Contoh Penggunaan Duh

Di artikel ini kita akan melihat contoh-contoh dari penggunaan kata [duh] di dalam Bahasa Inggris dari beberapa cuplikan adegan film dan contoh-contoh yang lain agar kita bisa tahu bagaimana menggunakan kata [duh] ketika kita menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh Penggunaan Duh

Di contoh-contoh cuplikan adegan ini saya tidak menyertakan percakapan yang terjadi di cuplikan adegan yang akan kita tonton ini dan kalau kalian ingin mendapatkan yang ada versi percakapan beserta terjemahan Bahasa Indonesianya, kalian bisa membaca di artikel saya yang ada di blog saya yang lain yaitu teacheriman.com

     Baca juga: Contoh Penggunaan What the Hell

Kalau begitu yuk langsung saja kita lihat contoh-contoh dari penggunaan [duh] oleh para native English speakers.


Pengertian Duh Bahasa Inggris

Kata [duh] itu biasanya diucapkan untuk merespons pertanyaan yang jawabannya itu udah pasti atau jawabannya hampir semua orang pasti udah tahu. Bisa juga digunakan untuk merespons kebodohan kita sendiri ketika kita menanyakan sesuatu yang jawabannya udah jelas dan ketahuan banget.

Detailnya nanti kita akan lihat pada cuplikan adegan yang saya sertakan di sini. 

Kebetulan kemarin saya melihat di Hello Talk ada yang menjelaskan mengenai berbagai kata yang mempunyai arti [iya] di dalam Bahasa Inggris. Ini mari kita lihat screenshot di bawah ini.

Berbagai Iya Di Dalam Bahasa Inggris

Lalu kemudian di situ saya bertanya apakah [duh] ini bisa mempunyai arti [iya] juga di dalam Bahasa Inggris. Lalu kemudian dia menjawab pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Duh

Dia bilang di situ,
Duh is a little rude. It means "obviously yes."
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kira-kira terjemahannya seperti ini.
Kata 'duh' itu agak kasar. Artinya adalah 'udah pasti iya.'
Kalau orang Indonesia biasanya ngomong kaya,
Ya iyalah, udah pasti!
Atau cuma bilang,
Iye!
Tapi sambil kaya nyengir gitu karena ya udah pastilah, udah semua orang tahu juga. Ini ngapain lagi mesti ditanyain atau dibahas? Ah elah! Gitu kurang lebih.

Berikutnya, langsung aja yuk kita tonton cuplikan adegan-adegan dari film di mana diucapkan kata duh ini biar kita bisa melihat kata duh itu digunakan di situasi yang seperti apa saja sih.


Contoh-contoh Penggunaan Duh

Contoh yang pertama, saya ambil dari film The Good Place, Season 2 Episode 1 (2016). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Film The Good Place ini merupakan film komedi, di film ini ceritanya mengenai orang-orang yang sudah meninggal lalu kemudian mereka akan masuk ke Good Place atau ke Bad Place.

Nah, di adegan ini, ceritanya si Eleanor ini baru saja meninggal dunia dan kemudian dia masuk ke Good Place dan karena dia masih baru di situ, dia keluar keliling-keliling lingkungan rumahnya untuk mengetahui dan kenal lebih jauh mengenai lingkungan barunya di Good Place itu.

Terus dia ketemu dengan tetangganya dan kemudian dia bertanya apakah di Good Place ini ada buku telpon karena kalau ada, dia ingin tahu dan mungkin dia akan telpon nomor telpon yang ada di situ untuk lebih mengenal lingkungan barunya itu dan lebih kenal dengan tetangga-tetangganya di situ.

Lalu tetangganya itu bilang kalau di Good Place itu ngga ada telpon, ada kaget juga si Eleanor dengarnya bahwa di sini ngga ada telpon sama sekali tapi kemudian dia nyadar, buat apa juga telpon, kan di sini orang-orang udah pada mati juga, ngga butuh telpon lagi. Cara berhubungannya udah ngga pake telpon juga, jadi telpon itu udah ngga dibutuhin lagi di tempat barunya dia ini.

Makanya kemudian dia bilang,

Of course. Duh!

Yang di sini maksudnya kaya [ya ampun, gue ngapain nanya juga ya?] kurang lebih seperti itu. Dia kemudian nyadar setelah dia nanya itu bahwa pertanyaan dia itu ya udah jelas banget jawabannya bahwa orang-orang di sini itu sama sekali ngga butuh telpon.

     Baca juga: Contoh Penggunaan Kick Ass

Contoh yang kedua, saya ambil dari film Graceland, Season 1 Episode 3 (2013). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Di cuplikan adegan ini, si Lauren bilang kalau Kusmanov pingin si Donnie mati, dan kemudian reaksi si Paul saat dengar hal itu, dia bilang,
Well, duh! We arrested his brother.
Yang artinya di sini dia pingin bilang bahwa,
Ya udah jelas banget kali si Kusmanov pingin si Donnie mati wong kita kan udah nangkep saudaranya dia. Ya itu mah udah pasti kali!
Nah, jadi penggunaan kata [duh] itu untuk merespons pernyataan dari si Lauren yang mengatakan sesuatu yang sudah pasti akan terjadi seperti itu karena alasannya juga udah sangat jelas.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu artikel dari contoh-contoh penggunaan kata [duh] di dalam Bahasa Inggris ini dan kalau nanti saya menemukan cuplikan adegan yang lain di mana diucapkan kata [duh], Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel saya dan sampai ketemu lagi. Bye now.

Comments