Monday, December 21, 2015

Kasur Angin Mudah Bocor?

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing pengalaman saya membeli kasur angin belum lama ini. Memang kasur angin itu mudah bocor ya? Nah untuk hal ini saya juga baru tahu, sekalian saya ingin sharing pengalaman saya, mungkin teman-teman yang lain ada yang mengalami hal yang lain? Silakan sharing di bagian komen jadi kita bisa saling tahu juga.

Pengalaman Membeli Kasur Angin

Selama ini saya di kamar saya menggunakan sofa yang bisa dirubah menjadi tempat tidur. Dan lumayan bisa digunakan hingga sampai saya mengalami kecelakaan dan tangan saya patah. Kemudian saya harus dioperasi dan dipasang pen di tangan sebelah kanan saya.

Setelah seminggu saya dirawat di rumah sakit, ketika saya pulang dan mulai tidur di kamar saya itu, di kasur sofa itu baru saya merasakan masalah. Kasur itu menjadi tidak enak, mungkin karena tangan saya sakit ya? Darisitu kemudian saya jadi mikir untuk membeli kasur yang kecil aja, sofa itu menjadi tidak enak karena sambungannya sudah tidak bagus dan itu kerasa banget di badan saya. Yang biasanya tidak terlalu kerasa sekarang jadi terasa.



Kemudian saya iseng main ke Ace Hardware, biasanya memang saya suka iseng lihat-lihat barang di Ace Hardware dan kadang membeli barang yang tidak seharusnya dibeli. Saya suka aja seperti itu, melihat sesuatu, dan kemudian saya terlintas di pikiran saya, "Ah ini barang bisa digunakan untuk ini nih! Seru nih!" Lalu saya beli, makanya kalau saya ke Ace Hardware terus ditanya nyari apa, saya bingung, karena seringkali saya hanya muter-muter lihat-lihat barang dan tiba-tiba begitu terpikir suatu barang yang bisa digunakan untuk apa kemudian saya beli.

Nah pas saya muter-muter saya menemukan kasur yang bisa dipompa. Wah ini apaan nih?? Jujur saya sendiri baru tahu. Saya perhatikan mereknya Bestway, kasur yang bisa dipompa. Seru juga nih sepertinya, mungkin saya bisa gunakan untuk mengganti kasur sofa saya untuk saya tidur, pikir saya. Lalu kemudian saya bertanya sama petugas Ace Hardwarenya sebelum saya membeli, tanya dulu sehingga saya tahu cara penggunaannya dan memang benar peruntukannya untuk tidur. Karena saya sendiri jujur aja baru tahu ada yang namanya kasur angin.

Selama ini saya tahunya cuma perahu karet yang diisi dengan angin. Hihihi kriuk kriuk. Saya lihat harganya 199ribu, untuk yang ukuran single bed, 185 x 79 x 22cm. Ada juga yang ukuran double, tapi saya pikir saya butuhnya hanya saya sendiri jadi cukup nih yang ukuran ini. Terus saya nanya ini mompanya gimana? Kalau pake pompa sepeda bisa ngga? Lalu saya melihat ada pompa listrik disitu, jadi saya sekalian aja beli pompanya. Kalau tidak salah harga pompanya itu 135ribu.

Ah saya pikir cobain deh beli, mungkin ini asik nih buat tidur.

Kasur Bestway Nyaman Digunakan

Saya beli dan kemudian saya bawa pulang. Sampai di rumah langsung saya buka dan mulai memompa kasur tersebut, hingga bisa digunakan. Kita lihat penampakan dari kasur angin merek Bestway ini di kamar saya,

Kasur Angin Mudah Bocor

Seperti itu penampakan dari kasur angin Bestway yang saya beli di Ace Hardware itu. Di atas dari kasur itu terlihat pompa listriknya. Bentuk pompa listriknya kalau dilihat dari dekat terlihat seperti berikut ini,

Pompa Udara Elektrik

Dan ini kalau kita lihat dari tampak dekat kasur angin Bestway-nya,


Kasur Angin Bestway

Kemudian saya gunakan, saya coba tidur, dan saya jujur suka banget sama kasur ini!! Karena ternyata memang nyaman sekali. Biasanya kalau saya tidur di kasur yang nyaman saya jadi malas bangun. Ada bagus dan ada tidak bagusnya sih sebuah kasur yang bagus itu.

Kasur yang nyaman itu yang saya rasakan berdasarkan pengalaman saya, kalau kita bangun, pasti kita jadi malas bangun. Ah ntar dulu deh, masih ngantuk dan karena nyaman itu kasur, akhirnya kita tertidur lagi dan walhasil pekerjaan kita bisa jadi telat, sementara kalau kasur yang tidak terlalu nyaman biasanya saya begitu bangun langsung bangun ngga merasa ah ntar dulu ah. Teman-teman juga merasakan seperti itu ngga?

Nah kasur bestway ini di badan saya terasa nyaman sekali, sehingga begitu bangun saya merasa ah tidur lagi ah, masih ngantuk! Ngga benar nih! Yang ada jadi bikin malas kaya gini, enak sih memang tapi jadi memanjakan kita.

Saya senang dengan kasur ini, saya gunakan selama sebulan. Kemudian sofa di kamar saya, saya putuskan untuk saya keluarkan saja. Diganti dengan kasur ini. Dan ternyata eh ternyata seminggu kemudian apa yang terjadi?

Kasur Anginnya Bocor!

Setelah seminggu kemudian saya merasakan ada yang aneh dari kasur Bestway saya. Ini kok jadi kerasa lebih kempes ya? Biasanya ngga gini nih. Apa memang karena ngga pernah dipompa? Jadi saya pompa lah itu kasur.

Ternyata satu jam kemudian saya temukan kasur itu kembali kepada posisi semulanya lagi. Lah? Kok ini tetap ngga seperti biasanya, agak kempes gini? Ini bocor kali ya?? Sembari saya memompanya lagi. Kalau pake pompa elektrik ini enak, sebentar saya sudah ngembang jadi kitanya ngga cape, ngga sampe 5 menit juga sudah beres kasurnya berkembang.

Saya coba pompa lagi, dan saya biarkan, ternyata sejam kemudian sama juga! Lalu kemudian saya browsing aja di internet, ada juga ngga yang mengalami kasur anginnya bocor atau mengalami kempes seperti kasur angin yang saya punya?

Ternyata eh ternyata saya menemukan artikel di internet yang mengalami hal yang sama. Bahkan ketika dia membeli kasur angin Bestwaynya dia mendapatkan repair kit. Lha? Untuk apa diberikan repair kit kalau memang tahan ya? Berarti memang ini kasur memang kendalanya seperti ini, suka bocor. Saya baca artikelnya orang tersebut, dia baru menggunakannya selama 6 hari dan kemudian kasurnya bocor. Berarti masih mendingan saya dong ya? Saya menggunakann selama sebulan dan kemudian baru merasakan kasur angin saya bocor.

Saya tidak pernah pindahkan dari kamar saya dan memang saya gunakan untuk tidur setiap harinya. Dari artikel yang saya baca tersebut dari orang itu, saya membaca dia mencoba menambal bocor kasur anginnya. Setelah dia tambal, dan saya tahu proses mencari bocornya itu susah, karena saya kan beberapa kali ban motor saya bocor dan ketika menambal ban motor saya, saya melihat cara orang di dalam menambal ban motor, dicelupkan ke air sabun untuk melihat bagian mana dari ban tersebut yang bocor. Itu kalau ban, yang notabene ukuran ban motor itu kan kecil, nah ini kasur??? Ukuran 85 x 79 x 22cm akan sangat butuh waktu untuk nyari dimana bagian yang bocor dari kasur tersebut.

Wah saya pikir ngga deh kalau saya harus menambal kasur angin ini. Pengalaman orang yang menulis artikel itu juga bilang, dia berhasil menambal kasur anginnya, kemudian jadi kembali seperti sedia kala, kemudian beberapa hari kemudian kasur itu ternyata bocor lagi, tapi tempat bocornya sekarang berbeda. Dan dia mencoba menambalnya lagi sampai beberapa kali. Sampai akhirnya dia menyerah untuk terus menambal kasur itu dan akhirnya kasur itu dia biarkan saja bocor begitu saja.

Beli Kasur Angin Baru Atau Ganti Kasur?

Saya tadinya ingin mencoba beli kasur angin bestway yang baru, apakah akan begitu lagi? Tapi setelah membaca artikel itu, saya pikir ngga ah! Yang ada kaya gini mah buang-buang uang aja namanya dong ya! Ntar palingan bocor lagi dan bocor lagi dan bocor lagi, kalau disuruh nambal ngga deh, kalau bawa ke tukang tambal motor gitu dia mau ngga ya nambalin? Ah tapi paling juga ntar bocor lagi kan ya? Kan ngga seru kalau terjadi seperti itu, padahal kasur ini enak lho! Cuma kalau bocor begitu kan ngga lucu, begitu kita bangun kita sama aja seperti tidur di atas selembar tikar, karena kasurnya sekarang sudah kempes dan menjadi seperti tiker gitu.



Saya berpikir akan ganti kasur aja, lagi mikir mau beli kasur busa Inoac, ada teman-teman yang pernah menggunakan kasur busa Inoac itu? Sharing dong gimana pengalamannya menggunakan kasur busa itu.

Kasur Angin Mudah Bocor?

Tadi baru saja saya browsing dengan kata kunci "pengalaman menggunakan kasur angin" ternyata ada lagi yang mengalami kasus yang sama seperti yang saya alami ini. Bahkan dia juga sudah menambalnya sampai lima kali dan masih bocor juga.

Sepertinya kasur ini tidak bisa digunakan untuk terus menerus ya? Untuk sekali-sekali misalnya kalau kita pergi-pergi, terus misalnya menginap di hotel dan kita tidak ingin menambah kasur dari hotel tersebut, bisa tuh kita gunakan kasur ini. Atau kalau kita ingin pergi kemping atau menginap di kosan teman atau menginap di rumah teman atau menginap di udara terbuka kali ya. Mungkin dengan cara begitu akan lebih awet kali ya? Karena intensitas pemakaiannya juga jarang-jarang. Atau memang ngga usah digunakan sekalian aja kasur seperti ini ya? Hihihi kriuk kriuk.

