Di Gramedia Online

Nah begitu melihat ada di situsnya gramedia, saya pikir coba pesan yang ini dulu deh. Karena ini kan nilainya ngga seberapa, yah ibaratnya ini testing dulu beli di gramedia online. Kalau memang pelayanannya bagus dan tidak ada masalah, saya tentunya akan jadi pelanggan tetapnya gramedia online.

Lalu saya pesanlah komik Kungfu Boy ini, karena kebetulan ada tiga edisi yang ternyata sudah terbit dan saya belum sempat membacanya. Oh iya untuk kita bisa memesan di situs gramedia, kita harus menjadi membernya terlebih dahulu. Mendaftar jadi member di situs gramedia itu mudah kok, seperti kita mendaftar jadi member facebook aja.

Saya kemudian mendaftar jadi member, baru kemudian saya pesan deh komik Kungfu Boy 3 edisi ini. Setelah saya pesan dan membayar menggunakan CIMB Clicks saya mendapatkan e-mail pemberitahuan akan pesanan saya. Kita bisa lihat e-mailnya di bawah ini saya skrinsutkan,

Email Pesanan Di Situs Gramedia

Kemudian beberapa hari kemudian ada lagi e-mail masuk ke inbox saya, seperti ini terlihatnya,

Email Keterlambatan Pengiriman

Nah lho, biasanya kalau saya memesan secara online ngga lama deh prosesnya, apalagi belakangan baru ada pemberitahuan seperti ini. Sebagai perbandingan misalnya saya berbelanja di Bhinneka.com, mereka selalu cepat pelayanannya, dan ada satu ketika koneksi internet saya bermasalah ketika lagi proses membayar, dan saya kabari pihak Bhinneka, dan pihak Bhinneka langsung memprosesnya dengan segera dan kemudian mengabari saya dengan menelpon saya, bahwa sudah diproses.

Tapi ya sudah, saya tunggu saja, yang penting kan barangnya sampai tho? Ngga papa lah menunggu beberapa hari lagi. Ngga masalah buat saya.


Ternyata Bukunya Salah Kirim!

Dua hari kemudian bukunya sampai, saya senang sekali akhirnya komik Kungfu Boy pesanan saya sampai juga. Tapi begitu saya buka, saya menyadari ada yang salah nih. Apa yang salah?? Edisinya yang salah! Yang dikirim itu adalah komik Kungfu Boy no.15, 16 dan 18. Sementara kalau kita lihat dari skrinsut pesanan saya di email paling atas saya, tertera bahwa saya memesannya itu komik Kungfu Boy no.16, 17 dan no. 18.

Kita lihat ya salah kirim tersebut pada gambar di bawah ini,



Pengalaman Buruk Beli Buku Di Gramedia Online 01

Jujur saya langsung kecewa melihatnya! Yang tadinya saya senang karena saya akan segera bisa mengikuti kelanjutan dari komik Kungfu Boy yang sudah lama saya nantikan, eh ini malah pake salah kirim edisi gini! Huhuhu..

Komik Kungfu Boy yang no.15 mah saya sudah punya! Justru yang saya belum baca itu yang no.16, 17 dan nomor 18.

Pengalaman Buruk Beli Buku Di Gramedia Online 02

Kesal ngga sih rasanya? Lalu saya berpikir, kalau saya complain, terus mereka boleh menukar, bakalan jadi masalah lagi, kenapa? Karena akan menyita waktu saya, untuk packing lagi edisi no.15, kemudian berangkat ke TIKI untuk kirim balik lagi, dan kemudian menunggu lagi edisi yang no.17 dikirimkan.


Komplain Ke Gramedia

Lalu saya memutuskan untuk meng-email gramedia mengenai hal ini, tapi sebelumnya saya coba menelpon no telpon gramedia yang tertera di email mereka. Dan ternyata tidak ada yang mengangkat telponnya! Lalu saya e-mail saja ke mereka mengenai salah kirim ini. Dan sampai sekarang saya belum mendapatkan balasan dari mereka.

Mungkin hari Senin nanti mereka akan merespons saya, tapi setelah saya e-mail melakukan complain, ada e-mail keterangan yang menyebutkan seperti terlihat pada skrinsut gambar di bawah ini,

Salah Kirim Gramedia

Karena saya mengemail pada hari Jumat ketika barangnya sampai. Jadi ketika barangnya sampai (sekitar 7 hari barangnya sampai), saya buka dan menemukan bahwa salah kirim, saya langsung hari itu juga e-mail complain ke gramedia. Mungkin hari Senin mereka akan melayani dan menjawab e-mail complain saya.

