Skip to main content

Pengalaman Naik Kapal Roro Dari Batam

Halo semuanya. Kali ini saya mau sharing pengalaman saya naik kapal Roro dari pelabuhan Telaga Punggur Batam ke pelabuhan Bulang Linggi, Tanjung Uban, Pulau Bintan. Karena ini juga pertama kalinya saya naik kapal Roro ini, jadi sekalian saya dokumentasikan juga perjalanan saya dari pulau Batam ke pulau Bintan dengan menggunakan kapal Roro ini.


Nah yang namanya kapal Roro itu kapal yang seperti terlihat pada gambar di atas. Itu kapalnya baru saja merapat dan kemudian nanti setelah kapalnya merapat, kita akan naik kapal tersebut.

Saya juga kebetulan memvideokan pengalaman saya naik kapal Roro ini karena saya ingin tahu berapa lama sih waktunya kalau saya naik kapal Roro dari Batam ke pulau Bintan karena biasanya kalau saya menggunakan kapal speedboat itu memakan waktu kurang lebih sekitar 15 menitan.

Tiket Kapal Roro Untuk naik kapal Roro kita perlu untuk membeli tiketnya terlebih dahulu. Loket tiketnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Kalau kita melihat dari apa yang ter…

Cara Belajar Drum Dengan Cepat

Kali ini saya mau membahas mengenai cara belajar drum dengan cepat, karena saya sangat banyak sekali mendapati pertanyaan seperti ini ditanyakan kepada saya. Biasanya itu ditanyakan oleh orang-orang yang baru saja tertarik untuk belajar drum.

Biasanya pertanyaan mereka itu seperti,
Gimana sih caranya agar bisa cepat bisa main drum?
Atau,
Gimana sih caranya agar bisa cepat jago main drum?
Atau,
Gimana sih caranya agar cepat bisa main drum?
Kata kunci dari semua pertanyaan ini adalah "cepat", gimana secepatnya bisa bermain drum. Mungkin kalau bisa, belajar sekarang, dan besok udah jago.

Oh iya, buat kalian yang lebih suka nonton video ketimbang membaca tulisan, kebetulan saya sudah membuat videonya di mana saya menjelaskan mengenai hal ini. Silakan kalian tonton videonya di bawah ini.


Oke, sekarang akan saya bahas gimana agar kalian bisa cepat bisa drum.

3 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Cepat Bisa

Di sini kita ngomong masalah cepat ya, kalau bisa sekarang belajar dan besok udah bisa sejago George Kollias ya? Cuma kalau seperti ini, ngga mungkin, karena semua butuh proses.

Yang akan saya bahas di sini adalah cara agar kalian bisa lebih cepat dari cara-cara yang biasa.

Ada 3 hal yang harus kalian lakukan, dan ketiganya ini harus kalian lakukan. Kalian tidak bisa hanya melakukan salah satunya saja. Kalau kalian hanya melakukan salah satunya saja, maka kata "cepat" ini akan berganti jadi "lama."

Kalau kalian mau cepat, ya ketiga hal ini harus dilakukan. Harus! Wajib! Kudu!

3 hal tersebut adalah:

  1. Punya guru drum yang bisa mengajarkan kalian dengan cara yang mudah untuk dimengerti.
  2. Punya alat yang mendukung.
  3. Latihan yang banyak.
Saya akan jelaskan satu per satu dari ketiga hal tersebut di atas ya.

Punya Guru Drum Atau Les Drum

Guru drum di sini akan mempercepat prosesnya. Kenapa saya bilang begitu? Karena kalau kalian les drum, dan mendapatkan guru drum yang baik. Guru drum yang baik itu seperti apa sih? Guru drum yang baik itu adalah guru drum yang bisa menjelaskan dengan cara yang mudah untuk dimengerti sehingga kalian akan bisa mengerti lebih cepat apa yang dia sampaikan.

Pada akhirnya ini akan mempersingkat waktu kalian. Coba bayangkan kalau kalian punya guru drum yang ngejelasinnya bikin pusing dan tiap dia jelasin kalian ngga ngerti. Pernah punya pengalaman dengan guru yang seperti itu ngga? Katakanlah misalnya di sekolahan kalian. Pernah dong kalian mendapatkan guru yang seperti itu, lalu karena kalian tidak mengerti, kalian bertanya ke teman kalian.

Eh, loe ngerti ngga apa yang dijelasin sama guru kita ini? Lalu teman kita ngejawab, "Ngga, gue juga ngga ngerti apaan itu."

Kalau guru drum kalian yang seperti itu, mendingan kalian ganti guru drumnya dengan guru drum yang enak ngejelasinnya. Cara penyampaiannya baik sehingga kalian mudah untuk mengerti dan gampang untuk mengerti apa yang dia sampaikan.