Kasurnya sebenarnya enak, kalau saja kualitas tahan bocornya benar-benar bagus saya rasa akan banyak yang suka dan membeli kasur ini, tapi kalau memang keadaannya seperti begini, sebentar saja sudah bocor maka saya rasa juga orang akan malas untuk membelinya.

Saya sendiri saja udah berpikir ngga akan beli lagi, ngapain beli lagi kalau memang kasur angin mudah bocor? Kan jadi sayang uangnya tho? Sama nambah pekerjaan kita juga di dalam menambal kasur kita. Gimana dengan pengalaman teman-teman yang lain yang pernah menggunakan kasur angin juga, apakah memang kasur angin mudah bocor?


Baca juga :
  1. Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
  2. Buku Terlaris Amazon Tahun 2015
  3. Hukum 10ribu Jam Latihan

Sunday, December 13, 2015

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
Blog Iman Prabawa - Pada tulisan saya kali ini saya ingin sharing mengenai cara belajar bahasa Inggris lewat film. Sekarang ini di jaman internet seperti sekarang ini belajar bahasa memang terasa jauh lebih mudah ketimbang di saat jaman internet belum secepat dan seberkembang seperti sekarang ini.

Dulu itu kalau ingin belajar bahasa Inggris yang saya rasakan kalau kita ingin mencari bahan dimana kita bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris itu susah. Paling kita hanya belajar dari film, dan kalau film itu jaman dulu memang sudah banyak. Dulu jamannya laser disc, kita bisa belajar lewat laser disc menonton filmnya.

Kalau sekarang kita bisa hanya dengan modal kuota data yang banyak aja, kita belajar banyak. Bisa belajar lewat youtube, kita bisa lihat banyak sekali pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh orang bule. Mereka upload video mereka dimana mereka mengajarkan bahasa Inggris dengan gratis. Dan memang banyak yang mereka ajarkan adalah mengenai grammar.


Belajar Bahasa Inggris Dengan Orang Bule

Tapi saya kadang merasakan cukup aneh juga sih ada orang bule yang mengajarkan bahasa Inggris dari dasar sekali. Saya pernah coba download DVD-nya, dimana orang bule tersebut mengajarkan bahasa Inggris yang dia katakan untuk pemula sekali. Dan memang untuk pemula kalau saya perhatikan. Cuma masalahnya, itu ngga mungkin untuk pemula, karena untuk orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dia mendengar orang bule tersebut berkata dan menjelaskan saja sudah bingung.

Walau orang bule tersebut mengajarkan dengan dari dasar sekali. Coba bayangkan kalau saya mengajar orang bule bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Orang bulenya bingung ngga?

Contohnya, kita membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia ya, Ini Budi. Nah ketika saya menjelaskan hal itu saya menggunakan bahasa Indonesia juga, yang ada orang bulenya bakalan bengong kan? Walaupun kalimat yang saya ajarkan sangat sederhana sekali tetap aja orang bulenya akan bingung mendengarkan saya ngomong.

Dia dengar saya aja belum ngerti gimana dia mau mengerti apa yang saya ucapkan? Walau yang saya ucapkan dan saya ajarkan itu sangat amat sederhana. Ya ngga? Nah jadi kalau menurut saya kalau teman-teman memang dari nol sekali dan ingin belajar bahasa Inggris, carilah guru orang Indonesia dulu untuk pertamanya.

Jangan langsung guru orang bule, mending kalau orang bulenya bisa berbahasa Indonesia dengan fasih, nah kalau ngga? Kita berbahasa tarzan aja berarti di kelas komunikasi antara guru dengan muridnya kan?

Dan menurut saya cara itu sama sekali tidak efektif. Hanya keren aja, itu juga kalau ditanya orang. Loe belajar bahasa Inggris dimana? Gue belajar bahasa Inggris sama bule langsung nih! Jago dong loe sekarang bahasa Inggrisnya? Kita ngomong pake bahasa Inggris aja yuk kalau gitu? Terus begitu diajakin ngomong bahasa Inggris orangnya bengong. Terus loe ngapain belajar bahasa Inggris sama orang bule kalau ngga jago juga bahasa Inggris loe? Kan biar kelihatan keren di mata orang-orang. Hihihi kriuk kriuk.

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Nah kembali ke topik kita mengenai belajar bahasa Inggris lewat film. Untuk teman-teman bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan film ini saya mau sharing caranya. Karena kalau teman-teman hanya sekedar banyak menonton film berbahasa Inggris tanpa tahu cara yang benarnya, hanya lewat begitu saja tentunya. Mau ribuan film yang sudah teman-teman tonton juga biasanya sih ngga akan ngaruh. Ngga akan menambah kemampuan berbahasa Inggris kita juga pastinya. Apalagi kalau setiap kita nonton film berbahasa Inggris selalu ada subtitle bahasa Indonesianya kan?

Yang ada kita baca terus tuh subtitlenya, dan kita merasa kita akan berkembang dengan begitu. Masalahnya ketika kita mendengar dan kemudian kita membaca subtitlenya, itu ada dua konsentrasi yang berlangsung, yaitu mendengar ucapannya dan juga membaca subtitlenya. Biasanya sih bagian mendengarnya jadi hilang aja gitu, dan kita jadi asik aja terus membaca subtitlenya, dan sampai sepuluh tahun kemudian tetap aja kita tidak bertambah juga kemampuan bahasa Inggris kita. Bukan begitu bukan?



Jadi caranya belajar bahasa Inggris lewat film yang efektif itu gimana? Caranya adalah teman-teman tonton dulu satu kali filmnya sampai habis, silakan aja kalau mau pasang subtitle bahasa Indonesia. Tonton aja sekali dulu sampai habis. Itu untuk teman-teman tahu dulu jalan ceritanya itu film sampai habis. Kemudian setelah film tersebut habis dan teman-teman tahu jalan ceritanya kemudian setelah ini kita mulai pembelajaran bahasa Inggris kita melalui film.

Kita bagi-bagi filmnya menjadi per sepuluh menit. Kita ulang lagi filmnya dan kita tonton sepuluh menit pertama. Kali ini tonton lagi dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Jadi tulisan di bawahnya itu adalah bahasa Inggris. Dan kita dengarkan perkataan si aktor dan aktrisnya kemudian kita baca subtitlenya. Disitu kalau ada kata yang tidak kita mengerti, kita catat kata-katanya dan kemudian kita coba cari artinya di kamus.

Ini tentunya akan menambah perbendaharaan vocabulary bahasa Inggris kita, dan juga kita jadi tahu juga penggunaan kata tersebut di dalam konteks percakapan langsung itu seperti apa. Sudah lakukan menonton selama sepuluh menit pertama dari film tersebut? Kemudian langkah berikutnya adalah ulangi lagi, kali ini subtitle bahasa Inggrisnya teman-teman matikan dan tidak ada subtitle sama sekali.

Dengan seperti itu teman-teman bisa menangkap ngga kata-kata yang mereka ucapkan? Kalau bisa, coba tuliskan satu per satu kata per kata yang mereka ucapkan tersebut selama 10 menit yang pertama. Tulis di kertas semua percakapan yang ada di film itu dalam sepuluh menit pertama. Kemudian setelah teman-teman berhasil menuliskannya kemudian ulangi lagi gih film tersebut. Tonton lagi sepuluh menit pertama tersebut kemudian nyalakan lagi subtitle bahasa Inggrisnya dan coba cocokkan apa yang sudah teman-teman tuliskan dengan apa yang ada di subtitle itu. Apakah sudah sama persis kah?

Kalau sudah sama persis berarti teman-teman sudah mempunyai pendengaran yang bagus dan bisa berlanjut ke sepuluh menit yang berikutnya. Tapi kalau masih ada yang salah, coba analisa salahnya dimana dan kemudian coba dengarkan dan tonton lagi bagian yang salah itu. Kemudian teman-teman juga bisa belajar pronunciation dengan mengikuti cara si aktor dan aktris tersebut di dalam mengucapkan kata-katanya.

Jadi teman-teman ulangi lagi saja film tersebut di sepuluh menit pertama kemudian dengan catatan dialog yang sudah teman-teman buat, ikuti ketika mereka ngomong. Kemudian rekam deh dengan menggunakan handphone teman-teman suara teman-teman ketika mengucapkan dialog yang ada di film tersebut dan kemudian dengarkan. Apa yang teman-teman ucapkan sudahkah terdengar sama seperti si orang bule aktor dan aktris yang ada di film tersebut?

Kalau belum ya tinggal terus teman-teman latih dan latih dan latih saja, hingga akhirnya ketika teman-teman rekam, teman-teman sudah bisa bilang bahwa sudah mirip nih pronunciation atau pelafalannya nih.

Nah dengan cara seperti ini tentunya teman-teman akan mendapatkan banyak hal dari menonton sebuah film. Ngga hanya lewat begitu saja, tapi kita bisa memperbanyak vocabulary kita, mempertajam kemampuan listening kita, kemudian juga belajar pronunciation kita dengan menirukan dialog di film tersebut dan kemudian juga menganalisa tenses yang mereka gunakan dalam ketika mereka berbicara dan kita jadi tahu kapan tenses itu digunakan, past tense misalnya. Oh ketika begini mereka ngomongnya dengan past tense nih. Kita kan jadi tahu secara praktek langsung dari film kan?

Dengan begitu nanti bisa kita gunakan di dalam percakapan kita. Dan bisa kita hafalkan juga kira-kira, jadi itu akan menambah vocabulary dan pengetahuan kita tentunya.

Nah gitu aja dulu dari saya ya mengenai belajar bahasa Inggris lewat film ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Wassalam.


