Skip to main content

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Ular Laut Dengan Bisa Yang Mematikan

Blog Iman Prabawa - Halo teman-teman semuanya, kali ini saya menerjemahkan lagi sebuah video yang menurut saya menarik dari channel youtubenya Blue World TV mengenai ular laut dengan bisa yang mematikan.

Saya embedkan videonya di bawah ini dan jangan lupa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesianya, subtitle bahasa Indonesia yang ada di video ini saya sendiri yang menerjemahkannya. Bisa teman-teman lihat pada screenshot di bawah ini cara mengaktifkan subtitle dan memilih pilihan subtitle bahasa Indonesia.

(belum diupload gambarnya, nunggu terjemahan gue diapprove dulu sama pihak sononya.)

Kalau begitu langsung saja yuk kita tonton videonya di bawah ini.


Nah di bawah ini adalah merupakan hasil terjemahan dari video di atas. Kalau teman-teman lebih suka membaca misalnya bisa membaca di tulisan di bawah ini.

Ular Laut Merupakan Hewan Yang Dikelilingi Oleh Misteri

Halo, saya Jonathan Bird dan selamat datang di dunia saya! Ular laut adalah binatang yang dikelilingi oleh misteri — hanya dikenal karena racunnya yang sangat mematikan. Seberapa berbahayakah makhluk laut ini? Saya berpetualang ke Queensland, Australia dalam sebuah pencarian untuk mempelajari ular laut ini. Di sini, di Great Barrier Reef Australia, ular laut merupakan hal yang umum dan kita akan banyak menemuinya.

Saya langsung terjun ke dalam air, mengambil kamera saya dan berenang ke arah dasar laut. Hari ini saya menyelam di bagian gunung bawah laut kecil yang disebut dengan karang Bommie. Ini merupakan gunung karang yang kecil yang mencuat dari dasar laut tapi tidak sampai menyentuh permukaan laut. Di dekat daerah karang Bommie ini, ribuan ikan kecil memakan plankton yang ada, tapi mereka tetap berada di sekitar daerah karang tersebut, karena mereka sedang diawasi oleh sekelompok ikan yang siap untuk memangsa mereka.

Karang bommie ini tertutupi oleh karang-karang yang masih hidup yang menyediakan banyak celah untuk ikan bersembunyi. Di bagian lain dari karang Bommie ini, sekelompok besar makhlut laut juga sedang mencari sesuatu untuk dimakan dan mereka menjaga jarak yang aman.

Saat saya berenang menuju ke dasar karang, saya tetap mengawasi dengan mata saya bila ada binatang yang terlihat seperti ular. Karang ini terlihat sangat sehat dan ikan spinecheek ini memberikan saya pandangan sekilas dari keamanan tempat ini. Namun saya tetap melihat-lihat ke dasar laut dan setidaknya saya melihat apa yang saya cari, sebuah ular laut olive, jenis ular laut yang sering ditemukan di sekitar Great Barriers Reef. Ular tersebut berenang di dasar dan melakukan apa yang dilakukan oleh makhluk-makhluk lainnya yaitu mencari makan.

Ular Laut Mirip Dengan Ular Darat

Ular laut itu mirip sekali dengan ular darat, bedanya ular laut ini memang sudah tercipta untuk kehidupan di dalam air. Bila seekor ular laut mengeluarkan lidahnya, itu berarti dia sedang berusaha menyingkirkan kelebihan garam yang dikeluarkan oleh kelenjar khusus yang ada di mulutnya. Ular laut ini hidup secara eksklusif di lautan, tetapi karena mereka ini termasuk ke dalam jenis reptil, ginjal mereka tidak dapat mengatasi terlalu banyak garam di dalam darah mereka.

Seekor ular laut itu berenang dengan menggunakan ekor yang berbentuk seperti dayung dan berfungsi seperti sirip pada ikan. Ketika ular laut berenang, mereka ini terlihat seperti belut, bergelombang gerak tubuhnya dan mendapatkan dorongan dari ekornya tersebut. Walaupun ular laut ini senang memakan ikan, belut, dan udang namun ikan-ikan besar yang ada di sini tidak takut dengan keberadaan dari ular laut ini, karena ukuran mereka itu jauh lebih besar dari ukuran si ular laut.

Ular laut ini sedang bergerak ke arah permukaan untuk mengambil napas. Ular laut seperti halnya dengan ular darat, memiliki paru-paru dan perlu untuk bernapas agar bisa tetap hidup. Ular laut ini bisa bertahan tanpa harus ke permukaan untuk mengambil oksigen selama 3 jam. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa ular laut dapat menyerap oksigen yang ada di dalam air langsung melalui kulit mereka dan mungkin karena alasan tersebutlah mereka bisa bertahan begitu lama di dalam air. Setelah sampai di permukaan dan berhasil mengambil oksigen, sang ular laut ini pun kembali menyelam ke dasar laut.

Ular laut ini kemudian mengaduk-aduk, mencari lubang di mana mungkin terdapat ikan atau udang yang bersembunyi di dalamnya. Ular laut ini mirip dengan Cobra kalau dikaitkan dengan ular yang ada di darat, di mana bisa ular laut ini memang mirip dengan bisa ular Cobra namun jauh lebih kuat lagi racunnya. Kalau ular ini menggigit seekor ikan maka racunnya tersebut akan membunuh ikan tersebut dalam hitungan detik.

Istirahatnya Di Dasar Laut

Ular laut ini biasanya beristirahat di dasar laut, tidur sambil menahan napas. Saya menggunakan kesempatan ini untuk berusaha menangkap ular ini. Terlepas dari racunnya yang sangat mematikan, ular laut ini tidaklah termasuk binatang yang agresif dan cenderung pemalu. Walaupun mereka juga tidak begitu senang ditangkap oleh manusia, tapi ular ini tidak berusaha untuk menggigit saya.

Dan ketika saya lepaskan, ular ini langsung begitu saja berenang. Saya menemukan satu lagi ular laut yang lain dan ingin sekali untuk melihat bagian ekornya yang rata. Kamu sudah bebas! Ayo berenang! Walaupun ular laut ini termasuk ular yang bisanya sangat mematikan namun kita jarang sekali digigit oleh ular laut ini.

Ada sekitar 62 spesies dari ular laut yang dikenal saat ini dan mereka hidup di sekitar daerah tropis Indo-Pasifik. Saya pernah menemukan ular laut ini di Philipina. Mereka menyukai air tropis yang hangat karena mereka merupakan hewan yang berdarah dingin, seperti halnya para reptil. Jika airnya terlalu dingin maka mereka jadi lesu dan sulit bergerak.

Jadi apa pun yang kalian pikirkan mengenai ular laut, ulat laut merupakan seekor hewan yang pemalu dan bukan merupakan ancaman besar untuk manusia walau mereka memiliki bisa yang sangat mematikan di dunia.

Nah sekian sharing dari saya mengenai ular laut dengan bisa yang mematikan hasil dari menerjemahkan dari videonya Blue World TV. Kalau teman-teman suka dengan video ini jangan lupa juga subscribe di channel youtubenya Blue World TV. Dan kalau teman-teman ada video yang ingin saya berikan terjemahan bahasa Indonesianya silakan teman-teman bisa memberikan komentar di bawah ini. Kalau saya memang ada waktunya dan sempat dan sanggup melakukannya, Insya Allah akan saya lakukan, tapi kalau saya ternyata tidak sanggup ya berarti tidak saya lakukan.

Comments