Wednesday, July 25, 2018

Cara Beli Domain di Google Tanpa Kartu Kredit

Blog Iman Prabawa - Halo, kali ini saya mau sharing mengenai cara beli domain di Google tanpa kartu kredit. Seperti kita tahu Google Domain sudah tersedia untuk pasar Indonesia, jadi kita bisa membeli domain di Google Domain nih sekarang.

Google Domain

Barusan saja saya mencoba membeli domain melalui Google Domain. Buat yang bisa ngeblog di blogger, tentunya tahu kalau sudah ada tampilan seperti gambar di bawah ini,

Beli Domain di Google

Nah tanda kotak merah itu yang bertuliskan "Buy a domain" sudah bisa diklik dan kita bisa membeli domain yang kita inginkan entah itu .com, .net, .org. atau dot dot yang lainnya lagi bisa kita beli dan nanti juga mengurus custom domain yaitu mengarahkan blogspot kita ke domain baru yang kita beli juga jauh lebih mudah.

Kalau kita klik di tulisan "Buy a domain" maka tampilannya akan seperti ini,

Cara Beli Domain di Google Tanpa Kartu Kredit

Tinggal kita pilih saja nama domain yang kita sukai dari daftar di atas dan kalau ternyata tidak ada pilihannya tinggal kita coba ketikkan sendiri saja nama domain yang kita inginkan di kotak pencarian di atas, misalnya saya ingin membeli "www.imanprabawa.net" tinggal saya ketikkan saja di situ nanti akan terlihat apakah domain tersebut tersedia dan bisa saya beli atau tidak. Kalau bisa, persis seperti gambar di atas, tinggal kita klik aja tulisan "Buy" yang ada di bagian kanan.

Selanjutnya kita akan diarahkan untuk mengisi kartu kredit untuk membayar domain yang kita inginkan. Lho?? Tapi saya kan ngga punya kartu kredit?? Nah ini dia makanya saya ingin sharingkan cara membeli domain dari Google Domain tanpa punya kartu kredit.




Kartu Jenius

Teman-teman sudah tahu kartu Jenius? Kartu ini bisa digunakan seperti layaknya sebuah kartu kredit. Saya sudah coba gunakan kartu Jenius untuk antara lain:
  1. Membeli buku dari Amazon.
  2. Verifikasi Paypal
  3. Beli domain di Google Domain
  4. Beli software Camtasia
  5. Ikutan gabung di Bayyinah TV
  6. Beli komik Jepang di Ebook Japan
  7. Beli buku di CD Japan
Kalau teman saya ada yang menggunakannya untuk bayar hosting di GoDaddy. Nah apa sih kartu Jenius ini? Untuk informasi detail teman-teman bisa KLIK DI SINI.

Saya akan sharingkan pengalaman saya aja ya. Kartu Jenius adalah kartu yang dibuat oleh Bank BTPN, kartu ini mirip kaya kartu kredit lah, persis seperti kartu kredit tapi bedanya adalah kita bisa menggunakannya dengan mengisi dulu saldonya. Jadi kaya kartu debit yang bisa digunakan persis seperti kartu kredit.

Cara Mendapatkan Kartu Jenius Ini Gimana?

Caranya adalah buka Google Play Store dan download aplikasinya dari hape teman-teman. Seperti ini penampakannya di Google Play Store.

Jenius di Google Play Store

Silakan didownload dan kemudian diinstall dan kemudian ikuti langkah-langkahnya yang ada di situ. Di situ tinggal di isi aja, seperti nama, no KTP dan no NPWP. Kalau ngga punya NPWP gimana? Bisa dilewat dulu, ada pilihan untuk melewatkan. 

Setelah di instal dan diikuti semua tahapan di situ nanti teman-teman akan dihubungi oleh petugas BPTN yang akan mengaktivasi kartunya. Karena kalau kartunya tidak diaktivasi maka tidak bisa digunakan.

Kartu Jenius

Nah di situ tertulis "AKTIFKAN", itu tandanya kartunya belum aktif, kita harus nunggu petugas BPTN datang ke rumah kita dan kemudian nanti akan dikirimkan kartu berbentuk fisik ke rumah kita lalu kita bisa mengaktifkannya. Nanti kalau petugas BTPN-nya sudah datang coba ditanya saja sama petugasnya secara detail.

Kalau m-Card itu harus dapat kartu fisiknya dulu yang dikirimkan kurang lebih sekitar 2 minggu dari sejak petugas BTPN datang ke rumah kita sementara kalau e-Cardnya saat petugas BTPN datang bisa langsung diaktifkan dan bisa langsung digunakan untuk berbelanja online.

