Wednesday, June 27, 2018

Cerita Di Balik Semangka Kotak Dari Jepang

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing mengenai cerita di balik semangka kotak dari Jepang, kebetulan saya menemukan video yang sangat bagus mengenai hal ini yang kemudian saya pikir saya coba berikan terjemahannya saja dan nanti akan saya embedkan di artikel ini agar teman-teman juga bisa menontonnya langsung dan juga mendapatkan ilmunya juga.

Cerita Dibalik Semangka Kotak Dari Jepang

Video ini merupakan video dari channel youtubenya Only In Japan, yang channel bisa teman-teman kunjungi DI SINI. Kalau teman-teman suka dengan video-video yang ada di sana tentunya jangan lupa untuk SUBSCRIBE di channelnya mereka ya, saya hanya membantu memberikan subtitle bahasa Indonesianya saja untuk teman-teman yang tidak mengerti bahasa Inggris dan bahasa Jepang, kebetulan saya juga punya blog belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang, silakan mampir aja di blog saya kalau teman-teman tertarik untuk mempelajari bahasa.




Semangka Kotak Dari Jepang

Kita tonton langsung saja yuk videonya di bawah ini,


Seru kan? Jepang itu selalu mempunyai ide ya untuk membuat dan meningkatkan kualitas kehidupan. Idenya untuk membuat semangka berbentuk kotak itu ternyata diawali oleh bapaknya Yamashita san yang pada saat itu mengalami krisis karena harus bersaing dengan es krim dan minuman yang banyak mulai muncul dan digemari. Dia berusaha gimana agar usahanya menghasilkan semangka itu bisa tetap bertahan karena penjualannya semakin hari semakin menurun dikarenakan oleh munculnya es krim dan minuman.

Semangka kotak di Jepang ini ternyata hanya ada di kota Zentsuji, sebuah kota yang terletak di Kagawa Prefektur. Kagawa Prefektur ini terletak di pulau terkecil dari 4 pulau utama Jepang. Pulau terkecil itu adalah pulau Shikoku. Dan kota Zentsuji ini berdekatan dengan kota Takamatsu. Jumlah populasi penduduk di kota Zentsuji ini hanyalah sekitar 34.000 jiwa, jadi tidak terlalu banyak orangnya di kota ini. Bisa kita bayangkan kotanya tenang dan pastinya jauh dari keramaian, tidak seperti di Tokyo.

Proses Pembuatan Semangka Kotak

Ternyata proses membuatnya hanyalah memasukkan semangka yang sudah berada dalam ukuran tertentu ke dalam sebuah kotak, tapi tentunya caranya tidak semudah itu karena di video tersebut juga diberitahu bahwa untuk para petani pemula yang baru saja memulai menanam semangka kotak ini ternyata tidak mudah.

Dan karena melalui berbagai percobaan dan kemudian harga pun menjadi semakin mahal maka kemudian tujuan dari membuat semangka berbentuk kotak yang tadinya untuk dimakan kemudian berubah menjadi untuk pajangan. Jadi sudah tidak untuk dimakan lagi karena kalau kita melihat harganya dimana di video tersebut disebutkan bahwa kisaran harganya adalah 18.000 - 20.000 yen yang kalau dikurskan ke rupiah tinggal silakan teman-teman kalikan saja dengan kira-kira 120, karena nilai 1 yen kan kurang lebih 120. Coba saja dikalikan hasilnya kurang lebih sekitar 2 jutaan.

2 juta itu harga untuk satu buahnya lho! Jadi mahal banget kan harga 1 buah semangka sampai 2 juta seperti itu? Biasanya kan kita membeli semangka palingan juga di kisaran masih di bawah 100ribu per buahnya. Nah ini berarti lebih dari 20 kalinya harga semangka yang biasanya.

Nah karena mahal tentunya orang yang membeli semangka itu sayang banget kan kalau hanya untuk dimakan saja mengeluarkan uang yang segitu mahalnya? Itulah mengapa kemudian fungsinya juga menjadi berubah sekarang dari yang awalnya untuk dimakan menjadi untuk barang pajangan. Dan semangka-semangka kotak yang dijual ini memang dipanen sebelum semangka tersebut matang, sehingga bisa bertahan selama 6 bulan. Kalau dipanennya setelah matang, paling cuma bisa bertahan selama 1 minggu saja, itulah mengapa dipanennya jauh-jauh hari sebelum semangka tersebut matang.

Dan di video di atas kita bisa melihat bahwa semangka kotak tersebut ada yang dicoba untuk dimakan, dan karena memang dipetiknya pada saat belum matang maka tidak heran kalau rasanya pun tidak enak. Jadi memang tujuan dari semangka bentuk kotak ini lebih sebagai pajangan saja.

Kalau di Indonesia kita juga sudah bisa, dan semangka kotak ini ada di Mekarsari. Coba aja digoogling atau cari videonya di youtube. Nah kalau semangka kotak yang di Mekarsari memang untuk dimakan dan bukan untuk pajangan seperti yang di Jepang ini.

Oh iya video di atas saya sendiri yang menerjemahkan dan memberikan subtitle bahasa Indonesianya ya. Kalau teman-teman merasa bermanfaat, silakan saja komen di komentar di bawah misalnya ada video apa yang ingin saya berikan terjemahannya. Kalau saya ada waktunya dan bisa mengerjakannya, Insya Allah saya akan coba kerjakan agar bisa memberikan manfaat buat banyak orang. Video yang bagus dan bermanfaat seperti video di atas ini misalnya ya.

Dan mungkin ke depannya saya juga akan mulai menerjemahkan dan memberikan subtitle bahasa Indonesia lagi untuk video-video yang menurut saya bagus dan semoga aja bisa memberikan manfaat juga buat teman-teman yang lainnya ya.

Kalau begitu sekian dulu ya mengenai cerita dibalik semangka kotak dari Jepang ini. Semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua. Ja mata..


Baca juga:
  1. Taman Dunia Air Tawar
  2. Pengalaman Kuliah di Jerman
  3. Rendang Adalah Makanan Terbaik di Dunia

No comments:

Post a Comment