Baca juga :
  1. Buku Terlaris Amazon Tahun 2015
  2. Mengenal Personal Pronoun
  3. Hukum 10ribu Jam Latihan

Saturday, December 12, 2015

Buku Terlaris Amazon Tahun 2015

Blog Iman Prabawa - Buku karangannya Harper Lee yaitu "Go Set a Watchman" menjadi buku terbaiknya Goodreads untuk kategori buku fiksi.

Buku karangan Ta-Nehisi Coates yang berjudul "Between the World and Me" menjadi buku yang dinominasikan untuk output sastra terbaik tahun ini.

Dan untuk buku yang terbilang menjadi buku yang paling laris terjual di amazon.com --penjual buku online terbesar di Amerika-- adalah bukunya Paula Hawkins yang berjudul "The Girl on the Train."

Amazon mengeluarkan daftar buku terlarisnya untuk tahun 2015 pada hari ini, dan daftar itu meliputi campuran antara buku mengenai sejarah, buku-buku novel dan misteri, dengan novelnya Hawkins yang bercerita mengenai seorang wanita pecandu alkohol yang berjuang untuk mengingat kejahatan yang terjadi berada pada posisi nomor satu.



Posisi kedua dari daftar Amazon tersebut ditempati oleh bukunya E.L James, buku versi mengenai "Fifty Shades of Grey" yang diceritakan menurut sudut pandangnya Christian Grey, "Grey".

Buku kontroversial karangan Lee yang berjudul "Watchman" sebuah draft awal yang kemudian menjadi buku "To Kill a Mockingbird" berada pada posisi ke-3. Walaupun begitu buku ini merupakan buku cetak terlaris, sementara bukunya Hawkins terjual melalui Kindle donwload atau versi digital.

Penulis senior terlaris juga menempati peringkat di daftar 20 teratas. David Baldacci, Lee Child, John Grisham dan Nora Roberts semuanya masuk dalam daftar Amazon, begitu juga Erik Larson and David McCullough, penulis dari buku peringkat 20 teratas karya buku versi non-fiksi, "Dead Wake" dan "The Wright Brothers".

Terutama, dua buku mewarnai juga masuk ke dalam daftar 20 peringkat teratas, sebuah tanda bahwa trend belum bergeser.

Inilah daftar lengkap dari 20 buku teratas di Amazon :
  1. "The Girl on the Train" karangan Paula Hawkins
  2. "Grey: Fifty Shades of Grey diceritakan menurut sudut pandang Christian" karangan E.L. James
  3. "Go Set a Watchman" karangan Harper Lee
  4. "The Nightingale" karangan Kristin Hannah
  5. "Memory Man" karangan David Baldacci
  6. "Make Me: A Jack Reacher Novel" karangan Lee Child
  7. "Rogue Lawyer" karangan John Grisham
  8. "The Girl in the Spider's Web" karangan David Lagercrantz
  9. "Dead Wake: The Crossing of the Lusitania" karangan Erik Larson
  10. "Silent Scream" karangan Angela Marsons
  11. "14th Deadly Sin (Women's Murder Club)" karangan James Patterson with Maxine Paetro
  12. "Old School: Diary of a Wimpy Kid Book 10" karangan Jeff Kinney
  13. "Enchanted Forest: An Inky Quest and Coloring Book" karangan Johanna Basford
  14. "The Wright Brothers" karangan David McCullough
  15. "Adult Coloring Book: Stress Relieving Patterns" karangan Blue Star Coloring
  16. "The Liar" karangan Nora Roberts
  17. "Luckiest Girl Alive" karangan Jessica Knoll
  18. "The Crossing" karangan Michael Connelly
  19. "The Stranger" karangan Harlan Coben
  20. "A Spool of Blue Thread" karangan Anne Tyler

Diterjemahkan dari artikel di CNN.com - Have you read Amazon's best-selling book of 2005?


Baca juga :
  1. Hukum 10ribu Jam Latihan
  2. Beda Negara Beda Budaya Makan
  3. Pertarungan Antara Capung dan Monyet

Wednesday, November 18, 2015

Hukum 10ribu Jam Latihan

Blog Iman Prabawa - Teman-teman pernah mendengar mengenai hukum 10ribu jam latihan? Dimana kalau kita ingin menjadi master di dalam bidang apa pun, yang perlu kita lakukan adalah melatih diri kita selama 10ribu jam. Dan ini teman-teman bisa membaca dari bukunya Malcolm Gladwell yang judulnya Outliers mengenai hal ini.

Hukum 10ribu Jam Latihan

Di dalam buku yang berjudul Outliers, penulisnya Malcolm Gladwell menjelaskan bahwa untuk mencapai tingkat master di dalam suatu bidang membutuhkan kurang lebih sekitar 10ribu jam latihan. Bagaimana Malcolm Gladwell sampai kepada kesimpulan ini? Dan apabila memang kesimpulan ini terbukti benar, bagaimana kita bisa memanfaatkan ide ini untuk mencapai suatu hal yang besar di dalam profesi kita?


Pemain Biola Di Berlin

Pada sekitar tahun 1990-an sekelompok tim psikologi di Berlin, Jerman melakukan penelitian terhadap para murid biola. Tim psikologi ini mempelajari kebiasaan para murid biola ini dalam berlatih. Mereka mengamati kebiasaan berlatih para murid biola ini dari sejak masa kecil mereka, masa remaja mereka dan juga masa dewasa mereka. Semua dari mereka yang diteliti tersebut ditanyakan pertanyaan mengenai berapa lama mereka sudah menghabiskan waktu untuk latihan biola hingga sampai sekarang ini.

Para murid biola tersebut sudah mulai latihan dari sejak umur mereka lima tahun. Di umur mereka yang lima tahun tersebut jam latihan biola untuk masing-masing murid adalah sama, dan ketika mereka menginjak umur delapan tahun baru kemudian jam latihan mereka pun mulai berbeda-beda. Di umur mereka yang ke-dua puluh mereka-mereka yang cemerlang kariernya sudah menghabiskan waktu latihan sebanyak 10ribu jam latihan sementara mereka-mereka yang kariernya biasa saja, hanya menghabiskan sekitar 4ribu jam latihan.

Bakat Alami Tidak Penting!

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa bakat alami itu tidak penting. Karena kalau memang bakat alami itu penting, maka para pemain biola yang memiliki bakat alami akan muncul dan cemerlang kariernya tanpa harus melalui 10ribu jam latihan. Namun dari data yang ada menunjukkan hal yang berbeda, para pemain biola yang cemerlang kariernya, semua dari mereka sudah menghabiskan tidak kurang dari 10ribu jam latihan. Jadi tidak ada jalan pintas dan juga bakat alami tidak terlalu penting disimpulkan dari hasil penelitian ini.

Cerita Sukses Microsoft

Kalian mungkin sudah pernah tahu dan membaca mengenai cerita sukses dari Microsoft, dimana Bill Gates dan Paul Allen drop out dari tempat mereka kuliah untuk mendirikan perusahaan pada tahun 1975. Sesederhana itu, drop out dari tempat kuliah mereka, memulai perusahaan mereka sendiri dan kemudian menjadi seorang miliarder. Betul sesederhana itu? Salah!

Penelusuran mengenai cerita itu menemukan fakta bahwa Bill Gates dan Paul Allen memiliki ribuan jam latihan dalam hal programming sebelum mereka mendirikan Microsoft. Pertama, kedua pendiri Microsoft ini bertemu di Lakeside, sebuah sekolah di daerah Seattle. Sekolah ini mengumpulkan tiga ribu dollar untuk membeli sebuah terminal komputer untuk klab sekolahnya pada tahun 1968.

Sebuah terminal komputer pada tahun itu bisa dibilang termasuk langka. Bill Gates mendapatkan akses untuk bisa masuk ke terminal komputer tersebut pada saat dia berada di level delapan. Kemudian Bill Gates dan Paul Allen menjadi tergila-gila dengan programming.

Keluarga Bill Gates saat itu tinggal di dekat University Of Washington. Sebagai remaja, Bill Gates mengobati kecanduannya terhadap programming dengan menyelinap keluar di luar jam tidur untuk dapat menggunakan fasilitas komputer dari universitas tersebut. Jadi Bill Gates dan Paul Allen memperoleh 10ribu jam latihan mereka dalam hal programming jauh sebelum mereka mendirikan Microsoft pada tahun 1975. Jadi ketika mereka mendirikan Microsoft, mereka sudah siap.

Peningkatan Terjadi Seiring Dengan Banyaknya Latihan

Pada tahun 1960, di saat mereka masih merupakan band SMA yang belum dikenal, The Beatles  pergi ke kota Hamburg, Jerman untuk bermain di klab lokal yang berada di kota tersebut.

Grup band tersebut dibayar dengan sangat kecil sekali. Dengan kondisi sound system yang seadanya dan juga para penonton yang kurang apresiatif. Lalu apa yang didapat dari The Beatles dari pengalaman ini? Berjam-jam waktu latihan yang mereka lalui dan alami, hal itu tentunya membuat peningkatan yang berarti di dalam kemampuan bermain mereka.

Saat The Beatles sudah semakin mahir kemampuannya, para penonton menginginkan lebih banyak lagi pertunjukkan dari mereka. Pada tahun 1962, The Beatles bermain selama 8 jam setiap harinya dan mereka bermain selama 7 hari dalam seminggu. Di tahun 1964 dimana saat itu mereka mulai dikenal dalam skala internasional, The Beatles telah melakukan lebih dari 1.200 konser. Sebagai perbandingan dengan band-band sekarang, sangat sedikit dari band-band sekarang ini yang pernah melakukan lebih dari 1.200 konser sepanjang sejarah karier mereka.

Jatuh Cinta Dengan Latihan

Para pemenang tidak hanya bekerja lebih keras daripada kebanyakan orang. Mereka sampai pada tahapan mencintai latihan yang mereka lakukan karena memang mereka menyenangi hal tersebut.

Para pemenang di bidang software developer adalah para programmer yang menghabiskan waktu mereka menuliskan barisan kode saat mereka kerja dan saat mereka pulang ke rumah mereka masih mengerjakan yang berhubungan dengan programming, misalnya mengerjakan proyek open source software di waktu luang mereka.

