Skip to main content

Cara Memilih Stick Drum Yang Bagus

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya akan membahas mengenai cara memilih stick drum yang bagus. Kalian tahu ngga? Stick drum yang bagus dan harganya mahal itu belum tentu cocok lho buat kita. Terus gimana cara agar kita bisa memilih stick drum yang bagus dan cocok buat kita? Cara memilih stick drum yang bagus dan cocok untuk kita adalah dengan mencobanya secara langsung sehingga kita akan tahu apakah stick drum itu akan nyaman di tangan kita atau tidak. Berikut ini mari kita bahas hal-hal yang perlu kalian ketahui saat kalian memilih stick drum agar nanti kalian tidak bingung ketika memilih stick drum. Merek Stick Drum Yang Bagus Kalau kita berbicara mengenai merek stick drum yang bagus, maka ada beberapa merek stick drum yang perlu kalian ketahui. Merek-merek stick drum yang terbilang bagus antara lain: Vic Firth Zildjian Promark Vater Regal Tip Wincent Tama Ahead Heartbeat  Meinl Urutan angka di atas BUKANLAH merupakan urutan terbaiknya lho,

Cara Memilih Stick Drum Yang Bagus

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya akan membahas mengenai cara memilih stick drum yang bagus. Kalian tahu ngga? Stick drum yang bagus dan harganya mahal itu belum tentu cocok lho buat kita.

Cara Memilih Stick Drum Yang Bagus

Terus gimana cara agar kita bisa memilih stick drum yang bagus dan cocok buat kita? Cara memilih stick drum yang bagus dan cocok untuk kita adalah dengan mencobanya secara langsung sehingga kita akan tahu apakah stick drum itu akan nyaman di tangan kita atau tidak.

Berikut ini mari kita bahas hal-hal yang perlu kalian ketahui saat kalian memilih stick drum agar nanti kalian tidak bingung ketika memilih stick drum.


Merek Stick Drum Yang Bagus

Kalau kita berbicara mengenai merek stick drum yang bagus, maka ada beberapa merek stick drum yang perlu kalian ketahui. Merek-merek stick drum yang terbilang bagus antara lain:

  1. Vic Firth
  2. Zildjian
  3. Promark
  4. Vater
  5. Regal Tip
  6. Wincent
  7. Tama
  8. Ahead
  9. Heartbeat 
  10. Meinl
Urutan angka di atas BUKANLAH merupakan urutan terbaiknya lho, maksudnya Vic Firth ada di nomor satu bukan karena Vic Firth adalah yang nomor satu atau yang terbaik dan kemudian stick drum Zildjian di peringkat keduanya. Bukan seperti itu, saya hanya menuliskannya saja berdasar yang pertama saya ingat saja, jadi urutan di atas bukan urutan kualitasnnya ya.

Semua merek di atas bagus, tinggal selanjutnya kalian perlu menentukan sendiri stick drum yang mana yang cocok untuk tangan kalian. Merek di atas itu sejauh ini adalah yang saya ingat, mungkin masih ada merek lain yang terlupakan oleh saya, silakan buat kalian yang tahu, komen aja di bagian komen di artikel ini ya.

Ukuran Stick Drum

Ukuran stick yang umum kalian temui di Indonesia yaitu ukuran 2, 5 dan 7. Kalian akan melihat ada stick bertuliskan 2B seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini misalnya.

Stick Ukuran 2B

Ukuran 2 itu lebih besar dari ukuran 5 dan ukuran 7. Jadi, semakin kecil angkanya maka sticknya akan semakin besar. Ukuran 5 lebih besar daripada ukuran 7.

Oh iya, di gambar tersebut stick merek Goodwood ada tulisan by Vater, itu artinya stick Goodwood ini diproduksi oleh Vater stick tapi merek Goodwood ini versi murahnya. Kalau stick Vater harganya misalnya 200ribuan, maka stick Goodwood ini harganya 90ribuan, setengah harga dari harga stick Vater.

Lalu ada huruf A dan huruf B, apa maksudnya itu? Huruf A itu sedikit lebih kecil dan lebih ringan dari huruf B. Mari kita lihat pada gambar di bawah ini.