Apa yang akan mereka lakukan ya nanti? Apakah saya akan disuruh mengembalikan edisi no.15 ke mereka lalu mereka akan mengirimkan edisi no.17 ke saya? Saya pikir kalau solusinya adalah saya mengirimkan balik edisi no.15 ke mereka kemudian menunggu mereka mengirimkan edisi no.17 ke saya lagi maka akan sangat memakan waktu untuk saya.

Karena saya harus mempacking lagi edisi no.15 dan ini tentunya akan makan waktu untuk saya untuk mempacking kemudian berangkat ke TIKI untuk mengirimkan ulang. Setidaknya ini akan memakan waktu minimal 1 jam. Tentunya ini menjadi faktor yang cukup menyulitkan konsumen kalau menurut saya, karena kesalahan mereka.


Pelajaran Yang Bisa Diambil

Dari hal ini pelajaran yang bisa saya ambil adalah saya ngga mau lagi beli buku secara online lewat situsnya gramedia! Ogah! Masih untung ini nilainya belum seberapa, gimana kalau saya kemarin itu sudah memesan buku yang harganya ratusan ribu hingga jutaan? Dan kemudian terjadi salah kirim seperti ini? Dan ternyata ketika saya browsing ngga saya saja yang mengalami hal seperti ini. Ada juga yang posting lewat kaskus yang bisa DIBACA DISINI.

Kalau menurut saya langkah yang sebaiknya diambil gramedia dalam hal ini adalah mengirimkan saja edisi no.17 tanpa saya harus mengembalikan edisi no.15 karena dengan saya harus mengembalikan lagi edisi no.15 ke mereka ini akan menjadi merepotkan konsumen. Kalau saja mereka lebih teliti dari awal, toh kondisi ini tidak perlu terjadi kan? Dengan mengirimkan edisi no.17 dan tanpa saya harus mengirimkan kembali edisi no.15 itu sebagai permintaan maaf mereka karena mereka sudah merepotkan konsumen untuk kesalahan yang mereka perbuat.

Toh nilainya juga kecil kan? Tapi walaupun misalnya nilainya tidak kecil juga kan itu kesalahan mereka, dan mereka sebaiknya berani untuk mengakui kesalahan mereka dan kemudian memperbaiki diri mereka dari keadaan ini. Kalau mereka bisa lakukan itu, saya yakin gramedia online ini akan jadi besar dan bisa menguasai di Indonesia, karena pelayanan mereka yang bagus.

Tapi kalau mereka tidak lakukan, ya berarti untuk pasar online gramedia tidak akan bisa menguasai. Karena yang jelas untuk pembeli yang sudah merasa dirugikan tentunya akan berpikir dua kali untuk membeli buku secara online di gramedia. Mereka tentunya masih lebih berpikir, kalau gini sih mendingan beli bukunya secara offline aja, datang langsung ke tokonya dan beli disitu deh, ngga bakalan terjadi salah kirim seperti ini tentunya.


Lebih Baik Beli Buku Secara Offline

Dan saya pun akhirnya memutuskan ketimbang menunggu jawaban dari mereka, entah mungkin mereka meminta saya mengirimkan kembali edisi yang mereka salah kirim ke saya, dan kemudian mereka akan mengirimkan edisi yang saya pesan, saya pikir mendingan saya beli offline aja. Kelamaan!

Kebetulan memang saya perlu untuk membeli buku, ada buku yang perlu saya beli. Jadi saya putuskan untuk berangkat ke gramedia dan membeli buku secara offline, sekalian cari edisi komik Kungfu Boy edisi no.17. Dan di gramedia Kelapa Gading, ternyata saya temukan edisi no.16, 17 dan 18-nya berlimpah ruah tuh ternyata.



Pengalaman Buruk Beli Buku Di Gramedia Online


Kemudian saya jadi berpikir, di e-mail mereka, mereka menyatakan, "Saat ini pesanan anda sedang kami proses. Namun ada produk yang harus kami carikan di gudang supplier sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk penyiapannya. Mohon maaf atas keterlambatan yang terjadi." Ada produk yang harus kami carikan di gudang supplier? Ini di toko buku ini banyak banget edisinya!

Berarti mungkin yang ada di gudang dengan yang ada di toko buku itu berbeda kali ya? Sampai mereka harus mencari seperti itu. Ah entahlah! Yang jelas, dari pengalaman buruk beli buku di gramedia online ini saya ngga akan mau lagi beli buku secara online di gramedia.