Para pemenang di bidang olahraga, misalnya dalam hal ini sepakbola menghabiskan waktu mereka berlatih dengan tim mereka, dan begitu mereka pulang setelah latihan mereka masih menghabiskan waktu mereka menonton mengenai pertandingan sepakbola.

Para pemenang di bidang kedokteran menghabiskan waktu mereka mendengarkan podcast mengenai kedokteran saat mereka pulang dari pekerjaan mereka.

Jadi para pemenang tersebut sangat mencintai apa yang mereka kerjakan dan sama sekali tidak merasakan kalau mereka sedang bekerja. Mereka melakukannya karena mereka memang sangat mencintainya.



Kesimpulan Apa Yang Bisa Kita Ambil?

Lalu kesimpulan apa yang bisa kita ambil dari kasus ini? Semua dari kita pastinya ingin menjadi luar biasa dalam suatu hal bukan? Sekarang setelah kita tahu apa yang para pemenang lakukan untuk bisa berada di posisi mereka, apa yang bisa kita lakukan agar kita juga bisa seperti mereka?

Satu pendekatan yang bisa kita lakukan adalah kita memilih satu bidang tertentu dan kemudian kita menjalani 10ribu latihan, dan kalau kita kebetulan memang juga bekerja di bidang tersebut, maka jam kerja kita yang 40 jam dalam seminggu akan dalam 5 tahun bisa mencapai 10ribu jam latihan.

Atau kita bisa mencari tahu apa yang memang sudah kita lakukan dengan baik yang tanpa sadar sebenarnya kita sudah pernah melalui 10ribu jam latihan. Karena biasanya kalau kita mencintai sesuatu hal maka apa yang kita lakukan tidak terasa seperti latihan atau hal yang sangat berat. Kita melakukannya karena memang kita mencintainya. Kita coba cari tahu apa yang sudah kita lakukan dengan baik yang membuat orang lain bertanya-tanya bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut dengan sangat baik?

Kalau kita menjalankan sebuah perusahaan, hal apa yang perusahaan kita lakukan lebih baik daripada perusahaan-perusahaan lain? Bagaimana kita menciptakan lingkungan yang kondusif agar tiap-tiap orang yang berada di perusahaan kita mempunyai kesempatan untuk terus melakukan latihan untuk meningkatkan kinerjanya?

Bisnis itu keras, sangat keras! Apalagi pada saat-saat sekarang ini. Walaupun begitu di saat ekonomi yang begitu menantang akan selalu ada saja individu atau perusahaan yang menonjol dan begitu cemerlang melebih ekspektasi siapa pun. Latihan yang banyak sangat menentukan kesuksesan kita.

Buku Untuk Dibaca

Buku Outliers karangan Malcom Gladwell. Melalui interview dan juga analisa statistik, Malcom Gladwell mengungkapkan bagaimana beberapa orang dan beberapa organisasi bisa mencapai sukses melebihi yang lainnya.

Jadi memang sangat penting kalau kita mau sukses di dalam suatu bidang untuk kita melalui 10ribu jam latihan kita. Artikel yang saya terjemahkan dari artikel ini menurut saya sangat bagus sekali, itulah mengapa saya coba terjemahkan dengan gaya bahasa saya untuk pengetahuan kita semua.


Baca juga :
  1. Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai
  2. Pertarungan Antara Capung Dan Monyet
  3. Beda Negara Beda Budaya Makan

Sunday, October 18, 2015

Cara Menggabungkan Audio Di Wavelab 6

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya sharing mengenai cara menggabungkan dua buah file audio menjadi satu file. Biasanya ini kalau kita memutar audio book kan per chpaternya terpisah dan ini biasanya suka menjadi masalah kalau kita putar di handphone, sehingga mendingan kita satukan aja semua file audionya menjadi satu.

Nah ini bisa kita lakukan dengan menggunakan wavelab 6. Gimana caranya? Yuk mari kita bahas..

Menggabungkan Dua Buah Audio Di Wavelab

Ini tidak hanya untuk dua buah audio ya, bisa lebih dari dua audio yang kita gabungkan. Oke, langsung aja. Pertama kita buka dulu wavelab kita kemudian kita cari audio yang akan kita gabungkan dengan mengklik pada File lalu pilih Open lalu pilih Wave. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Cara Menggabungkan Audio Di Wavelab 6

Atau kalau menggunakan shortcutnya kita bisa menggunakan tombol Ctrl lalu kita menekan huruf O (Ctrl+O). Itu huruf O ya bukan angka nol. Dan lalu kita cari dimana file audio kita, kita tempatkan, dan kalau file audio kita berbentuk .mp3 formatnya, pastikan kita memilih All known file types agar file audio kita yang dalam bentuk .mp3 bisa kelihatan disitu.

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang saya berikan kotak merah. Disitu kita pilih all known file types-nya.


Kalau sudah lalu kita buka filenya. Dan kalau sudah terbuka, kita buka lagi file yang akan kita satukan. Nah yang ini kemudian kita pilih Edit lalu kita pilih Insert Audio File lalu kita mau menempatkannya dimana? Kalau di akhir dari file audio yang sudah kita buka maka kita memilih At end... seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Ulangi beberapa kali kalau file audio yang mau disatukan ada lebih dari 2 buah. Lalu kalau sudah selesai, saya contohkan menggabungkan 4 buah file audio. Maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


Tapi mungkin yang teman-teman terlihatnya seperti gambar di bawah ini.


Agar terlihat seperti yang saya yang perlu teman-teman lakukan hanyalah memencet shortcut H di keyboard teman-teman kemudian tinggal geser ke kiri seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Kalau mau memperlebar lagi tinggal pencet tombol G saja.



Kalau itu sudah teman-teman lakukan pasti teman-teman akan bisa seperti saya, yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Setelah itu yang perlu teman-teman lakukan adalah memencet Ctrl+A dan kemudian memencet tombol Render yang ada di bagian kanan bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Kemudian selanjutnya tinggal teman-teman OK-in aja, dan selanjutnya Wavelab akan menggabungkan 4 file audio tersebut. Setelah selesai dirender oleh Wavelab maka kita perlu men-Save As audio baru kita dan jangan Save ya! Tapi Save As! Kalau Save aja bukan Save As file lama kita akan otomatis ketiban. Maka dari itu mendingan Save As aja.


Kemudian kita beri nama file-nya. Terserah aja tinggal dinamakan sendiri nama filenya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Lalu ada kotak berwarna merah yang saya beri tanda ya, itu kalau kita ingin memberi meta data untuk file audio kita, sehingga kalau nanti file audio itu kita masukkan ke handphone maka namanya ngga akan tertera Track 1 walau di bagian yang oranye sudah kita beri nama. Akan tetap aja keluar nama di handphone kita Track 1.

Nah maka dari itu kita perlu menginput meta datanya. Caranya adalah dengan mengklik pada kotak merah tersebut. Maka akan muncul kotak seperti gambar di bawah ini.




Lalu kita mengklik bagian Attributes dimana disitu kan terteranya Untitled ya, kita klik di bagian itu dan akan terlihat seperti gambar di atas lalu kita pilih Edit. Lalu akan keluar kotak seperti ini, dan tinggal kita isikan aja nama file-nya dengan yang kita mauin dan isikan aja yang lainnya. Setelah selesai tinggal klik OK dan kemudian tinggal kita pencet Save aja.


Maka kelar deh usaha kita dalam menggabungkan 4 buah file audio menjadi satu buah file audio. Dan kalau kita masukkan ke handphone juga namanya sudah berisi nama yang kita inginkan dan bukan Track 1 lagi. Semoga bisa bermanfaat ya sharing dari saya kali ini mengenai cara menggabungkan audio di Wavelab 6. Wassalam.



Baca juga :
  1. Pelajaran Berharga Bagi Si Pemalas
  2. Pantai Sebong Pulau Bintan

Tuesday, September 1, 2015

Mengenal Personal Pronouns

Blog Iman Prabawa - Pada kesempatan sharing saya dalam materi pembelajaran bahasa Inggris ini saya mau sharing mengenai mengenal personal pronouns. Teman-teman sudah tahu kan ya definisi dari pronoun itu apa? Sehingga saya ngga perlu lagi menjelaskan lagi?

Tapi buat teman-teman yang memang baru masuk ke halaman ini dan belum pernah mengikuti pembelajaran saya sebelumnya, saya bahas sedikit ya mengenai pronoun ini. Pronoun itu adalah kata ganti, yaitu kata yang menggantikan noun.

Yuk mari kita bahas mengenai personal pronoun yang termasuk ke dalam kategori pronoun, yang mana kita akan bagi dulu yaitu personal pronoun yang posisinya adalah sebagai subject di dalam sebuah kalimat, dan juga personal pronoun yang posisinya menjadi object dalam sebuah kalimat.

Mengenal Personal Pronouns

Yang termasuk ke dalam personal pronoun antara lain I, you, he, she, it, we dan they. Nah kata-kata ini biasanya menjadi pengganti di subject kalimat. Kita langsung saja melihat dalam bentuk contoh kalimatnya aja ya biar teman-teman juga bisa lebih mengerti apa yang saya jelaskan ini.


Contoh kalimat :
My name is George. I am the oldest in the family.

Nah kalau kita lihat pada contoh kalimat di atas, disitu George digantikan dengan I, dimana posisi I ini berada atau menjadi subject dari kalimat I am the oldest in the family.

Contoh yang berikutnya adalah :
This is my brother. He is a lawyer.
Nah kalau kita melihat pada kalimat yang di atas, my brother tersebut digantikan dengan pronoun "he", dimana letak dari pronoun "he" ini berada atau menjadi subject dari kalimat tersebut.


Kemudian saya beri contoh satu lagi ya, kita simak dan perhatian kalimat yang ada di bawah ini.
This is my sister. She is a dentist.
Dari kalimat di atas, my sister ini digantikan dengan kata ganti atau pronoun "she" dan posisi she ini berada atau menjadi subject dari kalimat she is a dentist tersebut.

