Skip to main content

Barburger Cempaka Putih

Barburger Cempaka Putih ini terletak di jalan Cempaka Putih Raya, di depan Alfamart Cempaka Putih dan di depannya Soerabi Bandung, Cempaka Putih.

Tapi artikel ini bukan merupakan review makanan ya, tapi merupakan hasil jepretan kamera hape saya aja karena saya suka jeprat-jepret menggunakan hape saya dan kemudian saya edit menggunakan aplikasi yang ada di hape saya.

Barburger Cempaka Putih Seperti ini fotonya setelah saya edit menggunakan aplikasi Google Snapseed dan Picarts.


Dan sebelum di ke Picarts-in saya edit dulu di Google Snapseed dan seperti ini hasilnya.


Sementara foto yang asli dari hape saya tanpa diedit adalah foto yang seperti terlihat di bawah ini.


Nah seperti itu kira-kira. Tempat ini dekat sekali dengan rumah saya, jalan kaki juga paling cuma 5 menit aja.

Kalau soal rasa sih masalah selera ya, dua kali saya beli burgernya dan kalau buat saya sih ngga masuk ke selera saya, saya jujur ngga suka burgernya. Ini kalau saya lho, tapi kan ini masalah selera, yang ngga enak bu…

Mengapa Orang-orang Pintar Berkinerja Buruk

Blog Iman Prabawa - Halo teman-teman, kali ini saya mau sharing salah satu video dari Marie TV yang kebetulan sudah saya buatkan terjemahan bahasa Indonesianya. Ini saya sendiri yang membuatkan terjemahan bahasa Indonesianya agar banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari apa yang disharingkan oleh Marie Forleo. Karena menurut saya apa yang disharingkan oleh Marie Forleo ini sangat bagus sekali.

Saya embedkan videonya di bawah ini dan dinyalakan Subtitles/CC yang ada di video tersebut lalu pilih "Indonesian" ya. Ini saya menunggu terjemahan saya diapprove dulu ya oleh pihak Marie Forleo, kalau sudah diapprove pasti pilihan "Indonesian"-nya di situ akan nongol, tapi kalau belum diapprove tentunya belum akan nongol pilihan "Indonesian"-nya.

Ini saya udah upload ke mereka dan tinggal nunggu diapprove aja sama pihak mereka.

Mengapa Orang-orang Pintar Berkinerja Buruk
Karena belum diapprove juga sama mereka, kalau teman-teman mau nonton yang sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya silakan tonton video yang di bawah ini. Untuk link video aslinya DI SINI.


Dan berikut ini di bawah tetap saya tuliskan hasil terjemahan saya dari video di atas ya.

Hai, saya Marie Forleo dan Anda sedang menyaksikan Marie TV, tempat dimana Anda bisa menciptakan bisnis dan kehidupan yang Anda idam-idamkan. Saya punya pertanyaan untuk Anda. Apakah Anda pernah merasakan begitu sibuknya dan sebegitu kewalahannya seperti misalnya begitu banyaknya hal yang terjadi di kehidupan Anda apakah itu informasi yang terlalu berlebihan banyaknya pekerjaan yang harus Anda selesaikan atau teknologi-teknologi baru yang bermunculan dari setiap peralatan yang ada. Kebanyakan dari kita merasa kita sedang mengalami ADD dengan kondisi yang seperti ini. Kita merasa tidak bisa menyelesaikan apa pun. Kalau Anda mengalami hal-hal yang seperti itu, Anda akan menyukai episode kita kali ini karena bersama saya kali ini hadir seorang ahli terkemuka di dunia yang banyak membantu orang agar bisa berkinerja lebih baik lagi.

Mengapa Orang Pintar Berkinerja Buruk dan Cara Mengatasinya

Di sini kita akan membicarakan mengenai mengapa banyak orang-orang pintar yang berkinerja buruk dan bagaimana mengatasinya. Ned Hallowell adalah seorang psikiater dan penulis buku terlaris New York Times, juga seorang pembicara terkenal dunia dan seorang ahli di bidang ADHD. Dia adalah lulusan dari Universitas Harvard dan fakultas kedokteran dari Tulane Medical School dan merupakan pendiri dari Hallowell Centers yang berada di Sudbury, Massachusetts dan New York.