Lalu kalau kalian sudah mendapatkan guru drum yang bagus, kalian jangan melakukan kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang les drum ya. Kesalahan apa itu? Kalian bisa tonton video saya di bawah ini di mana saya menjelaskan mengenai kesalahan orang-orang yang les drum.


Kalau kalian les drum tapi kalian persis seperti apa yang saya jelaskan di video di atas, di mana kalian hanya latihan pada saat di tempat les drum saja, dengan alasan bahwa kalian ngga punya drum di rumah sehingga kalian tidak bisa latihan, maka hal ini akan sangat memperlambat kalian untuk bisa cepat bisa.

Ini nanti kita akan masuk ke poin nomor 2 yang mana ini ada hubungannya.

Punya Alat Yang Mendukung

Nah, di poin ini, kalau kalian ingin cepat bisa atau cepat jago main drum maka kalian HARUS punya alat yang mendukung. Apakah harus punya drum? Itu memang lebih baik, tapi kalau kita bicara mengenai drum akustik, ngga semua orang punya rumah yang rumahnya ada di hutan, di mana dia bisa beli drum dan kemudian main drum sepuasnya tanpa ada orang yang merasa terganggu.

Contohnya saya, dulu saya di Jakarta, rumah saya berdekatan dengan rumah tetangga saya, sehingga walaupun saya mempunyai drum akustik, tetap saja drum akustik saya itu tidak bisa saya gunakan karena terlalu berisik dan mengganggu tetangga.

Jadi, alat yang mendukung harus drum kah? Ngga juga! Kalian bisa beli pad drum yang kalian susun menjadi semacam drumset pad. Kalau kalian mau detail mengenai hal ini, kalian bisa membeli e-book drum saya aja, karena di e-book drum saya itu saya jelaskan lebih detail mengenai hal ini.

     Silakan KLIK DI SINI untuk membeli e-book drum saya.

Atau kalian bisa mempunyai peralatan minimal yang bisa kalian gunakan untuk kalian bisa berlatih di rumah, tapi intinya adalah kalian HARUS, WAJIB dan KUDU punya peralatan yang mendukung agar kalian bisa berlatih di rumah.

Kalian mau cepat kan? Kalau kalian mau cepat maka ya mau ngga mau kalian harus menyisihkan uang untuk membeli peralatan yang mendukung. Kalau kalian tidak butuh cepat, ya kalian tidak perlu hal ini.

Santai aja kalau kalian memang tidak ingin buru-buru jadi jago. Toh 20 tahun lagi juga ngga papa kan jadi jagonya? Tapi kalau kalian ingin secepat mungkin jadi jago, seperti yang banyak ditanyakan, maka kalian perlu untuk punya peralatan yang mendukung kalian agar kalian bisa latihan drum.

Latihan Yang Banyak

Nah, peralatan yang mendukung ini kaitannya dengan hal yang ketiga ini. Kalian perlu latihan yang banyak agar kalian bisa cepat jago. 3 hal ini harus kalian lakukan semuanya ya, ngga boleh kalian lakukan hanya satu saja lho.

Kalau kalian hanya lakukan salah satunya saja, maka kata "cepat" langsung berubah jadi "lambat." Boleh ngga kalau saya hanya melakukan salah satunya saja dari ketiga hal tersebut? Boleh saja, tapi ya jangan berharap bisa jadi cepat. Buang jauh-jauh udah bayangan untuk jadi drummer dengan cepat.

Ibarat kalian ke TIKI atau ke JNE atau ke J&T lalu kalian tanya harga pengiriman barang. Kan biasanya di situ ada paket reguler sama paket ekspress kan? Dan harganya beda dong? Paket ekspress itu harganya jauh lebih mahal ketimbang paket reguler.

Terus kalian nanya, "Kalau saya bayar paket reguler tapi saya berharap bisa dikirim cepat, bisa ngga?" Ya ngga mungkin dong?

Begitu juga dengan hal ini. Kalau kalian hanya melakukan salah satunya saja, maka kata cepat akan berubah jadi "cara lambat untuk bisa menguasai drum."

Salah satunya misalnya kalian belajar drum secara otodidak. Secara otodidak kan berarti kalian tidak punya guru drum kan? Nah, kalau ini kalian lakukan, walau kalian melakukan dua hal yang lain seperti kalian punya peralatan yang mendukung dan latihan yang banyak, tetap saja kalian akan lambat bisanya.

Kenapa? Karena kalian tidak punya guru yang bisa memberikan materi kepada kalian secara terstruktur dan bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan kalian dan juga bisa memberitahu apabila yang kalian latih itu tidak efisien dan buang-buang waktu saja.