Nah jadi contoh-contoh kalimat tersebut yang saya berikan di atas itu bilamana pronounnya berada sebagai subject. Sementara untuk contoh yang berikutnya ini kalau pronounnya menjadi objek dalam sebuah kalimat.

Pronouns Sebagai Objek Dalam Kalimat

Contoh pronoun yang berada sebagai objek dalam sebuah kalimat, antara lain me, you, him, her, it, us dan them.

Kita langsung saja melihat contoh kalimatnya di bawah ini yaa..
I am standing on my head. Look at me.
Nah kalau kita lihat pada kalimat di atas, teman-teman bisa memperhatikan pada kalimat yang saya beri bold atau saya tebalkan, yaitu kata "I" dan juga kata "me". Kata I ini kalau berada sebagai subjek dalam sebuah kalimat, sementara berubah menjadi kata "me" kalau berada sebagai objek dalam sebuah kalimat.

Kemudian saya beri contoh yang lainnya lagi ya, kita lihat kalimat di bawah ini..
Sharon and Jenny! Dad is waiting for you!
Nah kita lihat proper nouns di atas yaitu Sharon dan Jenny, kemudian digantikan dengan personal pronoun yang berada sebagai objek dalam sebuah kalimat, yaitu you.

Nah kira-kira seperti itu pembahasan kita mengenai mengenal personal pronouns dalam pelajaran bahasa Inggris kita kali ini. Nanti di pelajaran kita yang berikutnya saya akan sharing hal yang lain lagi ya. Tetap pantengin terus tentunya blog saya ini sehingga teman-teman akan mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris yang lainnya lagi dari saya.

Sampai ketemu lagi dan see yaa..


Baca juga :
  1. Apa Itu Pronoun?
  2. Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris
  3. Pertarungan Antara Capung dan Monyet

Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Blog Iman Prabawa - Pada tulisan kali ini saya mau sharing mengenai personal pronouns dalam bahasa Inggris. Di tulisan saya yang sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu pronoun. Buat teman-teman yang masih bingung dan belum tahu apa itu pronoun, silakan bisa membaca terlebih dahulu tulisan saya yang sebelumnya sebelum kita beranjak ke artikel yang ini.

Kalau sudah, mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai pronoun, dimana kali ini kita akan membahas salah satu yang termasuk di dalam pronoun, yaitu personal pronoun.

Mengenal Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Pronoun itu kan kata ganti, nah disini personal pronoun adalah kata ganti untuk noun. Yang termasuk ke dalam personal pronoun itu antara lain I, you, he, she, it, we dan they.

Kita langsung lihat aja ya ke dalam contoh kalimatnya agar teman-teman juga bisa langsung mengerti mengenai personal pronoun ini.

Contoh kalimat :
This is my mother. She is a lawyer.

Nah kalau kita lihat pada kalimat di atas, yang saya tebalkan yaitu my mother, di kalimat berikutnya digantikan dengan kata she. Oleh karena itu "she" ini merupakan personal pronoun yang berfungsi menggantikan si "my mother" pada kalimat di atas.


Kemudian saya beri contoh kalimat yang lain lagi ya,

Contoh kalimat :
I have a brother and two sisters. 
They are Peter, Sharon and Jenny.
Nah kalau kita cermati pada kalimat yang ada di atas, dimana "a brother" dan "two sisters" yang saya pertebal itu, kemudian digantikan dengan kata "they" pada kalimat berikutnya. Jadi kata "they" itu menunjuk kepada "a brother" dan "two sisters"

Sampai sini teman-teman sudah mendapatkan gambarannya ya mengenai personal pronoun?

Atau saya tambahkan satu lagi deh contoh kalimatnya, sehingga teman-teman bisa lebih mengerti lagi mengenai personal pronoun ini. Yuk kita simak kalimat di bawah ini.

Contoh kalimat :
Good morning, children! You may sit down now.
Kita lihat pada kalimat di atas, kata "childen" itu kemudian di kalimat berikutnya digantikan oleh kata "you", maka kata "you" ini merupakan personal pronoun.

Nah kira-kira seperti itu contoh dari personal pronouns dalam bahasa Inggris, semoga bisa memberikan gambaran ya buat teman-teman semuanya. Tetap pantengin terus blog saya ini untuk sharing-sharing berikutnya mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Sampai ketemu lagi.. See you..


Baca juga :
  1. Apa Itu Pronoun?
  2. Pertarungan Antara Capung dan Monyet
  3. Beda Negara Beda Budaya Makan

Apa Itu Pronoun?

Blog Iman Prabawa - Pada tulisan kali ini saya mau sharing mengenai apa itu pronoun. Sebenarnya sekalian juga untuk saya mengingat lagi, karena sebenarnya saya selama ini belajar bahasa Inggris lebih banyak mendengarkan dan mendengarkan dan mendengarkan saja. Dulu sempat belajar di LIA hingga sampai level Advance kemudian setelah kuliah tidak lanjut lagi, hanya rajin mendengar kaset yang berbahasa Inggris.

Dan kemudian saya memutuskan juga untuk mengajar bahasa Inggris. Jadi saya kembali mempelajari lagi dari awal lagi. Yuk sekarang topik pembahasan kita adalah mengenai apa itu pronoun.

Mengenal Apa Itu Pronoun

Apa itu pronoun? Pronoun itu kita mengenalnya sebagai kata ganti. Biasanya kata ini digunakan untuk menggantikan noun. Nah saya sudah pernah membahas mengenai apa itu noun di salah satu tulisan saya. Noun itu adalah kata benda, jadi pronoun itu adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda (noun).

Kita akan langsung aja masuk ke contohnya ya biar teman-teman pun bisa langsung mengerti. Karena biasanya kalau diberikan contoh pastinya akan sangat memudahkan kita untuk mengerti dan paham.



Contoh kalimat berikut ini :
My name is David. I am the youngest in the family.
Nah kata I yang saya tulis dengan hurus merah itu yang disebut dengan pronoun, karena disitu dia menggantikan David kan? Jadi I disitu adalah kata pengganti orang yang bernama David.

Kemudian kita gunakan contoh yang kedua ya, kita lihat pada kalimat berikut ini.
This is my father. He is a teacher.
Nah teman-teman lihat pada kata my father, disitu kemudian my father ini digantikan dengan kata ganti he. Jadi he disini menggantikan my father pada kalimat baru he is a teacher.

Nah itu sebagai sedikit contoh aja dari yang namanya pronoun atau kata ganti. Pronoun itu dapat kita bagi lagi menjadi beberapa lagi, tapi nanti kita akan membahasnya lebih jauh di tulisan saya yang lainnya ya.

Saya rasa tulisan saya yang kali ini saya cukupi dulu sampai disini mengenai apa itu pronoun. Nanti di tulisan saya yang lainnya kita akan belajar lagi ya mengenai belajar bahasa Inggris. Sampai ketemu lagi teman-teman di sharing saya mengenai pembelajaran bahasa Inggris.


Baca juga :
  1. Nyawa di Indonesia Belum Dihargai
  2. Beda Negara Beda Budaya Makan
  3. Pertarungan Antara Capung dan Monyet

Monday, June 15, 2015

Pertarungan Antara Capung dan Monyet

Blog Iman Prabawa - Ketika bangsa capung melawan bangsa monyet, siapakah yang akan keluar sebagai pemenang? Ternyata, tak selamanya yang kecil itu lemah, dan yang besar selalu paling kuat.

Suatu hari, seekor capung mungil terbang dari Pulau Luzon, wilayah paling utara di Kepulauan Filipina, ke arah selatan, yakni Mindanao. Karena sayap-sayapnya yang kecil, capung tersebut sudah tertinggal jauh dari teman dan keluarganya. Apalagi, cuaca ketika itu sangat panas. Matahari bersinar terik di langit dan cahayanya memanasi sekujur tubuh si capung mungil itu. Ia pun kepanasan dan kelelahan.

"Aduh panasnya!", kata capung mungkil. "Lebih baik aku mencari tempat untuk beristirahat dahulu, karena perjalananku masih jauh." Maka capung tersebut terbang rendah di atas hutan, mencari di tempat teduh untuk bernaung. Tak lama, ia melihat sebuah pohon beringin yang besar dan rindang. Capung mungil itu mendarat di salah satu cabang pohon, dan berteduh di bawah daun-daunnya.

Udara di sana sangat sejuk. Sang capung pun beristirahat dengan nikmat. Tanpa ia ketahui, ada sejumlah monyet yang hidup di pohon beringin itu, dan mereka merasa terusik melihat kehadiran serangga kecil itu di rumah mereka.


Ketika capung mungkin tengah tidur-tiduran di atas sehelai daun, ia tiba-tiba mendengar bunyi gemerisik di antara dedaunan. Hewan tersebut segera bangun dan mengambil sikap waspada, tapi ia belum bisa melihat dari mana bunyi itu berasal.

"Si-siapa di situ?" tanya capung mungil sambil mengawasi sekitar. Semerisik daun kembali terdengar, lalu keluarlah seekor monyet yang ukurannya cukup besar. Ia berjalan mendekati si capung mungkil, tubuhnya menjulang di atas serangga kecil tersebut.

"Hei, hewan kecil!" kata monyet tersebut dengan tidak senang. "Apa yang kamu lakukan di pohon ini? Ini rumah kami, para monyet. Kamu sudah melanggar batas wilayah! Sebaiknya kamu pergi dari sini, daripada kamu nanti mengganggu ketenangan kami."

Capung mungil gemetar mendengar hardikan monyet. Namun karena ia benar-benar kelelahan, capung tersebut mencoba mengumpulkan keberaniannya untuk menghadapi si monyet.

"Tuan monyet yang baik, " jawab capung mungil itu, "Saya mohon ijinkanlah beristirahat sejenak di pohon ini. Tidak lama kok. Saat matahari terbenam dan udara kembali sejuk, saya akan pergi. Saya harus terbang jauh hari ini, dan sayap-sayap saya terlalu lelah."