Dia sudah menulis 19 buku di berbagai topik mengenai psikologi dan sudah pernah diwawancara di acara 20/20, 60 minutes, Oprah, PBS, CNN, The Today Show, Date Line, Good Morning America, The View dan banyak lagi. Ned tinggal di Boston dengan istrinya Sue yang merupakan seorang pekerja sosial dan 3 anak mereka, Lucy, Jack dan Tucker.

Marie: Ned, senang sekali Anda bisa hadir di MarieTV. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk hadir di sini.

Ned: Sama-sama.

Marie: Anda sudah menulis 19 buku yang luar biasa dan Anda merupakan seorang ahli terkemuka di bidang ADD yang terjadi di sektor kewirausahaan. Walaupun bila seseorang tidak mempunyai gejala ADD, kondisi sekarang ini untuk kebanyakan dari kita seperti itu rasanya.

Ned: Betul.

Menentukan Target Yang Jelas dan Spesifik

Marie: Kali ini kita akan fokus ke 5 dari saran Anda saja, yang mana kelima-limanya itu sangat luar biasa. Bagaimana kita bisa memperoleh kembali kendali atas diri kita dan jika kita merupakan orang yang pintar bagaimana kita bisa lebih meningkatkan kinerja kita. Saya suka dengan saran Anda yang pertama yaitu menentukan target yang jelas dan spesifik. Bisa Anda jelaskan mengenai hal ini?

Ned: Masalah dengan kehidupan modern kita saat ini adalah bahwa kita bisa melakukan banyak hal namun masalahnya juga adalah bahwa kita juga bisa melakukan banyak hal. Sehingga menjadi sangat penting sekali untuk menentukan apa yang mau kita lakukan.

Marie: Iya.

Setiap Hari Mempunyai 3 Target

Ned: Dan yang saya anjurkan kepada Anda adalah Anda setiap harinya mempunyai 3 target. Tidak lebih dari 3! Karena dengan mudah Anda bisa mempunyai 303. Jadi setiap hari Anda perlu mempunyai 3 target. Target jangka pendek. Lalu untuk target jangka menengah, setiap 1 atau 2 minggu Anda perlu mempunyai 3 buah target. Dan untuk target jangka panjang untuk rentang waktu 6 bulan hingga 1 tahun Anda perlu mempunyai 3 buah target. Lalu Anda perlu mempunyai 3 target untuk kehidupan Anda. Jadi Anda selalu bekerja dari target jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang dan target kehidupan Anda. Dan itu akan memaksa kalian untuk membuat prioritas.

Marie: Iya.

Ned: Dan itu akan benar-benar membuat perbedaan karena itu akan memaksa Anda untuk berkata, "Hal itu bagus namun saya ingin melakukan yang ini dulu. Saya ingin mengembangkan yang ini dulu dan yang itu saya simpan di kotak dulu untuk sementara." Dan kalau Anda tidak melakukannya, Anda akan berusaha melakukan seperti yang kebanyakan orang lakukan. Anda berusaha melakukan semuanya secara bersamaan dan itu hanya akan menimbulkan kekacauan dan di akhir hari Anda akan berkata, "Saya sibuk sekali seharian tapi tidak ada yang saya selesaikan!"

Marie: Iya.

Ned: Dan kita sering sekali melihat hal seperti ini dimana banyak orang pintar yang berkinerja buruk, karena mereka tidak bisa memberi prioritas untuk apa yang mereka lakukan dan menetapkan target yang sangat jelas dan spesifik. Target jangka pendek, menengah, jangka panjang dan kemudian target kehidupan mereka.