Stick Ukuran 5A dan 5B

Kedua stick drum di atas sama-sama ukurannya 5, tapi stick yang ukuran 5A terasa lebih ringan dan lebih kecil sedikit dibandingkan dengan stick drum yang ukurannya 5B.

Kalau untuk stick marching band, biasanya di stick drum tersebut tertulis seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Stick Marching

Biasanya stick untuk marching band itu ukurannya jauh lebih besar daripada stick untuk kita bermain drum. Stick untuk bermain drum yang paling besar itu 2B dan yang saya rasakan stick marching itu lebih besar dari stick ukuran 2B.

Kalau kalian penasaran, cobain beli aja, biasanya tertulis di stick drumnya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Stick untuk marching band itu biasanya selain diameternya yang besar, untuk beratnya juga jauh lebih berat ketimbang stick yang untuk bermain di drumset.

Kayu Yang Umum Digunakan

Kayu yang umum digunakan di stick drum adalah kayu Hickory, Maple, Oak. Kita lihat pada gambar di bawah ini. Ini adalah stick Promark Firegrain.

Stick Promark Firegrain

Kayu yang digunakan oleh stick Promark Firegrain ini kalau menurut websitenya D'addario yang merupakan induk perusahaan dari stick Promark ini merupakan kayu Hickory yang melalui proses dibakar, sehingga memang sticknya terlihat seperti kayu yang habis dibakar.

Stick Hickory ini merupakan stick yang paling umum kalian temui di stick-stick bagus seperti yang sudah kalian lihat pada gambar-gambar di atas, rata-rata kayunya adalah Hickory. Kita bisa lihat pada gambar stick Zildjian di bawah ini juga.

Stick Zildjian Hickory

Ada tulisan "Select Hickory" pada gambar di atas kan? Itu artinya stick Zildjian tersebut dibuat dari kayu Hickory pilihan. 

Kayu Hickory yang saya rasakan jauh lebih berat daripada kayu Maple. Kalau kalian suka stick berdiameter yang besar tapi ingin sticknya ringan dan ngga berat, maka kalian bisa membeli stick drum yang terbuat dari kayu Maple karena stick drum yang terbuat dari kayu Maple biasanya walau diameternya besar tapi tetap terasa ringan di tangan kita.

Sementara kalau kayu Oak sama juga seperti kayu Hickory beratnya tapi yang saya rasakan kayu Oak itu rasanya jauh lebih keras ketimbang kayu Hickory. Saya sendiri kurang terlalu suka stick drum yang terbuat dari kayu Oak karena agak sakit di telinga saya kalau saya bermain rimshot ketika memukul snare drum. Ini kembali masalah selera lho.

Tapi kayu yang umum digunakan untuk stick drum memang rata-rata terbuat dari kayu Hickory.

Gimana Cara Memilih Stick Drum Yang Cocok Untuk Kita

Cara memilih stick drum yang cocok adalah dengan langsung mencobanya. Kebetulan saya sudah membuat video di youtube channel saya di mana saya menjelaskan mengenai hal ini, gimana cara kita bisa mencobanya.

Silakan kalian bisa menonton videonya di bawah ini.


Seperti itu cara mencobanya kalau di toko musik tempat kalian membeli tidak disediakan pad drum untuk kita mencoba. Saran saya sih memang kalau kita ingin menemukan stick drum yang cocok maka kita harus mencobanya.

Kalau kalian mengerti Bahasa Inggris, ada nih video yang bagus dari Drumeo yang juga membahas mengenai stick drum. Saya embedkan juga di bawah ini ya videonya, tapi berbahasa Inggris dan tidak ada terjemahan Bahasa Indonesianya lho.


Membeli dan menemukan stick drum yang cocok untuk tangan kita itu mirip seperti kita membeli baju atau sepatu. Kita harus mencobanya untuk tahu apakah sepatu dan baju tersebut akan nyaman kita gunakan atau tidak dan kalau kalian sudah menemukan stick drum yang bagus dan cocok untuk kalian gunakan maka selanjutnya kalian bisa membeli melalui online karena kalian sudah tahu tipe yang mana yang cocok untuk tangan kalian.

