Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2015

Featured Post

Cara Naik Busway Untuk Pertama Kali

Blog Iman Prabawa - Hari ini saya pertama kali menggunakan busway untuk menuju ke kampus baru saya di Universitas Darma Persada. Karena saya mengalami kecelakaan motor maka saya sekarang tidak  lagi menggunakan motor, karena sudah menjadi trauma, kecelakaan motor ini membuat tangan kanan saya patah dan harus dipasang besi pen di tangan kanan saya ini.

Nah karena hari ini pertama kali saya menggunakan busway, saya mau sharing aja, karena saya yakin juga masih banyak juga yang belum pernah naik busway seumur hidupnya seperti saya dan ketika ingin naik busway kemudian bertanya kesana dan kesini.


Semoga sharing dari pengalaman saya naik busway untuk pertama kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang seperti saya, yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi busway ini.

Beli E-Ticket Terlebih Dahulu Nah sebelum saya naik busway tentunya saya bertanya-tanya dulu sama teman-teman saya yang sudah pernah menggunakan dan pernah naik busway. Dulu saya pernah satu kali diajak teman …

Beda Negara Beda Budaya Makan

Blog Iman Prabawa - Perancis terkenal akan kulinernya yang lezat. Tapi, nama-nama hidangan Perancis yang rumit bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi para penggemar kuliner di China.
Tantangan terbesar adalah persoalan linguistik. Bagaimana caranya menerjemahkan istilah seperti mouillettes (roti panggang kecil yang dicelupkan ke telur rebus setengah matang) atau mignardises (pastry mini yang disajikan bersama kopi untuk hidangan pencuci mulut)?



Perbedaan Negara Begitu Pula Dengan Budaya Makannya Di negara-negara dengan aksara latin, biasanya istilah Perancis tetap digunakan, disertai keterangan mengenai makanan tersebut. Masalahnya, China memiliki alfabet sendiri, dan istilah kuliner Perancis sulit dicari padanannya di dalam alfabet China.
Pada akhirnya, pemilik usaha kuliner memilih membuat terjemahan berupa deskripsi sedekat mungkin, misalnya "daging domba berbentuk bulat yang dipanggan" untuk noisette d'agneau en damier atau lobster biru Bellevue untuk homar…

Bakso Pakde Bakso Enak Di Bogor

Blog Iman Prabawa - Bakso Pakde, bakso enak di Bogor ini terletak di daerah Semplak Bogor, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Semplak, dekat dengan SD Negeri 2 Bogor. Disitu juga ada mesjid depan SD tersebut, dan tidak jauh dari SD dan mesjid tersebut bakso pakde ini berada.
Mas Budi pedagang bakso tersebut, yang biasanya memang dipanggil pakde oleh orang-orang disitu. Seperti ini nih gerobak baksonya mas Budi.



Bakso Pakde, Bakso Enak Di Bogor Saya biasanya kalau makan disini, hanya makan baksonya saja, tidak dengan mie atau bihunnya. Entah kenapa memang saya suka sekali dengan baksonya saja. Biasanya saya nambah dua mangkok kalau makan disini, dan bakso pakde ini biasanya juga ngga terlalu lama mangkal, karena sebentara saja biasanya sudah pada habis.
Banyak sekali anak sekolah yang beli bakso ini, karena memang dekat dengan sekolah. Tapi banyak juga yang beli dan kemudian dibungkus dibawa pulang. Saya melihat banyak motor mampir lalu kemudian pesan beberapa bungkus dan kemudian dibawa…

Pantai Sebong Pulau Bintan

Blog Iman Prabawa - Pantai Sebong ini terletak di Pulau Bintan, biasanya kalau saya sebutkan pulau Bintan banyak yang tidak tahu, baru kemudian kalau selanjutnya saya beri tahu kalau pulau Bintan itu letaknya berdekatan sekali dengan pulau Batam baru semua orang langsung tahu. Nama pulau Batam memang jauh lebih dikenal ketimbang pulau Bintan ya. Padahal di pulau Bintan ini sangat banyak sekali pantai yang indah-indah.
Salah satunya adalah pantai Sebong. Ini foto waktu saya berkunjung ke pulau Bintan dan memutar-mutar disana. Kebetulan saya iseng aja naik motor mengelilingi sekitaran pulau tersebut yang bisa saya capai dengan motor. Keliling-keliling aja seharian untuk tahu suasana pulau ini. Pulai ini memang masih sangat sepi sekali, penghuninya masih sangat sedikit sekali.

Foto ini saya ambil dengan menggunakan handphone saya Nokia N73. Masih handphone jaman jebot ya? Kemudian saya lagi belajar mengedit menggunakan Photoshop jadi saya edit saja, tapi memang pantai ini juga indah sih.

Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai

Blog Iman Prabawa - Tulisan saya mengenai nyawa di Indonesia belum dihargai ini terlintas ketika saya lagi makan di depan salah satu kampus. Lagi ada pembangunan disitu, saya melihat kok ya kaya gitu masangnya ya? Itu kalau pekerjanya jatuh nanti gimana? Jujur saya ngeri melihatnya! Tingkat keselamatan kerjanya sangat tidak dipikirkan!
Dan saya sendiri bukan sekali itu saja melihat yang model begini. Banyak sekali pastinya teman-teman akan menemui yang model begini. Dan sedih melihatnya! Apalagi waktu saya lagi makan mie ayam di dekat rumah saya, tiba-tiba terdengar bunyi bruk! Dan kemudian ada yang berteriak bahwa ada tukang bangunan yang jatuh dari lantai 3!
Tuh kan apa yang saya takutkan kejadian! Karena kalau kita melihat dari gambar di bawah ini ngeri sekali terlihatnya



Nyawa Di Indonesia Belum Dihargai Tuh ngeri kan? Gimana kalau tukangnya jatuh? Sangat berbeda sekali kalau kita lihat pekerjaan rumah di Jepang. Kebetulan waktu itu saya sempat ke Jepang meninjau pekerjaan rumah d…

Bakmi Enak Di Jakarta

Blog Iman Prabawa - Bakmi enak di Jakarta ini kebetulan berada di dekat rumah saya di daerah Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat. Bakmi ayam ini sudah ada lama, dari tahun 1991 kalau tidak salah. Dulu waktu saya pindah ke Cempaka Putih Jakarta dari Bogor pada tahun 1993, Bakmi Ayam ini sudah ada disini.

Bakmi Ayam Enak Di Jakarta Nama dari bakmi ayam ini adalah mie ayam Kurdi, yang jualnya memang namanya Bang Kurdi. Sekarang sih ada piliha mie ayam baksonya, sementara kalau dulu saya makan baksonya belum ada. Mungkin karena permintaan dan memang banyak yang suka dengan ada bakso makanya bang Kurdi ini kemudian menambahkan kita bisa minta tambah bakso di pesanan mie ayam kita.



Foto di atas ini saya ambil menggunakan handphone Asus saya, waktu kemarin-kemarin saya lagi pingin makan mie ayam. Kalau saya sih enak, tinggal jalan aja, karena letaknya sangat amat dekat sekali dengan rumah saya. Untuk 1 porsinya, kalau teman-teman hanya membeli mie ayamnya saja tanpa menggunakan bakso adalah …

Museum Komodo dan Taman Reptilia

Blog Iman Prabawa - Bagi pencinta satwa maupun anda yang ingin mengajarkan anak agar menyayangi satwa, inilah tempat yang tepat untuk melihat, belajar dan berinteraksi langsung dengan hewan, terutama reptil khas Indonesia. Mengenal Lebih Dekat Fauna Indonesia Di kompleks Taman Mini Indonesia Indah yang lua, terdapat seekor komodo raksasa. Sisik di sekujur tubuhnya berwarna gelap. Tubuhnya yang menjulang berdiri kokoh menghadap ke utara. Komodo sungguhan? Bukan! Komodo berlapir tembaga dengan panjang 72 meter, lebar 25 meter, dan tinggi 23 meter ini adalah replika biawak raksasa khas Indonesia yang dijadikan bangunan Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia. Masyarakat mengenalnya sebagai Museum Komodo.


"Museum ini hadir untuk memperkenalkan kekayaan berbagai jenis fauna endemik Indonesia, baik yang hidup di darat, laut dan udara." ujar Suci Sa'adiah, Kepala Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia. "Tujuan museum ini adalah agar masyarakat dan dunia …

Strategi Sukses Untuk Pengusaha Pemula

Blog Iman Prabawa - Demam wirausaha melanda angkatan kerja. Banyak yang tergiur cerita manis dari pengusaha yang sukses, meski sesungguhnya ada jalan terjal menuju ke sana. Berikut saran para pakar agar impian menjadi wirausaha terwujud nyata.
Perhatikan Sekitar Anda Kemungkinan, anda akan menemukan bahwa semakin banyak orang yang menjadi wirausaha, baik skala kecil maupun besar. Memang, sejak Gerakan Kewirausahaan Nasional dicanangkan oleh pemerintah pada 2 Maret 2011, jumlah wirausaha di Indonesia meningkat signifikan. Ini tentu menggembirakan, dan bisa jadi membuat anda tertarik untuk mengikuti jejak mereka. 
Namun menurut Roy Darmawan, SE, M.Psi, staf pengajar Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, sebagian besar wirausaha yang ada saat ini terbentuk karena kecelakaan, bukan perencanaan. Misalnya, mereka yang tidak kunjung diterima bekerja, korban PHK, atau sudah pensiun.


"Padahal, idealnya menjadi wirausaha itu direncanakan, bahkan dicita-citakan," …

Pelajaran Berharga Bagi Si Pemalas

Blog Iman Prabawa - Cerita ini berasal dari dongeng suku Indian Algonquin, dan tulisan ini saya ambil dari majalah Media Kawasan.
Dahulu kala, di sebuah hutan, hiduplah seekor kelinci bernama Ableegumooch. Ini adalah kisah ketika ia menjadi hewan pemalas yang membuat hidupnya dan neneknya susah. Bisakah Ableegumooch berubah?
Sebenarnya, Ableegumooch adalah seekor kelinci yang baik dan ramah. Dia suka bergaul dengan makhluk-makhluk hutan yang lain. Sayangnya, ia sangat malas bekerja. Ketika hwan lain sibuk mengumpulkan makanan, si kelinci hanya bermain-main. Neneknya sudah berulang kali mengingatkan agar Ableegumooch mencari makan, kalau tidak mereka akan kelaparan. Tapi, si kelinci lebih suka bersantai.
Berita ini sampai ke telinga Glooscap, pelindung hutan dan makhluk-makhluk di dalamnya. Glooscap memutuskan bahwa ia harus memberi peringatan terhadap si kelinci. Dari tempatnya yang sunyi dan terpencil, Glooscap naik ke atas kano dan mengayuhnya mengarungi Teluk Fundy untuk mencapai h…