Kita Perlu Menghindari Layar Penghisap

Marie: Saya suka dengan hal itu. Dan tahu ngga? Menyederhanakan sesuatu itu akan menghilangkan hal-hal yang kurang perlu, tidak memberikan perhatian terhadap hal itu walau tadi saya mendengarkan Anda, saya seperti yang, "Wah 3 doang? Itu mah gue bisa!" Dan kemudian menjadi terasa ada beban yang mendadak hilang. Saya tahu, kita pernah bekerjasama sebelumnya, Anda luar biasa sekali, tapi saya suka sekali apa yang baru saja kita mulai ini. Yang kedua, saya suka saat Anda membahas mengenai hal ini. Layar penghisap. Dan kita perlu menghindarinya, walau hanya sekedar istilah itu saja. Layar penghisap. Artinya apa?

Ned: Ini merupakan istilah yang saya buat sendiri saat saya menulis buku saya yang berjudul Crazy Busy dan istilah ini mengacu kepada kecenderungan umum kita dimana kita biasanya berkata, "Saya hanya akan mengecek e-mail saya sebentar." Dan 1 jam kemudian Anda masih di situ dan Anda malah jadi menikmatinya, Anda jadi seperti terhisap oleh layar komputer itu. Email ini seperti menghipnotis Anda dan Anda jadi tidak sadar dengan waktu. Anda jadi lupa waktu. Anda jadi lupa dengan apa yang semestinya Anda kerjakan. TV merupakan salah satunya, namun sekarang layar-layar yang ada begitu interaktif. Dan begitu layar-layar ini menjadi sangat interaktif, dopamine yang sama yang membuat kita menjadi kecanduan, membuat kita menjadi teralihkan perhatian dari apa yang seharusnya kita kerjakan. Anda tidak bermaksud memberikan perhatian Anda ke situ, layar itu yang menggoda Anda agar Anda ke situ. Jadi berhati-hatilah dengan layar penghisap! Waspadalah dengan layar penghisap! Dan cara sederhana untuk mengatasinya adalah memberikan waktu secukupnya misalnya dari jam 9 sampai jam 10 pagi dimana Anda memusatkan perhatian untuk e-mail dan internet dan setelah itu matikan. Matikan! Kalau tidak ini akan menjadi seperti satu toples berisi coklat M&M yang ada di meja kita dimana kita akan terus dan terus mengambilnya. Ada sesuatu yang sepertinya sangat menarik dari e-mail yang belum kita baca. Dulu saat e-mail itu datangnya setiap 1 atau 2 kali dalam sehari, kita buru-buru membukanya sekarang e-mailnya datang setiap detik. Dan kita tidak tahan untuk tidak membukanya, walau kita tahu misalnya isinya ngga jelas kita tidak bisa menahan diri untuk tidak buru-buru membukanya.

Marie: Betul sekali.

Hapenya dokter Ned berbunyi.

Ned: Oh yang bunyi itu hape saya ya?

Marie: Yang ini pas banget! Karena tentu saja bukan hanya hape kita saja yang berdering kan? Tapi juga e-mail kita sosial media kita juga ya, luar biasa sekali.

Ned: Iya, semuanya.

Marie: Tidak berhenti-berhenti.

Orang Banyak Menghabiskan Waktu Untuk Gangguan Yang Tidak Direncanakan

Ned: Diperkirakan bahwa dalam setiap 1 jam kebanyakan orang menghabiskan setidaknya 20 menit untuk gangguan-gangguan yang tidak direncanakan. Dan waktu yang terbuang itu cukup besar karena bukan saja waktu kita habis untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut tapi juga waktu yang dibutuhkan untuk kita bisa kembali lagi ke apa yang sedang kita kerjakan untuk mengembalikan fokus kita lagi ke pekerjaan yang sedang kita kerjakan yang mana tidak bisa kita lakukan dengan semudah itu.

Marie: Saya selalu sadar akan hal itu dan saya berusaha semampu saya. Anda bertanya kepada kami sebelumnya mengenai studio ini apakah kami tetap menggunakan studio ini bila kami sedang tidak membuat video.  Dan saya berkata, "Ini sebenarnya luar biasa!" Karena kita berada di sini selama beberapa hari. Ketika tidak ada yang dilakukan, kita tidak sedang membuat video untuk MarieTV, saya dan teman saya, kami menulis. Kami itu ada di sini dari jam 9 lalu kita berada di sini sampai jam 6 atau jam 7 lalu kami menulis satu harian. Tidak ada mas-mas yang mengirimkan barang,  kita benar-benar fokus, bahkan tidak ada suara anjing. Ini luar biasa. Di situasi yang tidak ada gangguan sama sekali tentu membuat kita menjadi rentan dengan layar penghisap itu.

Ned: Saya benar-benar merasa iri dengan Anda. Saya merupakan seorang penulis dan saya tidak bisa menulis lebih dari beberapa jam setiap harinya tapi Anda bisa menulis satu harian dan itu sangat luar biasa sekali!

Marie: Tahu ngga? Kalau saya sedang bersama dia dan kita akan membahas mengenai hal ini nanti. Ini karena kami sama-sama memiliki tanggung jawab kami pergi keluar dan kami berdua mencari makan siang lalu kami kembali lagi dan kemudian kita mengatakan hal seperti ini, “Yuk kita kerjain lagi!

Ned: Wah keren!

Menolak Halus Permintaan Orang Lain

Marie: Saran yang berikutnya dan yang ini merupakan salah satu favorit saya dimana Anda tahu saya mempunyai cara tersendiri di dalam membahas sesuatu tapi saya suka cara Anda membahasnya yaitu menjawab permintaan seseorang dengan cara..?

Ned: Berkata, "Nanti saya akan menghubungi Anda kembali ya." Atau, "Saya coba pikirkan dulu ya." Karena kebanyakan dari kita mempunyai kecenderungan untuk cepat sekali menjadi baik. Pasti gue kerjain! Pasti gue bantuin loe! Ya, gue pasti datang. Iya, iya dan iya. Dan ini merupakan sesuatu yang baik namun bila kita tidak berhati-hati, ini akan merepotkan kita nantinya karena tahu-tahu kita jadi terlalu mempunyai banyak janji dan komitmen yang membuat kita menjadi kerepotan sendiri pada akhirnya. Kita mengatakan iya untuk terlalu banyak hal. Hal-hal tersebut memang bagus namun kita tidak bisa mengatakan iya ke semuanya. Kalau Anda berkata, “Saya pikirin dulu ya?”, orang bisa mengerti kok. Nanti saya hubungi lagi ya. Biasanya sih yang terjadi mereka akan lupa, namun bila mereka tidak lupa Anda bisa berkata, "Saya sudah memikirkan mengenai hal itu namun sejujurnya saya tidak mempunyai waktu untuk bisa mengerjakan proyek kamu yang luar biasa ini dengan baik.” Anda tidak menghina pekerjaannya, Anda mengatakan bahwa ini merupakan pekerjaan yang bagus tapi saya tidak punya waktu untuk bisa mengerjakannya dengan selayaknya pekerjaan ini diperlakukan. Dan mereka akan berterima kasih kepada Anda. Anda tentunya tidak mau berkomitmen kepada sesuatu yang tidak Anda kerjakan dengan sepenuh hati kan? Beri kesempatan kepada diri Anda sendiri untuk memikirkannya dengan baik atau beli tiket kereta TIDAK.

Marie: Beli tiket first class Anda di kereta TIDAK ya dokter Ned? Tapi cara itu benar-benar berguna sekali ya? Untuk menghilangkan kebiasaan itu kebiasaan dari langsung saja mengiyakan. Jadi hal ini sangat bagus sekali. Kita lanjut ke hal yang berikutnya saat saya pertama kali mendengar Anda berbicara mengenai hal ini di atas panggung, hati saya benar-benar tersentuh. Jangan khawatir sendirian.

Jangan Khawatir Sendirian

Ned: Iya. Sederhana sekali ya 3 kata itu "never worry alone". Hal ini bisa menyelamatkan hidup Anda. Dan ini merupakan sebuah ironi dari kehidupan modern, yaitu bahwa kita sangat terhubung secara elektronik namun seiring dengan terhubungnya kita secara elektronik.. kita memutuskan hubungan interpersonal kita. Jadi orang-orang tidak memiliki afiliasi dan rasa kebersamaan, orang-orang dimana kita bisa bersandar ketika kita mengalami sesuatu. Ada perasaan kesendirian di luaran sana dimana walau dirinya dikelilingi oleh banyak orang tapi dia tetap merasa sendirian. Miliki di otak kalian daftar nama dari orang-orang , orang-orang dimana kalian bisa berkeluh kesah, mengenai uang, hubungan, atau bisnis misalnya. Mereka orang-orang yang berbeda karena keahlian mereka kan beda-beda kalau teman baik kita kan kita bisa berkeluh kesah dan bercerita mengenai apa pun, namun kalau Anda ada masalah dengan keuangan Anda bisa berkeluh kesah dengan orang yang ada di bidang tersebut kalau Anda ada masalah dengan kesehatan, Anda punya dokter. Dan 3 tahap untuk mengatasi kekhawatiran yaitu jangan khawatir sendirian. Dan tahap yang kedua yaitu cari tahu apa penyebabnya karena racun dari kekhawatiran itu biasanya berasal dari informasi yang salah atau kurangnya informasi atau keduanya. Jadi Anda pergi ke orang dimana Anda bisa berkonsultasi dan cari tahu apa penyebab kekhawatiran Anda itu. Dan tahap yang ketiga adalah buatlah rencana. Dan bila rencana tersebut tidak berjalan dengan baik, Anda revisi kembali rencana tersebut. Kalau Anda mempunyai sebuah rencana Anda menjadi lebih mempunyai kontrol dan tidak mudah khawatir. Yang juga membuat Anda menjadi lebih efektif.

3 Tahap Untuk Mengatasi Kekhawatiran

Jadi 3 tahapan itu dimulai dengan jangan khawatir sendirian, cari tahu apa penyebabnya dan buatlah rencana. Namun yang terpenting adalah jangan khawatir sendirian. Kalau kita khawatir sendirian itu rasa khawatirnya akan menjadi racun, Anda membayangkan yang tidak-tidak, Anda membesar-besarkan masalahnya, Anda menjadi merasa ketakutan, Anda mengurung diri, Anda menarik diri dari lingkungan Anda. Kalau Anda khawatirnya bersama-sama dengan orang lain, Anda mencoba mencari solusinya. Dan setelah itu Anda tiba-tiba jadi tertawa berdua dan itu menjadi bukan masalah yang perlu dikhawatirkan lagi. Jadi jangan khawatir sendirian itu benar-benar sangat membantu.

Marie: Dan topik terakhir kita untuk video kali ini adalah “Menanam bunga Lily dan membuang lintah-lintah”.

Membudidayakan Bunga Lily dan Membuang Lintah

Ned: Yang saya maksud dengan bunga Lily di sini adalah orang-orang yang berharga atau pekerjaan yang layak dikerjakan. Mungkin Anda membutuhkan waktu yang lama, membutuhkan usaha yang keras, mungkin akan membuat kita menderita namun ini akan membawa kebaikan untuk Anda nantinya. Tanamlah bunga-bunga Lily! Di kehidupan saya bunga-bunga Lily yang sangat penting bagi saya adalah ketiga anak saya. Mereka menyita banyak perjuangan saya, mereka menyita banyak perhatian dan waktu saya dan juga yang lain.  Tapi mereka ini benar-benar berharga buat saya. Agar Anda mempunyai waktu untuk bunga-bunga Lily Anda ini, Anda harus menghilangkan lintah-lintah yang ada. Yang saya maksud dengan lintah di sini adalah orang-orang yang tidak berharga atau pekerjaan yang tidak layak dikerjakan. Mungkin mereka ini berharga bagi orang lain tapi tidak untuk Anda. Mereka tidak memberikan imbalan yang sesuai dengan apa yang sudah kita keluarkan. Kalian perlu untuk membuang lintah-lintah ini. Ada beberapa lintah yang tidak bisa kalian hilangkan, kalau ibu kalian merupakan lintah misalnya, kalian tidak bisa berbuat apa-apa dalam hal ini. Paling yang Anda bisa lakukan hanya membuat batasan-batasan saja. Namun seringnya kalian bisa menarik diri dari para lintah itu. Orang-orang bergaul dengan para lintah itu karena dua alasan, biasanya karena kita tidak melakukan apa-apa atau karena rasa bersalah. Jangan bergaul dengan mereka. Biar orang lain saja. Anda tidak berhutang apa pun kepada para lintah itu. Untuk terus memberikan kepada mereka darah kehidupan Anda yang begitu berharga. Biar orang lain saja yang melakukannya. Dan mungkin saja orang lain itu bisa menjadi Lily untuk para lintah itu. Jadi sebaiknya Anda menjauhlah dari mereka. Agar Anda mempunyai waktu untuk bunga-bunga Lily itu. Satu hal yang kita perlu berhati-hati mengenai bunga Lily, orang-orang menyukai Anda dan kebanyakan orang-orang yang menonton acara Anda, masalah Anda adalah mungkin Anda mempunyai terlalu banyak bunga Lily.