Mendengar itu, bukannya merasa kasihan, sang monyet malah mengejek, "Apa? Sayap-sayapmu kelelahan? Hahaha! Kamu kira kami akan percaya dengan alasanmu itu?" cemooh sang monyet.

Ketika capung mungil tak menjawab, monyet itu kembali berbicara, "Kami justru semakin yakin untuk mengusirmu dari sini karena tidak ada tempat bagimu di pohon beringin yang indah ini. Kami tidak akan mau berbagi ruang dengan makhluk kecil dan lemah seperti kamu," maki monyet tersebut tanpa ampun.

"Ayo, pergi dari sini. Sekarang!" usir monyet. Saat melihat capung mungil tak bergerak, monyet mematahkan satu dahan pohon dan menyorongkannya ke arah capung, seakan-akan dahan itu adalah sebilang pedang.

"Tolong, jangan sakiti saya," kata capung mungil dengan takut. Tapi, permohonannya tak digubris. Malah, monyet itu semakin berani. Ia kini melemparkan dahan pohon yang dipegangnya ke arah capung malang itu.

Beuntung, meski tubuhnya kecil, capung adalah hewan yang gesit. Sebelum dahan pohon yang dilemparkan monyet mengenai tubuhnya, si capung mungil segera melesat tinggi. Sayapnya sudah kuat kembali untuk dibawa terbang, dan kini ia bia melanjutkan perjalanannya.

Ketika akhirnya sampai di rumah, capung mungil langsung disambut teman-teman dan keluarganya. Mereka ingin tahu, mengapa capung mungil terlambat sampai, tak terkecuali raja capung. Maka capung mungil bercerita mengenai apa yang dilakukan monyet di pohon beringin kepadanya.

Saat raja capung mendengar apa yang telah terjadi, ia marah. Sang raja pun memutuskan bahwa para capung harus menuntut permintaan maaf dari para monyet. Untuk itu, ia mengutus tiga prajuritnya untuk bicara kepada raja monyet.

Prajurit capung pun terbang menuju pohon beringin di tengah hutan. Setibanya di sana, mereka menghadap raja monyet. "Wahai Raja, salah satu rakyatmu telah memperlakukan rakyat kami dengan tidak baik. Kami ingin kalian meminta maaf, atau kami akan menyatakan perang dengan kalian," tegas prajurit capung.

Mendengar ini, raja monyet tertawa terbahak-bahak, "Apa? Perang? Apa kamu tidak salah? Katakan pada raja kalian bahwa kami tidak sudi minta maaf kepada capung. Ke sini saja kalau berani dan kita lihat siapa yang menang!"

Prajurit capung tahu, memenangkan perang melawan bangsa monyet yang jauh lebih besar dari mereka akan sulit. Karena itu, mereka berkata, "Tuan, Anda tidak boleh sombong. Kita tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi. Anda cukup minta maaf, dan perang tidak perlu terjadi!"

Apa reaksi raja monyet? Ia malah menghentakkan kaki dengan kesal, lalu berseru kepada prajurit capung, "Pergi sekarang juga dan beri tahu raja kalian bahwa bangsa monyet dan bangsa capung akan berperang!"



Apa boleh buat. Para prajurit capung terbang kembali ke raja mereka dan mengabari jawaban dari raja monyet. Akhirnya, raja capung memerintahkan seluruh prajuritnya untuk bersiap-siap, kemudian mereka semua terbang ke pohon beringin di tengah hutan.

Para capung terbang secepat mungkin, dalam formasi rapat, menuju pohon beringin. Mereka tidak membawa senjata apa pun, kecuali sayap-sayap yang mereka miliki. Sebaliknya, pasukan monyet memperlengkapi diri mereka dengan dahan-dahan pohn yang tajam.

Ketika pasukan capung hampir sampai di pohon beringin, raja monyet yang melihat kedatangan searangga tersebut segera berseru, "Serang! Serang mereka tanpa ampun dengan dahan pohon!"

Sementara itu, raja capung yang terbang paling depan memerintahkan para prajurit di belakangnya: "Terbanglah ke arah monyet-monyet tersebut dan mendaratlah di dahi mereka!'

Saat pasuka capung semakin dekat, mereka melihat para monyet mulai melompat-lompat sambil mengayun-ayunkan dahan pohon. Sesuai perintah raja, para prajurit capung terbang lurus dan cepat ke arah para monyet, lantas mendarat di dahi mereka.

Monyet-monyte langsung mengayunkan dahan pohon ke arah kening mereka sendiri, dan ketika itu juga, para prajurit capung segera melesat secepat kilat. Akibatnya, monyet-monyet itu menusuk dahi mereka sendiri dengan dahan pohon yang tajam. Satu per satu, mereka roboh ke tanah.

Demikianlah cara capung yang kecil memenangkan pertarungan melawan bangsa monyet. Dan sejak saat itu, makhluk-makhluk di hutan belajar untuk menghormati sesama bukan dari ukuran tubuh mereka, melainkan kecerdikan dan kegesitan.

Cerita ini dari dongeng Filipina dan saya ambil dari majalah Media Kawasan bulan Juni 2015.


Baca juga :
  1. Sang Pangeran dan Pengalaman Terbaiknya
  2. Pelajaran Berharga Bagi Si Pemalas
  3. Cerita Seorang Ayah Yang Bijaksana

Saturday, May 23, 2015

Beda Negara Beda Budaya Makan

Blog Iman Prabawa - Perancis terkenal akan kulinernya yang lezat. Tapi, nama-nama hidangan Perancis yang rumit bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi para penggemar kuliner di China.

Tantangan terbesar adalah persoalan linguistik. Bagaimana caranya menerjemahkan istilah seperti mouillettes (roti panggang kecil yang dicelupkan ke telur rebus setengah matang) atau mignardises (pastry mini yang disajikan bersama kopi untuk hidangan pencuci mulut)?

Beda Negara Beda Budaya Makan



Perbedaan Negara Begitu Pula Dengan Budaya Makannya

Di negara-negara dengan aksara latin, biasanya istilah Perancis tetap digunakan, disertai keterangan mengenai makanan tersebut. Masalahnya, China memiliki alfabet sendiri, dan istilah kuliner Perancis sulit dicari padanannya di dalam alfabet China.

Pada akhirnya, pemilik usaha kuliner memilih membuat terjemahan berupa deskripsi sedekat mungkin, misalnya "daging domba berbentuk bulat yang dipanggan" untuk noisette d'agneau en damier atau lobster biru Bellevue untuk homard bleu Bellevue.

Kadang, deskripsi tersebut bisa lebih panjang dari nama masakannya. Misalnya, oeuf toque aue poivre du Sichuan yang diterjemahkan menjadi telur yang dikeluarkan putihnya dan dibuat krim dengan cuka sherry, kapulaga, lada Sichuan, dan bawang kucai, lantas disantap bersama kuning telur yang direbus.



Bukan hanya bahasa, perbedaan budaya dalam santap menyantap juga bisa menjadi masalah, kata Zhu Yungian, pakar gaya hidup dari majalah Conde Nast Traveler. Contoh, warga China terbiasa makan tiram yang dimasak. Sementara itu, orang Perancis biasa makan tiram mentah-mentah.

Sebaliknya, dalam kuliner China, para chef harus pandai memadukan makanan bertipe panas dan dingin, yang tidak ada hubungannya dengan suhu makanan tersebut.

Domba dan ayam termasuk panas, teh hitam dan leci tergolong hangat, sedangkan bebek, strawberyy, dan teh hijau termasuk dingin. Ikan, tergantung spesiesnya, bisa berjenis dingin, netral atau hangat.

Tapi memang yang saya rasakan juga memang perbedaan budaya juga pastinya akan membuat rasanya juga akan jadi berbeda. Pengalaman saya waktu ke Jepang, saya merasakan sekali masakan Jepang yang saya makan di Jepang dengan masakan Jepang yang saya makan di Indonesia jauh berbeda sekali.

Contohnya mungkin teriyaki, saya merasakan sekali berbeda sekali, juga ketika saya makan chicken katsu. Rasanya juga beda, dari segi bumbu. Agak susah menggambarkannya, contoh lain deh yang lebih bisa dan lebih mudah untuk dipahami adalah masalah teh. Disana ada teh hijau yang disebut ocha dan teh coklat seperti kita yang disebut dengan kocha.

Kocha disana kalau teman-teman membeli teh Jepang, itu ngga pake gula. Jadi hambar aja gitu tanpa gula sama sekali, di Indonesia coba cari teh Jepang. Bukan yang dari Jepang diimpor ke Indonesia ya, kalau itu mah memang dibuat di Jepang untuk orang Jepang, tapi kemudian dipasarkan di luar Jepang, bisa jadi menyasar untuk orang Jepang yang tinggal di Indonesia.

Suntory deh contoh tehnya, itu kan teh Jepang. Di Jepang saya minum teh Suntory itu ngga ada manisnya sama sekali, teh pahit kalau orang Sunda mah. Disini teh Suntory, selalu manis.. Itu bedanya, kalau dijual persis seperti di Jepang, pahit begitu, yang akan beli palingan hanya orang Jepang yang ada di Indonesia.

Itulah kenapa masakan Jepang di Indonesia pasti berbeda rasanya dengan masakan Jepang yang ada di Jepang, karena kalau masakan Jepang yang ada di Indonesia dibuat sama persis rasanya dengan yang di Jepang, ngga bakalan laku kalau menurut saya, karena selera lidah Indonesia yang berbeda dengan lidah Jepang. Oleh karena itu dibuatlah dan dimodifikasi agar rasanya bisa diterima oleh orang Indonesia. Sekian dulu ya artikel mengenai beda negara beda budaya makan ini.


