Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Mobil Angkut Barang

Blog Iman Prabawa - Foto yang ada di artikel ini yaitu mobil angkut barang adalah foto yang saya abadikan dengan menggunakan kamera hape Asus Zenfone 3 saya. Karena saya memang lagi suka dan lagi hobi foto-foto dengan menggunakan kamera hape dan kemudian mengeditnya menggunakan aplikasi pengedit foto yang ada di dalam hape juga.

Mobil Angkut Barang

Ini kebetulan lagi saya pulang dari kampus saya Universitas Darma Persada. Sebenarnya sih awalnya karena saya kuliah sastra Jepang dan mendalami linguistik dan juga saya ingin mulai mengajar bahasa Inggris saya mulai merasakan bahwa gaya berbahasa antara bahasa percakapan dengan bahasa tulisan adalah sangat berbeda.

Seperti tulisan yang ada di mobil pada gambar di bawah ini.


Mobil Angkut Barang

Di situ saya langsung mengenali bahwa ada yang kurang yaitu kata tanya "mau"-nya dihilangkan dan langsung menjadi,
Belanja furniture, kasur, sofa murah?
Kan kalau kalimat lengkapnya seperti ini,
Mau belanja furniture, kasur, sofa murah?
Atau kalau mau lebih lengkap sekali seperti bahasa tulisan,
Apakah anda ingin berbelanja furniture, kasur dan sofa yang harganya murah?
Jadi panjang banget kan ya? Tapi memang bahasa percakapan juga seperti itu. Kalau di bahasa Inggris kita kan dibiasakan belajar bentuk yang panjang seperti bentuk kalimat yang ketiga bukan? Misalnya,
Do you want to have a cup of coffee?
Dan dipendekkan menjadi,
Want a cup of coffee?
Dan pemendekan seperti ini ternyata memang biasa sekali dilakukan di percakapan keseharian kita dan malah terkesan jadi aneh kalau kita menggunakan versi kalimat tanya yang yang panjang seperti itu, apalagi kalau percakapan tersebut melibatkan antara kita dengan teman baik kita. Teman-teman sehari-hari kita yang udah kenal dekat banget dengan kita terus kita menggunakan kalimat yang panjang dan baku seperti itu, pasti teman kita akan merasa aneh aja.

Nah itu sekilas pemikiran saya aja sih mengenai tulisan yang ada di mobil tersbut membuat saya menjadi tersadar bahwa ketika kita mempelajari bahasa kedua atau ketiga kita, kita diajari bentuk yang sangat baku dan kalau diucapkan di dalam situasi percakapan sehari-hari dengan teman dekat rasanya terlalu baku dan janggal saja.

Btw, foto tersebut adalah hasil editan saya menggunakan aplikasi Google Snapseed yang ada di hape. Iseng-iseng aja melatih untuk bisa ngga ya diedit jadi gimana gitu dan lalu hasilnya jadi seperti itu. Foto aslinya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Mobil Angkut Barang

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai foto mobil angkut barang ini ya. Sampai ketemu lagi.


Baca juga:
  1. Bakso Solo Samrat Cempaka Putih
  2. Mandi Dulu Ah
  3. Rumah di Cempaka Putih

Comments