Kemarin saat saya sudah didatangi petugas BPTN saya tanya ke dia masalah gimana cara menggunakan kartu ini kalau saya mau beli di amazon.com misalnya? Lalu dia menjelaskan bahwa kita sebaiknya menggunakan pilihan e-Card.

Di bagian "Dashboard" kita klik "Card Center" kemudian ada dua pilihan kartu yaitu m-Card dan e-Card. Gambar di bawah ini setelah diaktifkan kartunya,

M Card dan E Card

Untuk e-Card ini teman-teman perlu "Top Up" sejumlah uang dulu ya, jadi misal teman-teman mau membeli domain Google seharga Rp 165ribu sekian-sekian, teman-teman transfer uang dulu aja dari rekening BCA teman-teman misalnya ke no rekening Jenius ini.

Cara transfernya gimana, nanti teman-teman tanyakan aja ke petugasnya, gampang kok. Di "dashboard" klik aja di bagian profil kita dan nanti kita akan bisa melihat no rekening kita berapa, dan kalau teman-teman mau transfer ke rekening Jenius teman-teman, kode banknya adalah 213. Jadi masukkan kode 213 plus no rekening Jeniusnya, kemudian transfer deh.

Uang yang sudah teman-teman transferkan ini bisa teman-teman lihat di dashboard, akan ada tertulis "Saldo Aktif" nah ini kemudian teman-teman harus "top up"-kan ke e-Card kalau teman-teman ingin gunakan untuk membeli domain di Google.

Jadi misalnya harga domain 165ribu, lalu teman-teman transfer uang 200ribu dari rekening BCA ke rekening Jenius misalnya, lalu teman-teman masih harus melakukan top up dulu ke e-Cardnya agar nanti ketika digunakan untuk membeli domain, kartunya tidak ditolak karena saldonya kurang. Ada biayanya ya, jadi kalau harga domain 165ribu, ada biaya 10ribu mungkin? Saya ngga terlalu ngeh juga sih tapi yang jelas tadi saldo saya lebih 3ribu dari harga domainnya lalu saya gunakan untuk bayar domain di Google Domain dan kartu saya ditolak!! Kemudian saya tambahkan saldonya lagi, saya top up baru kemudian kartu saya diterima dan bisa deh beli domain di Google Domain.

Jadi pastikan saldo teman-teman cukup ya untuk membayar biaya yang harus dibayar plus biayanya.
m-Card maupun e-Card sebenarnya bisa digunakan untuk berbelanja online tapi disarankan oleh petugasnya untuk menggunakan e-Card kalau kita mau belanja online karena kalau e-Card itu harus di top up dulu sementara kalau pake m-Card dia akan ngambil berapa pun jumlah uang yang ada di Saldo Aktif kita. Jadi biar lebih aman pake e-Card saja kalau untuk beli domain atau beli barang di amazon misalnya.

Dan enaknya lagi kalau pun kartu kita dicuri nomornya sama orang, selama saldonya kurang ya ngga akan bisa dipake juga sama orang lain, karena pasti kartunya akan ditolak kalau saldonya tidak mencukupi, jadi ini persis seperti kartu Debit sebenarnya, kalau saldonya cukup ya kita bisa beli tapi kalau saldonya tidak cukup ya kartu kita ditolak.

Dan enaknya kalau sudah berhasil beli domain di Google Domain, mengarahkan blogspot yang kita punya ke domain yang kita beli langsung otomatis saja terjadi begitu saja, sementara kalau kita custom domain di tempat lain kita harus ngedit sendiri dan itu buat saya sih cukup merepotkan.

Tinggal pastikan saja di bagian "Blog Address" bagian redirectnya dicentang seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Custom Domain Blogspot

Biar kalau ada yang mengetikkan nama domain kita tanpa mengetikkan "www" tetap bisa masuk ke blog kita.



Verifikasi Paypal

Kartu Jenius juga bisa digunakan untuk verifikasi Paypal. Untuk detail mengenai gimana cara verifikasi Paypal ini bisa dibaca di BLOG INI. Jelas banget penjelasannya, saya juga mengikuti cara yang dijelaskan di situ dan berhasil. Saya menggunakan e-Card ketika verifikasi Paypal saya.

Dan kalau teman-teman mau tahu lebih jauh lagi mengenai Kartu Jenius dari BTPN ini coba KLIK DI SINI. Itu adalah forum di kaskus dari para pengguna kartu Jenius, jadi teman-teman bisa baca sendiri dan melihat seperti apa pengalaman mereka menggunakan kartu Jenius dan kalau ada yang ingin ditanyakan bisa tanya ke sana, pasti mereka nanti akan menjawab pertanyaan dari teman-teman.