Waktu kalian akan kalian habiskan dengan mencari materi lewat internet, lalu kalau kalian ada pertanyaan maka kalian akan habis waktunya di situ, bertanya kepada banyak orang dan mencari tahu jawaban atas pertanyaan kalian. Ngga semua orang akan mau menjawab pertanyaan kalian sehingga kalian perlu menunggu dan mencari orang yang mau menjawab pertanyaan kalian tersebut.

Waktu kalian akan habis untuk hal itu sehingga itu tadi, kalian tidak akan cepat menjadi drummer yang bisa bermain bagus.

Sementara buat yang punya guru drum, tapi ngga pernah latihan di rumah, ini juga sama saja. Ini juga akan jadi lama juga, karena latihan merupakan satu kesatuan. Atau kalian latihan tapi ngga punya peralatan yang mendukung.

Kalau kalian ngga punya peralatan yang mendukung, kalian mau latihan di mana coba?? Otomatis ngga akan bisa dong?

Maka dari itu, ketiga hal ini mesti kalian lakukan kalau memang kalian ingin bisa menjadi drummer yang jago dalam waktu yang cepat.

Belajar Otodidak Vs Les Drum

Nah, ini yang menjadi perdebatan banyak orang. Mana sih yang lebih bagus? Dua-duanya bagus, dan yang membedakannya cuma masalah waktu saja. Sudah saya jelaskan di atas, kalau kalian mau cepat, maka 3 hal di atas harus kalian lakukan kesemuanya.

Kalau kalian belajar secara otodidak, maka waktu kalian akan banyak dibuang untuk mencari materi dan mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika kalian berlatih. Pasti akan ada saatnya kalian akan bertanya dan karena kalian tidak punya guru drum maka kalian akan sibuk mencari orang yang bisa menjawab pertanyaan kalian tersebut dan pada akhirnya hal ini akan membuat kalian lama untuk menjadi drummer yang bagus.

Sementara kalau kalian les drum, kalau kalian ingin cepat, maka kalian harus melakukan dua hal yang lainnya yaitu punya peralatan yang mendukung dan latihan yang banyak. Kalau itu yang kalian lakukan maka belajar drum secara otodidak akan kalah secara waktu.

Beda antara belajar drum secara otodidak dengan belajar drum dengan les drum hanya di masalah waktu saja. Bagusnya sama aja. Jadi, ini jadi pilihan, sama kaya kalian ke TIKI atau JNE, lalu kalian bertanya, paket reguler sama paket ekspress itu bagusan mana sih?

Ya, sama aja bagusnya, cuma paket ekspress sampainya jauh lebih cepat ketimbang paket yang reguler. Hasil akhirnya sama, cuma yang satu lebih cepat sampainya.

Begitu juga di drum, hasil akhirnya sama, cuma belajar dengan punya guru drum dan juga punya peralatan drum dan latihan yang banyak akan jauh lebih cepat ketimbang belajar drum secara otodidak, punya peralatan yang mendukung dan latihan yang banyak.

Belajar drum secara otodidak untuk mencapai level tertentu butuh waktu 4 tahun misalnya, sementara kalau kalian les drum maka kalian hanya butuh waktu 2 tahun saja. Lumayan kan menghemat setengahnya? Tapi hasil akhirnya sama, tetap sampai juga ke level itu, cuma yang satu sampainya jauh lebih cepat.

Gitu aja sih. Jadi, kalian mau cepat atau mau lambat nih? Mau cepat jadi drummer jago atau mau lambat aja jadi drummer jagonya? Mau jadi drummer jago dalam 2 tahun atau mau jadi drummer jago dalam 20 tahun? Silakan pada akhirnya kalian yang memilih. Salam drummer!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh.

Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik.

Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget di badan saya, jadi …

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim.
Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya.
Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi.
Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya. Akhirnya ngga…

Kasur Angin Mudah Bocor?

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing pengalaman saya membeli kasur angin belum lama ini. Memang kasur angin itu mudah bocor ya? Nah untuk hal ini saya juga baru tahu, sekalian saya ingin sharing pengalaman saya, mungkin teman-teman yang lain ada yang mengalami hal yang lain? Silakan sharing di bagian komen jadi kita bisa saling tahu juga.

Pengalaman Membeli Kasur Angin Selama ini saya di kamar saya menggunakan sofa yang bisa dirubah menjadi tempat tidur. Dan lumayan bisa digunakan hingga sampai saya mengalami kecelakaan dan tangan saya patah. Kemudian saya harus dioperasi dan dipasang pen di tangan sebelah kanan saya.

Setelah seminggu saya dirawat di rumah sakit, ketika saya pulang dan mulai tidur di kamar saya itu, di kasur sofa itu baru saya merasakan masalah. Kasur itu menjadi tidak enak, mungkin karena tangan saya sakit ya? Darisitu kemudian saya jadi mikir untuk membeli kasur yang kecil aja, sofa itu menjadi tidak enak karena sambungannya sudah tidak bagus dan itu kerasa…