Marie: Kumpulan bunga-bunga Lily.

Jangan Terlalu Mempunyai Banyak Proyek Dalam Satu Waktu

Ned: Tepat sekali! Dan bila Anda mempunyai terlalu banyak bunga Lily, mereka mempunyai kecenderungan untuk menjadi lintah-lintah kecil. Jadi Anda perlu berhati-hati untuk tidak mempunyai terlalu banyak bunga Lily. Terlalu banyak pekerjaan yang berharga untuk dikerjakan dalam satu waktu jadinya akan mengganggu antara satu sama lainnya dan pada akhirnya tidak ada yang terselesaikan dengan baik. Jadi Anda harus memangkas, memotong dan mengelompokkan hal tersebut untuk dikerjakan nanti saja. Saya akan mengerjakan yang itu setelah saya selesai mengerjakan yang ini. Jadi penting untuk Anda membuat prioritas bunga Lily mana yang akan terlebih dahulu Anda kerjakan. Dan prinsip dasar mengapa orang-orang yang pintar itu berkinerja buruk adalah karena mereka tidak menggunakan kontrol yang mereka punyai. Mereka berpikir bahwa mereka tidak mempunyai kontrol akan hal itu dan ini merupakan contoh yang baik dimana Anda bisa membudidayakan bunga-bunga Lily itu dan membuang lintah-lintah itu.

Marie: Saya suka sekali dengan hal itu. Ini menarik karena Anda membawa kita kembali ke saran Anda yang pertama yang mana itu adalah membuat target, membuat prioritas dan kemudian mengerjakannya. Dokter Ned, ini sangat luar biasa sekali. Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu Anda dari jadwal Anda yang luar biasa sibuk untuk bisa berada di sini. Saya tahu Anda punya banyak buku bagus dan juga praktek yang luar biasa, kita menempatkan semua link yang ada. Kalau Anda ingin mengetahui lebih lagi mengenai dokter Ned, semuanya ada di bawah video ini. Terima kasih sudah bersama kami dokter Ned.

Ned: Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda untuk apa yang sudah Anda lakukan untuk para pengusaha yang bercita-cita tinggi di luaran sana. Anda merupakan sebuah contoh yang luar biasa dari apa yang bisa kita lakukan bila kita berusaha dan menggunakan imajinasi kita untuk hidup di impian kita. Lihat diri Anda! Anda sungguh luar biasa!

Marie: Terima kasih dokter Ned!

Nah seru kan? Semoga teman-teman bisa mendapatkan sesuatu dari video yang sudah saya terjemahkan ini ya. Kalau ada video yang ingin saya terjemahkan ke bahasa Indonesia, silakan komen saja di bagian bawah artikel ini ya. Kalau saya ada waktunya dan sanggup mengerjakannya misalnya, Insya Allah akan saya kerjakan, tapi saya lihat dulu tentunya ya. Sekian dulu artikel mengenai mengapa orang-orang pintar berkinerja buruk ini.

Comments