Review Mikrofon Headset TOA ZM-370HS-AS

Pengalaman Naik Kapal Roro Dari Batam

Halo semuanya. Kali ini saya mau sharing pengalaman saya naik kapal Roro dari pelabuhan Telaga Punggur Batam ke pelabuhan Bulang Linggi, Tanjung Uban, Pulau Bintan. Karena ini juga pertama kalinya saya naik kapal Roro ini, jadi sekalian saya dokumentasikan juga perjalanan saya dari pulau Batam ke pulau Bintan dengan menggunakan kapal Roro ini.

Pengalaman Naik Kapal Roro Dari Batam

Nah yang namanya kapal Roro itu kapal yang seperti terlihat pada gambar di atas. Itu kapalnya baru saja merapat dan kemudian nanti setelah kapalnya merapat, kita akan naik kapal tersebut.

Saya juga kebetulan memvideokan pengalaman saya naik kapal Roro ini karena saya ingin tahu berapa lama sih waktunya kalau saya naik kapal Roro dari Batam ke pulau Bintan karena biasanya kalau saya menggunakan kapal speedboat itu memakan waktu kurang lebih sekitar 15 menitan.

Tiket Kapal Roro

Untuk naik kapal Roro kita perlu untuk membeli tiketnya terlebih dahulu. Loket tiketnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Loket Tiket Kapal Roro

Kalau kita melihat dari apa yang tertera di situ, kita perlu menyiapkan KTP atau SIM, tapi saat saya membeli tiket di loketnya sih, ternyata ngga diminta KTP atau SIM. Mereka hanya menanyakan siapa nama kita dan kemudian kita tinggal membayar harga tiketnya saja.

KTP dan SIM Untuk Naik Kapal Roro

Untuk harga tiketnya, di loketnya tersebut tertulis dengan jelas dan besar harga tiketnya seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Harga Tiket Kapal Roro

Dan setelah kita membeli tiketnya, nanti kita akan diberikan tiket yang di tiket tersebut tertulis nama kita, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Bukti Tiket Kapal Roro

Kalau tidak salah saya bertanya jadwal paling paginya itu jam 8 pagi dari Batam menuju Bintan, sementara jadwal terakhirnya adalah jam 5 sore. Kebetulan ini saya naik kapal Roro yang terakhir, saya berangkat jam 5 sore.

Menunggu Kapal Roro Datang

Nah setelah membeli tiket kapal Roro tersebut, kita bisa menunggu di ruang tunggunya. Tertulis ruang tunggu di situ seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Ruang Tunggu Kapal Roro

Suasana di dalam ruang tunggunya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Suasana Ruang Tunggu Kapal Roro

Di situ juga ada WCnya, jadi kalau ingin ke toilet, ada di dekat situ dan kita bisa menunggu kapal Roro datang sambil duduk di situ nonton TV yang ada di situ.

Naik kapal Roro ini kita bisa juga membawa kendaraan, entah itu membawa motor atau membawa mobil, tapi tentunya tiketnya berbeda antara kalau kita naik sendirian dengan kalau kita membawa kendaraan.

     Baca juga: Cara Membawa Sepeda di Pesawat Terbang

Saya kebetulan tidak bertanya mengenai berapa harga tiket kalau naik motor, tapi kalau tidak salah sekitar Rp 50ribu sudah termasuk kita sebagai pengendaranya. Kalau tidak salah ya, mungkin aja saya salah karena saya tidak bertanya di sana dan kalau membawa mobil kalau tidak salah biayanya sekitar Rp250ribu, tapi untuk jelasnya lebih baik ditanyakan langsung sih.

Saya kali ini berangkat tidak membawa kendaraan, jadi ongkos yang saya tahu hanyalah ongkos kalau kita berangkat sendirian tanpa menggunakan kendaraan.

Kalau membawa kendaraan kita nunggunya di atas kendaraan kita seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Bawa Kendaraan Di Kapal Roro

Lalu pemandangan di sekitar pelabuhan Telaga Punggur ini buat yang mau naik kapal Roro adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Suasana Yang Naik Kapal Roro

Juga foto yang ini.

Suasana Di Pelabuhan Telaga Punggur

Setelah menunggu nanti kalau kapal Roronya sudah datang, kita bisa menyerahkan tiket kita dan bersiap untuk naik ke atas kapal Roronya.

Ini foto berikut adalah saat kapal Roronya sudah datang dan tinggal merapat. Kita tinggal menunggu sebentar sampai kapal Roronya merapat, baru kemudian kita naik ke atas kapal Roro tersebut.

Menunggu Kapal Roro Merapat 01

Juga foto yang ini.

Menunggu Kapal Roro Merapat 02

Setelah kapal Roronya merapat, kita tinggal naik saja ke atasnya dan penampakan kursi untuk kita duduk adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Kursi Di Kapal Roro

Dan untuk kendaraan seperti mobil dan motor letaknya adalah di bagian bawahnya. Seperti ini pemandangannya kalau dilihat dari atas di tempat di mana saya duduk.

Pemandangan Dari Tempat Duduk Roro

Nah seperti itu dan kebetulan saya saat naik kapal Roro itu membuat video sepanjang saya naik kapal Roro tersebut karena penasaran berapa lama sih kalau naik kapal Roro. Kalau naik kapal speedboat dari pelabuhan Telaga Punggur Batam ke pelabuhan Bulang Linggi Bintan memakan waktu sekitar 15 menitan.

Video Naik Kapal Roro Dari Batam ke Bintan

Nah mari kita lihat video di bawah ini. Saya jujur ngerasa cukup pegel juga memvideokan ini karena durasinya yang cukup lama.


Jadi, ternyata kalau naik kapal Roro dari Batam ke Bintan itu memakan waktu 1 jam lebih sedikit. Sangat beda jauh dengan kalau kita naik kapal speedboat. Jadi, buat kalian yang butuh waktu cepat, mendingan naik kapal speedboat, tapi buat kalian yang membawa motor dan mobil ya pilihannya adalah dengan menggunakan kapal Roro kalau memang ingin menggunakan motor dan mobil nantinya di Batam atau di Bintan.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai pengalaman naik kapal Roro dari Batam ke Bintan ini ya. Semoga bermanfaat.

Comments