Skip to main content

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Wisata Kuliner Di Tanjung Pinang Yang Wajib Dicicipi

Ada banyak wisata kuliner yang bisa kita cicipi di kota Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Kalau dulu saya pernah membahas mengenai salah satu tempat kuliner di Tanjung Pinang yang namanya Melayu Square, nah kali ini kita akan membahas tempat-tempat wisata kuliner di Tanjung Pinang yang wajib dicicipi juga.

Kebetulan Trans TV pernah meliputnya di acara mereka yang berjudul 24 jam. Nah seperti apa sih liputan dari Trans TV ini untuk tempat-tempat kuliner di Tanjung Pinang yang wajib kita cicipi? Mari kita langsung saja menonton videonya di bawah ini,



Untuk versi teksnya kita bisa simak sama-sama di bawah ini,

Hai, selamat pagi pemirsa, selamat berjumpa dengan 24 jam. Sebuah program yang mengupas habis kuliner nikmat nan lezat, juga tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi di sebuah kota selama 24 jam. Nah untuk episode kali ini, kami akan menampilkan kota Tanjung Pinang. Kota yang terkenal dengan aktivitas golf yang mendunia ini ternyata memiliki segudang kuliner dan tempat wisata yang menarik untuk kita datangi. Langsung saja, inilah 24 jam.

Untuk memulai aktivitas dengan perjalanan kita di kota Tanjung Pinang ini, ngga ada salahnya kalau kita mengisi energi terlebih dahulu. Langsung saja kita menuju tempat sarapan yang paling legendaris yaitu Mie Lendir.


Mie Lendir Tanjung Pinang

Mie lendir yang berada di Jalan Bintan no.13 Tanjung Pinang ini, dijamin rasa dan sensasi kuah kentalnya. Meski nampak seperti mie rebus pada umumnya, namun sekali mencoba mie lendir pak Soemardi ini, dijamin bikin lidah kita ketagihan. Seperti wanita yang satu ini, sebagai pelanggan Yen Hua tidak pernah absen menikmati sarapan yang katanya sih ngga ada duanya.

Saya sering ke sini, rasanya lebih enak sih, lebih wangi kuahnya. Warung mie lendir yang berdiri sejak tahun 1986 ini memang memiliki keunikan karena kuahnya dimasak dengan bumbu rempah rahasia yang kaya rasa dan pastinya menggugah selera. Keistimewaan mie lendir adalah kuah kacang yang disiram ke atas mie atau mie rebus yang dicampur dengan beberapa sayuran. Dan untuk menambah rasa pedas, anda bisa menaburi irisan cabe rawit yang telah disediakan. Di kedai sederhana milik pak Soemardi ini, buka dari pukul 6 pagi hingga pukul 1 siang. Namun jika waktu libur tiba, tak jarang mie lendir pak Soemardi habis dalam waktu empat jam. Woow, nah jangan sampai kehabisan ya. Hanya dengan Rp 9000,- kita sudah bisa menikmati sarapan dengan sensasi rasa yang ngga ada duanya.


Otak-Otak Gesek dan Nasi Lemak

Sebelum melanjutkan perjalanan ke hutan Mangrove, ngga ada salahnya mampir ke Jl. Gesek km. 21, Bintan, Tanjung Pinang. Di sini kita juga bisa menikmati menu sarapan lain. Ada otak-otak dan nasi lemak khas Tanjung Pinag. Keduanya merupakan kuliner legendaris sejak tahun 1980-an. Keunikan dari otak-otak khas Tanjung Pinang memiliki dua pilihan rasa, yakni otak-otak berbahan dasar sotong (cumi-cumi) dan otak-otak berbahan dasar ikan. Uniknya lagi otak-otak khas Tanjung Pinang ini memiliki warna kemerahan dari bumbu cabe yang dicampurkan.

Otak-otaknya enak sekali, saya sering beli di sini. Ikannya segar dan rasanya juga enak. Nasi lemaknya juga enak, wangi, dan rasanya juga asli. Selain otak-otak, menu nasi lemak khas Tanjung Pinang pun bisa menjadi pilihan. Rasa nasi lemak hampir mirip dengan nasi uduk pada umumnya, bedanya di sini nasi lemak memiliki rasa sedikit lebih manis dan dihidangkan menggunakan beberapa lauk seperti telur pedas dan orek tempe Bali. Selain itu dicampur dengan sambal khusus juga, khas Tanjung Pinang. Harga sepotong otak-otak hanya Rp 1000,- dan kita dibebaskan untuk menentukan jumlahnya sendiri dalam satu porsi. Sementara harga sebungkus nasi lemak, hanya Rp 8000,-. Murah meriah dong?


Tour Mangrove, Kawasan Mangrove Jetty, Bintan.

Perut sudah terisi penuh, energi juga sudah siap menjelajahi tempat menarik lainnya di kawasan wisata Bintan. Saatnya menikmati wisata keluarga, tujuan kita selanjutnya adalah tour mangrove yang terletak di kawasan Bintan Island. Untuk tike masuk wisatawan lokal itu Rp 160.000,- sementara untuk tiket masuk wisatawan luar itu Rp 350.000,-. Selain bisa menikmati suasana hutan mangrove yang tedur, arus air yang tenang, serta kicau suara burung di dalam hutan, kita juga bisa melihat langsung satwa liar seperti ular bakau berbisa dan biawak. Ya, dengan jarak sekitar 6 km dan waktu tempuh sekitar 30 menit, kita bisa puas menjelajahi hutan mangrove yang masih sangat alami ini. Uniknya lagi, kita bisa melihat lokasi pembuatan arang tradisional di masa lalu.


Siput Gonggong, Kawasan Mangrove Jetty, Bintan

Usai puas menikmati keindahan alam mangrove, kita bisa lanjut mencicipi cemilan seafood yang ada di kelong yang ada di pesisir hutan mangrove. Ya, kelong atau tempat makan terapung di sini memang terkenal dengan sajian khas berbahan dasar laut. Salah satunya adalah siput gonggong, yang juga merupakan sajian khas Tanjung Pinang. Siput gonggong ini memiliki ukuran lebih besar dari kerang biasa dan daging yang relatif lebih tebal. Penyajian siput gonggong memang sederhana. Meski hanya direbus dan dicocol dengan sambal kencur, namun kelezatan siput gonggong begitu istimewa. Untuk bisa menikmati sensasi siput gonggong, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok. Hanya dengan Rp 30.000,- kita bisa menikmati seporsi siput gonggong yang kaya akan gizi. Hahaha..

Wisata Kuliner Di Tanjung Pinang Yang Wajib Dicicipi


Nah seperti itu teman-teman kira-kira tempat wisata kuliner di Tanjung Pinang yang wajib dicicipi. Jadi kalau teman-teman lagi berada di Tanjung Pinang, bisa mencoba mencicipi kuliner-kuliner tersebut, dan bisa jadi nanti teman-teman ketagihan lho.

Kalau begitu sekian dulu ya sharing kali ini mengenai tempat wisata kuliner di Tanjung Pinang ini. Wassalam.

Comments