Baca juga :
  1. Makan Pagi Di Jepang
  2. Tokyo Banana
  3. Toyoko Inn Mishima City

Friday, May 22, 2015

Bakso Pakde Bakso Enak Di Bogor

Blog Iman Prabawa - Bakso Pakde, bakso enak di Bogor ini terletak di daerah Semplak Bogor, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Semplak, dekat dengan SD Negeri 2 Bogor. Disitu juga ada mesjid depan SD tersebut, dan tidak jauh dari SD dan mesjid tersebut bakso pakde ini berada.

Mas Budi pedagang bakso tersebut, yang biasanya memang dipanggil pakde oleh orang-orang disitu. Seperti ini nih gerobak baksonya mas Budi.

Bakso Pakde Bakso Enak Di Bogor



Bakso Pakde, Bakso Enak Di Bogor

Saya biasanya kalau makan disini, hanya makan baksonya saja, tidak dengan mie atau bihunnya. Entah kenapa memang saya suka sekali dengan baksonya saja. Biasanya saya nambah dua mangkok kalau makan disini, dan bakso pakde ini biasanya juga ngga terlalu lama mangkal, karena sebentara saja biasanya sudah pada habis.

Banyak sekali anak sekolah yang beli bakso ini, karena memang dekat dengan sekolah. Tapi banyak juga yang beli dan kemudian dibungkus dibawa pulang. Saya melihat banyak motor mampir lalu kemudian pesan beberapa bungkus dan kemudian dibawa pulang ke rumah, karena memang posisinya yang berada di pinggir jalan.



Dan mungkin karena agak sedikit tidak nyaman kalau makan disitu, selain berada di pinggir jalan raya yang panas. Bangkunya juga hanya sedikit gitu, jadi lebih enak memang dibawa pulang, tapi karena saya dulu rumahnya dekat sekali dengan bakso ini, jadi saya makan aja disitu.

Malas aja mindah-mindahin ke mangkoknya lagi kalau dibawa pulang, mendingan makan disitu aja walau tempatnya kurang nyaman, tapi baksonya nyaman sekali di lidah saya!

Dulu semangkoknya harganya 10ribu rupiah, ngga tahu kalau sekarang berapa, saya terakhir makan disana, mungkin ada kali beberapa bulan yang lalu, karena rumah saya sekarang sudah tidak di Bogor lagi. Dulu sih saya sering banget makan disini, bisa hampir tiap hari saya makan bakso pakde ini waktu rumah saya masih di dekat sini.

Sekarang rumah saya sudah di Jakarta, jadi saya sudah jarang lagi membeli bakso pakde ini, jadi sudah tidak tahu update harganya. Tapi masih di bawah 20ribu sih untuk satu porsinya.

Nah kalau teman-teman lagi berada di Bogor dan berada di jalan Semplak menuju Parung, bisa mencoba nih bakso pakde yang satu ini. Enak deh pokoknya! Karena bakso Pakde bakso enak di Bogor!


Baca juga :
  1. Bubur Ayam Enak Di Bogor
  2. Bakso Arema Enak Di Bogor
  3. Bubur Ayam Mas Mul Bogor

Wednesday, May 20, 2015

Pantai Sebong Pulau Bintan

Blog Iman Prabawa - Pantai Sebong ini terletak di Pulau Bintan, biasanya kalau saya sebutkan pulau Bintan banyak yang tidak tahu, baru kemudian kalau selanjutnya saya beri tahu kalau pulau Bintan itu letaknya berdekatan sekali dengan pulau Batam baru semua orang langsung tahu. Nama pulau Batam memang jauh lebih dikenal ketimbang pulau Bintan ya. Padahal di pulau Bintan ini sangat banyak sekali pantai yang indah-indah.

Salah satunya adalah pantai Sebong. Ini foto waktu saya berkunjung ke pulau Bintan dan memutar-mutar disana. Kebetulan saya iseng aja naik motor mengelilingi sekitaran pulau tersebut yang bisa saya capai dengan motor. Keliling-keliling aja seharian untuk tahu suasana pulau ini. Pulai ini memang masih sangat sepi sekali, penghuninya masih sangat sedikit sekali.

Pantai Sebong Pulau Bintan

Foto ini saya ambil dengan menggunakan handphone saya Nokia N73. Masih handphone jaman jebot ya? Kemudian saya lagi belajar mengedit menggunakan Photoshop jadi saya edit saja, tapi memang pantai ini juga indah sih.

Pantai Sebong Di Pulau Bintan

Sebenarnya di pulau Bintan ada pantai yang sangat terkenal keindahannya yaitu pantai Trikora, tapi berhubung saya ngga sempat memfotokannya. Waktu itu sih saya sempat lewat dan melihat keindahan dari pantai Trikora tersebut.

Ada lagi daerah resort di sana yang disebut dengan nama Bintan Lagoon Resort atau banyak yang menyebutnya Bintan Lagoi. Di daerah Bintan Lagoi itu indah sekali pantainya. Ini teman-teman bisa menonton video yang ini aja, bisa melihat betapa memang pantai-pantai di sini memang indah-indah sekali.




Sudah indah sangat seperti itu juga suasananya sepi sekali!Jadi buat teman-teman yang senang dengan suasana damai dengan kesepian dan keindahan dari pantainya, silakan teman-teman bisa berkunjung ke pulau Bintan. Banyak sekali saya temui waktu saya ke sana turis-turis manca negara yang berkunjung ke Bintan Lagoi ini.

Memang sangat terkenal, cuma mungkin banyak dari kita yang belum tahu dan belum pernah mendengar mengenai wisata di pulau Bintan ini. Pulau Bintan berada di wilayah Kepulauan Riau dimana penduduk di pulau ini berjumlah sekitar 300ribuan (baru saja saya mengecek Wikipedia dulu).

Di pulau Bintan ini ibukota provisinya terletak di kota Tanjung Pinang, dimana di kota ini terdapat pelabuhan yang namanya Sri Bintan Pura, yang kita bisa berangkat ke Singapura dari pelabuhan ini. Teman-teman bisa membaca artikel saya Tanjung Pinang Ke Singapura waktu dulu saya mencoba naik perahu dari pelabuhan Sri Bintan Pura ke Singapura.

Kita seharusnya bersyukur berada di Indonesia karena Indonesia punya banyak sekali tempat wisata yang sangat indah sekali, hanya belum terekspose dan dirawat dengan baik saja. Kalau terawat dengan baik seperti Jepang misalnya akan jadi keren sekali dan sangat banyak sekali pengunjung dari manca negara yang akan datang tentunya.

Sekian dulu sharing dari saya mengenai pantai Sebong Pulau Bintan ini.


Baca juga :
  1. Suasana Sekitar Pelabuhan Sri Bintan Pura
  2. Bersantai Di Kedai Kopi Sahabat
  3. Nasi Padang Enak Di Tanjung Pinang

Tuesday, May 19, 2015

Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai

Blog Iman Prabawa - Tulisan saya mengenai nyawa di Indonesia belum dihargai ini terlintas ketika saya lagi makan di depan salah satu kampus. Lagi ada pembangunan disitu, saya melihat kok ya kaya gitu masangnya ya? Itu kalau pekerjanya jatuh nanti gimana? Jujur saya ngeri melihatnya! Tingkat keselamatan kerjanya sangat tidak dipikirkan!

Dan saya sendiri bukan sekali itu saja melihat yang model begini. Banyak sekali pastinya teman-teman akan menemui yang model begini. Dan sedih melihatnya! Apalagi waktu saya lagi makan mie ayam di dekat rumah saya, tiba-tiba terdengar bunyi bruk! Dan kemudian ada yang berteriak bahwa ada tukang bangunan yang jatuh dari lantai 3!

Tuh kan apa yang saya takutkan kejadian! Karena kalau kita melihat dari gambar di bawah ini ngeri sekali terlihatnya

Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai



Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai

Tuh ngeri kan? Gimana kalau tukangnya jatuh? Sangat berbeda sekali kalau kita lihat pekerjaan rumah di Jepang. Kebetulan waktu itu saya sempat ke Jepang meninjau pekerjaan rumah di sana seperti apa.




Tuh jauh bedanya kan? Untuk detailnya teman-teman bisa membaca tulisan saya yang berjudul Meninjau Pembangunan Rumah Di Jepang, dimana disitu saya menceritakan pengalaman saya dalam meninjau pekerjaan pembangunan rumah di Jepang. Yang mana mereka semua sudah mengerjakannya dengan alat-alat yang sangat canggih, sehingga rumah pun bisa mereka bangun hanya dalam hitungan kurang dari satu bulan. Dan juga yang mengerjakan hanya satu orang saja!

Semoga aja keselamatan kerja di Indonesia nantinya menjadi semakin baik dan semakin baik. Ngeri dan kasihan soalnya melihat seperti gambar di yang pertama itu. Saya lagi makan juga jadi malas makan, kan ngga lucu kalau lagi makan tiba-tiba melihat ada tukang yang jatuh di depan saya. Gimana coba rasanya? 

Semoga ke depannya lagi nyawa di Indonesia yang belum dihargai ini mulai mendapatkan perhatian yang serius dimulai dari meningkatkan keselamatan kerja di tempat kerja.

Monday, May 18, 2015

Bakmi Enak Di Jakarta

Blog Iman Prabawa - Bakmi enak di Jakarta ini kebetulan berada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat. Bakmi ayam ini sudah ada lama, dari tahun 1991 kalau tidak salah. Dulu waktu saya pindah ke Cempaka Putih Jakarta dari Bogor pada tahun 1993, Bakmi Ayam ini sudah ada disini.

Bakmi Ayam Enak Di Jakarta

Nama dari bakmi ayam ini adalah mie ayam Kurdi, yang jualnya memang namanya Bang Kurdi. Sekarang sih ada piliha mie ayam baksonya, sementara kalau dulu saya makan baksonya belum ada. Mungkin karena permintaan dan memang banyak yang suka dengan ada bakso makanya bang Kurdi ini kemudian menambahkan kita bisa minta tambah bakso di pesanan mie ayam kita.