Saya sih di sini hanya sharing pengalaman saya aja ya. Dan kalau sudah berhasil kita belanja online atau verifikasi Paypal, nanti bisa kita lihat dari transaksi yang tercatat seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Kartu Jenius Untuk Transaksi Online

Tuh bisa kita lihat ada transaksi dari Google Domain sebesar Rp 165.930,- dan saya ingat tadi itu saldo saya di angka Rp 168ribu sekian-sekian, karena saya pikir nilainya sudah melebihi nilai yang harus saya bayarkan untuk Google Domain makanya saya coba pake saja dan ternyata kartu saya ditolak karena saldonya kurang. Dan setelah saya top up lagi dananya baru kartu tersebut bisa digunakan dan diterima oleh Google Domain.

Jadi saya menyimpulkan ada fee dari bank BTPN yang dikenakan sehingga pastikan saldo kita cukup saat kita mau berbelanja online. Kalau untuk verifikasi Paypal katanya mah sediakan dana sekitar 40ribu ada di saldo kita, karena kalau kurang ya berarti akan gagal juga. Ada dana yang akan diambil oleh Paypal untuk membuktikan bahwa ini memang kartu kita tapi setelah itu dibalikkan lagi dananya ke kita lagi. Kalau di saya 3 hari kemudian uangnya dikembalikan lagi.

Kartu Jenius Adalah Kartu Visa Debit

Kartu jenius itu adalah kartu visa debit. Ini saya screenshotkan yang barusan saya dapatkan di email saya kiriman dari Jenius.

Kartu Visa Debit Jenius

Jadi berbeda dengan kartu kredit. Kalau kartu debit itu berarti kita harus punya saldo dulu kalau kita membeli barang, kalau kita tidak punya uang ya berarti kita tidak bisa beli barang sementara kan kalau kartu kredit ibaratnya mah kita ditalangin uang dulu sama pihak bank. Nah serunya ini adalah kartu debit dari Visa yang artinya diterima di semua pembayaran online sama persis seperti kartu kredit dan bedanya dengan kartu kredit adalah kita harus memiliki sejumlah saldo dulu kalau ingin membeli barang di online.

Nah kurang lebih seperti itu pengalaman saya menggunakan kartu Jenius untuk membeli domain di Google Domain. Jauh lebih mudah custom domainnya teman-teman ketimbang kalau teman-teman beli di tempat lain menurut saya ya, apalagi buat yang gaptek dan bingung DNS setting dan C NAME itu apa sih. Waahh, beli di Google Domain aja deh, ngga repot konekin blogspot kita dengan domain kita. Jadi kita bisa lebih fokus untuk nulis artikel yang bagus deh daripada belajarin masalah teknis seperti itu.

Nah semoga sharing dari saya mengenai cara beli domain di Google tanpa kartu kredit ini bisa bermanfaat ya. Sampai ketemu lagi kalau begitu.


Baca juga:

6 comments:

  1. itu sama juga pakai kartu kredit

    kalau saya, pakai google play

    tapi ya itu, jadi lebih mahal

    saldo google play aja harus beli dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenius itu bukan kartu kredit mba, jenius itu kartu Visa Debit.

      Delete
  2. kartu ini isi saldonya gimana pak?
    dan apa bayar perbulan atau gimana?
    apa kita juga harus punya akun rekening di bank BPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara isi saldonya transfer sejumlah uang ke no rekening kita, jadi setelah kita download aplikasinya, isi semua yang ada di situ lalu orang dari bank BTPN datang ke rumah kita dan setelah kartu kita aktif, kita tinggal transfer saja sejumlah uang ke no rekening. Dengan download aplikasi dan mengikuti semua yang ada di situ kita otomatis punya rekening di bank BTPN, cuma ngga ada buku rekeningnya aja, hanya dari hape kita. Isi saldo ya tinggal transfer aja dari rekening BCA misalnya kalau anda punya BCA, dari bank apa pun juga bisa, tinggal ke ATM transfer ke no rekening Jenius kita setelah itu saldonya masuk deh ke no rekening Jenius kita. Nanti kalau orang bank BTPN-nya datang ke rumah langsung ditanyakan saja detail yang mau bapak tanyakan itu biar lebih jelas.

      Delete
  3. Wahh.. terimkasih banyak ya pak sudah sharing pengalamannya, saya sangat tertarik ingin beli sprti bpk juga. Nanti akan dicoba deh. Oh iya pak, selain domain kita dikasih bs hosting juga ya pak, jd bs upload file ke situ kita sendiri gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa, domain aja.. hosting kan google cuma ada blogspot atau google sites tapi kalau platformnya webnya pake blogspot atau google sites, kita ya persis pake seperti kaya pake blogspot atau google sites biasa, ngga bisa install wordpress di situ.. Kalau mau install wordpress atau CMS lain, ya harus beli hosting lagi di tempat lain, soalnya kan Google ngga jualan hosting.

      Delete