Ingat! Stick drum yang bagus belum tentu cocok di tangan kalian! Itulah mengapa kalian harus mencobanya secara langsung agar kalian mengetahui apakah stick drum yang bagus tersebut akan cocok di tangan kalian.

Cara Membedakan Stick Yang Asli Dengan Yang Palsu

Stick drum untuk merek-merek yang saya sebutkan di atas itu, palsuannya dapat dengan mudah kalian temui. Lalu gimana cara kita bisa membedakannya? Kalau kalian memang masih baru sekali maka akan sulit untuk kalian mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu.

Jadi, kalau kalian memang masih sangat baru sekali, saran saya adalah membeli stick drum di tempat-tempat yang pasti menjual stick drum yang asli seperti misalnya di Drumminded. Mereka ini aktif di Instagram mereka, kalian cari aja di Instagram atau cari di Google maka kalian akan dengan mudah menemukan Drumminded ini.

Atau kalian bisa juga membeli di Bhinneka.com atau di Hari Hari Musik. Hari Hari Musik setahu saya punya tokopedia yang namanya adalah Daily Music Store. Kalian juga bisa membeli di Chic's Musik, tokopedianya itu Chics Musik Store. Kalian juga bisa membeli di MG Music, juga ada tokopedianya.

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai cara memilih stick drum yang bagus, kalau kalian ada yang bingung dan ingin ditanyakan, silakan komen aja di bagian komen yang terdapat di bagian bawah dari artikel ini. Kalau saya sempat, Insya Allah saya akan membalas pertanyaan dari kalian. Terima kasih dan sampai ketemu lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Kasur Busa Inoac

Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman menggunakan kasur busa Inoac, yap! Untuk teman-teman yang pernah membaca tulisan saya "Kasur Angin Mudah Bocor?" tentu tahu saya akhirnya tidak lagi menggunakan kasur angin walau pun itu kasur menurut saya nyaman sekali digunakan, tapi karena kasurnya bocor dan ternyata banyak yang sudah mengalami juga kasur anginnya mengalami kebocoran, jadi saya sudah tidak menggunakan kasur angin lagi deh. Search Kasur Busa Di Internet Karena mengalami kasur angin yang bocor dan di kamar saya ngga ada kasur lagi yang bisa digunakan jadi kemudian saya search aja mencari kasur yang bisa saya gunakan. Untuk menggunakan kasur spring bed seperti itu sepertinya ngga deh, pilihan saya ngga di kasur spring bed, karena tempat dari kamar saya kayanya ngga pas dipakein kasur tersebut disamping keuangan saya juga yang lagi kurang baik. Karena kalau kasur spring bed yang ngga bagus saya pernah nyoba, dimana pernya kerasa banget di badan saya,

Beli Plastik Bubble Dimana Ya?

Blog Iman Prabawa - Mungkin ada teman-teman juga yang bertanya hal yang sama dengan saya, yaitu beli plastik bubble dimana ya? Apa sih plastik buble itu? Itu lho plastik yang ada gelembungnya gitu. Yang biasanya buat pelindung barang kalau kita mau ngirim-ngirim. Atau biasanya kalau kita beli barang dan dikirim suka dibungkus dengan plastik bubble kaya gitu. Tadi kebetulan saya ingin ngirim barang, jadi kepikiran banget untuk mendadak banget beli plastik bubble. Nah langsung aja saya search di google ternyata ada yang nyari juga ya. Tapi kebanyakan yang jual, dan karena saya butuh cepat yang saat itu ada, saya hanya melihat ada yang posting ngga mengenai hal ini, saya lihat salah satunya ada yang bilang di pasar Mester daerah Jatinegara. Tapi karena buat saya juga terlalu jauh saya search lagi. Dan ngga nemu juga! Akhirnya saya iseng ke ACE Hardware yang ada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih. Sesampainya disana saya muter-muter dulu sebelum nanya ke petugasnya.

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini. Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini. Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini. Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali di