Review Mikrofon Headset TOA ZM-370HS-AS

Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Hari 01

Ini merupakan dokumentasi pribadi saya di dalam saya latihan pronunciation Bahasa Inggris. Kebetulan saya memilih untuk melatih aksen Amerika karena ngga tahu kenapa, saya lebih suka mendengar aksen Amerika ketimbang aksen Bahasa Inggris yang lain.

Saya rasa sih ini merupakan selera pribadi saya aja. Kalau kalian lebih suka aksen yang lain selain Amerika, misalnya aksen British atau aksen Australia, silakan aja.

Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Hari 01

Dan ini saya mendokumentasikan kegiatan saya setiap hari latihan dengan membaca buku selama 30 menit untuk melihat kemampuan saya untuk bisa bertahan membaca buku dalam Bahasa Inggris non stop selama 30 menit.

Cara Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Kalau kalian mau melatih pronunciation Bahasa Inggris, saran saya adalah kalian melatihnya dengan menggunakan audio book.

Buat kalian yang ngga tahu apa itu audio book, audio book adalah buku yang dibacakan oleh orang. Tentunya yang membacakan bukunya adalah para native English speakers. Punya audio book dan punya versi tertulisnya, jadi kalian bisa membaca dan mendengar secara langsung.

Ketika kalian mencoba membaca, kalian bisa mendengar audio yang dibacakan oleh si native English speaker tersebut sehingga kalian bisa tahu apakah yang kalian baca itu benar atau ngga. Jangan hanya membaca tanpa tahu yang benarnya itu seperti apa.

Itulah dengan kalian memiliki audio book seperti itu, kalian bisa berlatih sendiri. Berlatih membaca dan kemudian coba kalian rekam dengan menggunakan handphone, kalau kalian punya microphone akan lebih bagus karena hasilnya bisa lebih detail kalau menggunakan microphone sehingga kalian bisa menganalisa dan membandingkan hasil kalian membaca dengan audio yang dibacakan oleh native English speaker, dan kalian bisa membandingkan sendiri apakah pronunciation kalian sudah dapat atau belum.

Kalau belum? Ya, berarti kalian harus terus latihan dan latihan dan latihan, dan itulah mengapa saya membuat dokumentasi seperti ini, supaya saya bisa melihat dan mengetahui perjalanan saya di dalam latihan.

Karena kalau kalian tidak dokumentasikan, mungkin kalian akan merasa frustasi karena kalian tidak merasa ada peningkatan dari pengucapan kalian, tapi kalau kalian dokumentasikan, kalian bisa mendengar hasil dari pertama kali kalian latihan dengan yang terakhir kalian latihan, sehingga kalian bisa mendengar sendiri, apakah memang benar tidak ada peningkatannya.

Dengan adanya dokumentasi seperti itu, kan jadi lebih bisa dilihat apakah ada peningkatannya atau tidak.

Audio Hasil Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Hari 01

Nah, seperti inilah hasilnya untuk latihan hari pertama saya. Berarti besok, Insya Allah, akan saya upload lagi yang baru hasil saya latihan membaca.

Seperti berikut ini hasil rekaman yang saya rekam ketika saya membaca selama kurang lebih 30 menit.


Nah, jadi sekian dulu dokumentasi saya untuk hari ini, dan ini sebenarnya lebih untuk saya dengar sendiri aja sih, jadi saya bisa mengetahui perkembangan saya juga di dalam melatih aksen Bahasa Inggris saya.

Comments