Bakmi Enak Di Jakarta

Foto di atas ini saya ambil menggunakan handphone Asus saya, waktu kemarin-kemarin saya lagi pingin makan mie ayam. Kalau saya sih enak, tinggal jalan aja, karena letaknya sangat amat dekat sekali dengan rumah saya. Untuk 1 porsinya, kalau teman-teman hanya membeli mie ayamnya saja tanpa menggunakan bakso adalah 10ribu rupiah satu mangkoknya.

Dan kalau teman-teman menggunakan bakso, teman-teman perlu menambah 3ribu, jadi 13ribu untuk satu porsi mie ayam bakso ini. Kalau saya sendiri lebih suka mie ayam tanpa bakso, karena memang dari dulu dia tidak menggunakan bakso, jadi mungkin saya sudah terbiasa makan tanpa menggunakan bakso.

Kalau saya lebih suka tambah pangsit gorengnya, karena pangsit gorengnya enak banget! Kalau dilihat di gambar di atas pangsit gorengnya ditaro di plastik warna merah di atas. Jadi kita tinggal ambil sendiri aja kalau memang ingin tambah pangsit, baru kemudian setelah makan baru bayar untuk tambahan pangsit.

Saya pingin usul aja sih sama bang Kurdi ini kenapa pangsitnya tidak diplastikin aja, jadinya kan nanti orang jadi lebih enak ngambil dan juga ngitung berapa pangsitnya. Kalau seperti sekarang ini banyak yang ngambil pangsit dan tidak membayar tambahan uang ke bang Kurdi.

Padahal banyak yang suka dengan pangsit gorengnya, dan saya salah satu yang termasuk suka dengan pangsit gorengnya, bahkan kalau pangsit gorengnya sudah habis, saya tidak mau makan disini. Entah kenapa, rasanya jadi aneh kalau ngga pake pangsit gorengnya. Ini menurut saya ya, pastinya buat teman-teman yang lain ngga bakalan begitu sih.

Buat keponakan saya juga gitu, dia kalau mau beli mie ayam di bang Kurdi ini biasanya bertanya dulu, apakah pangsit gorengnya masih ada atau tidak. Kalau tidak ada dia biasanya suka ngga jadi beli. Nah ini kan bisa jadi peluang tambahan uang juga seperti bang Kurdi menambahkan menu bakso di mie ayamnya.

Lokasi dari mie ayam bang Kurdi ini berada di depan Pecel Lele Lela, berada di Jalan Cempaka Putih Tengah 27, dekat juga dengan Seven Eleven. Nah teman-teman kalau lagi berada di daerah Cempaka Putih dan berada dekat sini. Oh iya ini juga sangat berada dekat sekali dengan Bakso Taman Solo yang sangat terkenal itu.


Mampir aja kalau teman-teman lagi berada di daerah Cempaka Putih, tapi biasanya kalau sudah jam 2 siang, pangsit gorengnya sudah habis. Saya sendiri biasanya makan disini selalu di bawah jam 2, kalau di atas jam 2 pangsit gorengnya sudah habis saya sendiri sih mendingan makan besok aja.

Sekian dulu kalau begitu sharing dari saya mengenai bakmi enak di Jakarta ini. 


Baca juga :
  1. Mie Ayam Kurdi
  2. Bubur Ayam Di Cempaka Putih
  3. Gado-Gado Ating

Saturday, May 16, 2015

Museum Komodo dan Taman Reptilia

Blog Iman Prabawa - Bagi pencinta satwa maupun anda yang ingin mengajarkan anak agar menyayangi satwa, inilah tempat yang tepat untuk melihat, belajar dan berinteraksi langsung dengan hewan, terutama reptil khas Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat Fauna Indonesia

Di kompleks Taman Mini Indonesia Indah yang lua, terdapat seekor komodo raksasa. Sisik di sekujur tubuhnya berwarna gelap. Tubuhnya yang menjulang berdiri kokoh menghadap ke utara. Komodo sungguhan? Bukan! Komodo berlapir tembaga dengan panjang 72 meter, lebar 25 meter, dan tinggi 23 meter ini adalah replika biawak raksasa khas Indonesia yang dijadikan bangunan Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia. Masyarakat mengenalnya sebagai Museum Komodo.



"Museum ini hadir untuk memperkenalkan kekayaan berbagai jenis fauna endemik Indonesia, baik yang hidup di darat, laut dan udara." ujar Suci Sa'adiah, Kepala Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia. "Tujuan museum ini adalah agar masyarakat dan dunia tahu bahwa Indonesia sangat kaya akan satwa. Karena itu, museum ini sangat bermanfaat untuk edukasi dan rekreasi, juga wahana konservasi agar satwa-satwa ini tidak punah," jelas Suci.

Di dalam bangunan museum dua lantai yang menempati area seluas 1 hektar ini, terdapat sekitar 500 spesimen satwa opset (satwa mati yang kemudian diawetkan) dari 150 jenis dan koleksi reptil hidup sekitar 200 ekor dari 55 jenis.

Lantai pertama dipakai untku ruang pamer satwa opset yang disimpan dalam lemari pajang. Ragamnya banyak, ada mamalia, reptil, dan insekta. Penataan koleksi dibuat melingkar searah jarum jam. Tepat di bagian tengah, terdapat satwa opset berupa gajah, harimau, beruang dan landak. Sementara itu, di lantai dua, anda bisa menjumpai berbagai opset dari burung-burung asli Indonesia.

Dari mana satwa opset yang diawetkan berasal? Menurut Suci, biasanya hewan tersebut berasal dari penghuni museum yang sebelumnya mati karena sakit. Jadi, satwa opset ini bukan mati karena dibunuh, tapi karena sakit lalu diawetkan.

Di antara satwa opset tersebut adalah landak nokdia asal Papua yang sudah punah. Koleksi ini merupakan salah satu masterpiece musem yang banyak dicari pengunjung. Opset lain adalah harimau Sumatera, fauna lau seperti ikan, kerang, ketam, beruang madu, burung cendrawasih, dan banyak lagi.

Beberapa koleksi museum ini merupakan hibah dari masyarakat yang tidak boleh menyimpan atau memelihara satwa yang dilindungi, baik hidup maupun berbentuk opset. Setelah mengetahui bahwa satwa tertentu tidak boleh dimiliki oleh perorangan, mereka pun menyumbangkan hewan peliharaan tersebut ke museum.

Museum yang diresmikan pada 20 April 1978 awalnya hanya menampilkan berbagai fauna endemik asli Indonesia. Untuk meningkatkan daya tarik pengunjung, diresmikanlan Taman Reptilia sebagai saran penunjang edukasi dan rekreasi.

Taman tersebut terletak di pelataran gedung museum. Sesuai namanya, di tempat ini terdapat aneka reptil yang hidup dalam kandang khusu yang disesuaikan dengan habitat aslinya. Anda bisa menemukan buaya rawa, ragam ular berbisa (seperti ular phyton dan ular sanca), kura-kura, serta iguana dari Brazil. Di bagian belakang, terdapat kandang komodo yang merupakan favorit pengunjung. Di sana, anda bisa melihat dari dekat seekor komodo berusia 14 tahun dari pagar pembatas berdinding batu dengan kedalaman dua meter. Biawak raksasa ini lahir di Kebun Binatang Ragunan, lalu tumbuh dan besar di museum ini.

"Museum ini menjadi semacam show window bagi mereka yang ingin melihat komodo. Kami juga sertakan informasi bagi pengunjung yang ingin melihat komodo secara langsung ke habitat aslinya di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur," ungkap Suci.

Fasilitas lain yang dimiliki museum ini adalah Taman Sentuh. Di sini terdapat berbagai satwa jinak yang bisa dipegang, diajak foto bersama. Jangan khawatir, satwa-satwa ini sehat dan bersih. Bahkan, anda bisa bertanya langsung mengenai perawatan hewan kepada petugas yang ada.

Museum Komodo juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti berbagai komunitas yang peduli akan pelestarian komodo dan pencinta reptil. Bersama mereka, pihak museum melakukan aktivitas seperti coaching clinic dan edukasi seputar satwa.

Untuk perawatan reptil, Suci mengaku tidak terlalu sulit karena mereka hanya makan seminggu sekali, kecuali kura-kura yang harus diberi makan setiap hari. Pasokan makanan didatangkan khusus dari rekanan museum berupa ayam, marmut dan tikus putih, tergantung spesiesnya.

Selain perawatan yang baik dan hunian yang disesuaikan habitat asli, satwa-satwa hidup di museum ini juga dicarikan pasangan agar mereka bisa tetap bereproduksi. Di sinilah komunitas pencinta satwa diharapkan bekerja sama dengan pihak museum bila mereka memiliki pasangan satwa sejenis. Tujuannya agar satwa tersebut lestari.

Diharapkan, museum ini bisa menggugah kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap kekayaan fauna di Indonesia. "Melalui museum ini, kami ingin meluruskan anggapan bahwa reptil tidak menjijikkan dan menakutkan. Reptil bisa bersahabat dengan manusia, selama mereka dirawat dan diperlakukan dengan baik, " kata Suci.

Museum ini tepat sebagai media edukasi yang baik bagi anak-anak. Tak heran jika para guru sekolah kerap mengajak siswa mereka ke sini sebagai aplikasi dari teori yang disampaikan di kelas. Di sini, siswa bisa mengenal dan melihat langsung wujud asli satwa yang mereka pelajari di buku teks.


"Di Museum Komodo, anak belajar bagaimana memperlakukan satwa, mengenal habitat aslinya, apa makanannya, apakah masih ada di alam asli atau sudah punah, mana yang berbahaya dan mana yang tidak," ujar Suci.

"Yang tak kalah penting, museum ini ingin menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap sesama makhluk hidup," tandasnya.
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia
Kompleks TMII, Jakarta Timur 13560
Telp : 021-84009281
Tiket : Rp 15.000,-
Buka : Setiap hari, pukul 09.00-15.30
Sumber : Majalah Media Kawasan May 2015


Baca juga :
  1. Selamat Datang Di Kota Batam
  2. Taman Wisata Alam Mangrove
  3. Hotel Jatinangor Bandung