Update terbaru:

Sampai tiga bulan kemudian e-mail keluhan saya ke pihak gramedia online ternyata TIDAK DIBALAS sama sekali. Wah kok gitu ya? Sayang ya sama sekali tidak ada perhatian dari pihak gramedia online mengenai kesalahan kirim edisi dari mereka ini. Ya sudahlah, untung cuma segitu nilainya, masih beruntung kemarin ngga jadi beli buku yang harganya lebih mahal, kan sayang ya kalau terjadi juga salah kirim. Ya sudahlah, diambil hikmahnya aja kalau untuk saya sih, berarti ke depannya saya tidak akan membeli lagi secara online melalui gramedia online. Kesimpulannya ternyata masih jauh lebih baik kalau kita membeli secara offline, datang, lihat dan beli langsung aja. Itu yang terbaik sepertinya.


Baca juga:
  1. Belanja Online Di Indomaret
  2. Pengalaman Makan Di Hoka Hoka Bento
  3. Pengalaman Makan Di Yoshinoya

Comments

  1. ha ha ha sya jadi korban selanjutnya nih gan... tgl 27/4-16 entah kenapa liat iklan di kompas.com mengenai harga headset bluethoot yg menurut sya murah trus sya pesen langsung. Langsung percaya gitu aja krn nama gramedianya, baru nyadar ketika saat lakukan pembayaran via menu e-banking yg ada saat proses pemesanan, hasilnya disebutkan bahwa pembayaran ditolak. Tpi saat sya cek saldo di rekening saya sudah ada pembayaran untuk transaksi tersebut. Langsung panik dong. Telp ke nomor yg tercantum di webnya gak ada yg mau jawab sama sekali. Sampai akhirnya sya hubungi no HP yg tercantum dan syukur ada yg mengangkat yg selanjutnya diarahkan sistem layanannya dengan menggunakan WA. Di WA akhirnya didapatkan hasil bahwa akhirnya pembayaran untuk orderan sya dinyatakan telah diterima dan selanjutnya sya diminta menunggu proses pengiriman. Merasa dah aman sya tunggu proses pengiriman barang dan sampai sekarang blom ada sama sekali kiriman dari gramedia.com ke rumah sya. Hari ini 3-5-16 penasaran sya coba no telp cust service sesuai yg tercantum di web. Hasilnya telp sama sekali gak di angkat2... sya coba terus akhirnya baru diangkat yg hasil jawaban dari mereka bahwa barang pesanan sya blom bisa dikirim krn barang blom dikirim dari suplier mereka dan sya diminta sabar... hadeh jadi tepok jidad deh.. rupanya nama besar gramedia gak ngejamin profesional ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, yang sabar ya gan.. Sayang ya? Padahal gramedia udah punya nama besar, mungkin mereka berpikir offline mereka sangat bagus dan menghasilkan banyak uang sehingga mereka masih bodo amat dengan sistem online mereka, tapi kalau begitu kenapa juga mereka bangun sistem penjualan via online ya? Dengan begitu ya nama mereka nanti bakalan jadi jelek imbasnya.. :-(

      Delete
  2. Klo di Jayapura offline sajs kacaux minta ampun. Di ktalog ada jumlahnya banyak dicari tidak ketemu.. sudah begitu penjaga toko ogah bantu konsumen untuk mencarinya. Bahkan dibilang klo tidak ketemu ya jangan dicari lagi..ckckck menyedihkan toko buka dengan nama besar tapi pelayanannya sangat buruk.

    ReplyDelete
  3. Klo saya sedikit berbeda cerita, siang tadi saya mampir ke Gramedia Gandaria City niatnya mencari bahan I-Clay dari brand Amos ukuran 50g dengan variasi warna berbeda-beda, sesampainya ditempat saya kaget ternyata harga yang dipasang 41.000,- , waduh saya biasa membeli produk tersebut di gramedia matraman, gramedia cibinong city mall dengan harga 29.000,- (selisih 12rb).. saya tanya dengan spg dan spb nya sejak kapan harga ini 41.000?? Jawab spg dan spb sudah lama.. dan untuk Amos I Clay ukuran 15gr tertera harga 15.200,- sedangkan saya biasa membeli dengan harga 12.500,- .. sepertinya ada kekeliruan mencantumkan harga.. atau memang gramedia setiap store harga berbeda-beda.. hehehe..

    ReplyDelete
  4. gila bener beli buku di gramedia proses "pesanan disiapkan" 2x24 jam belom kelar juga kapan di kirimnya, sebleumnya beli juga di gramedia.com pengiriman 3 hari padahal dalam 1 kota jakarta.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…