Monday, December 21, 2015

Kasur Angin Mudah Bocor?

Blog Iman Prabawa - Kali ini saya mau sharing pengalaman saya membeli kasur angin belum lama ini. Memang kasur angin itu mudah bocor ya? Nah untuk hal ini saya juga baru tahu, sekalian saya ingin sharing pengalaman saya, mungkin teman-teman yang lain ada yang mengalami hal yang lain? Silakan sharing di bagian komen jadi kita bisa saling tahu juga.

Pengalaman Membeli Kasur Angin

Selama ini saya di kamar saya menggunakan sofa yang bisa dirubah menjadi tempat tidur. Dan lumayan bisa digunakan hingga sampai saya mengalami kecelakaan dan tangan saya patah. Kemudian saya harus dioperasi dan dipasang pen di tangan sebelah kanan saya.

Setelah seminggu saya dirawat di rumah sakit, ketika saya pulang dan mulai tidur di kamar saya itu, di kasur sofa itu baru saya merasakan masalah. Kasur itu menjadi tidak enak, mungkin karena tangan saya sakit ya? Darisitu kemudian saya jadi mikir untuk membeli kasur yang kecil aja, sofa itu menjadi tidak enak karena sambungannya sudah tidak bagus dan itu kerasa banget di badan saya. Yang biasanya tidak terlalu kerasa sekarang jadi terasa.



Kemudian saya iseng main ke Ace Hardware, biasanya memang saya suka iseng lihat-lihat barang di Ace Hardware dan kadang membeli barang yang tidak seharusnya dibeli. Saya suka aja seperti itu, melihat sesuatu, dan kemudian saya terlintas di pikiran saya, "Ah ini barang bisa digunakan untuk ini nih! Seru nih!" Lalu saya beli, makanya kalau saya ke Ace Hardware terus ditanya nyari apa, saya bingung, karena seringkali saya hanya muter-muter lihat-lihat barang dan tiba-tiba begitu terpikir suatu barang yang bisa digunakan untuk apa kemudian saya beli.

Nah pas saya muter-muter saya menemukan kasur yang bisa dipompa. Wah ini apaan nih?? Jujur saya sendiri baru tahu. Saya perhatikan mereknya Bestway, kasur yang bisa dipompa. Seru juga nih sepertinya, mungkin saya bisa gunakan untuk mengganti kasur sofa saya untuk saya tidur, pikir saya. Lalu kemudian saya bertanya sama petugas Ace Hardwarenya sebelum saya membeli, tanya dulu sehingga saya tahu cara penggunaannya dan memang benar peruntukannya untuk tidur. Karena saya sendiri jujur aja baru tahu ada yang namanya kasur angin.

Selama ini saya tahunya cuma perahu karet yang diisi dengan angin. Hihihi kriuk kriuk. Saya lihat harganya 199ribu, untuk yang ukuran single bed, 185 x 79 x 22cm. Ada juga yang ukuran double, tapi saya pikir saya butuhnya hanya saya sendiri jadi cukup nih yang ukuran ini. Terus saya nanya ini mompanya gimana? Kalau pake pompa sepeda bisa ngga? Lalu saya melihat ada pompa listrik disitu, jadi saya sekalian aja beli pompanya. Kalau tidak salah harga pompanya itu 135ribu.

Ah saya pikir cobain deh beli, mungkin ini asik nih buat tidur.

Kasur Bestway Nyaman Digunakan

Saya beli dan kemudian saya bawa pulang. Sampai di rumah langsung saya buka dan mulai memompa kasur tersebut, hingga bisa digunakan. Kita lihat penampakan dari kasur angin merek Bestway ini di kamar saya,

Kasur Angin Mudah Bocor

Seperti itu penampakan dari kasur angin Bestway yang saya beli di Ace Hardware itu. Di atas dari kasur itu terlihat pompa listriknya. Bentuk pompa listriknya kalau dilihat dari dekat terlihat seperti berikut ini,

Pompa Udara Elektrik

Dan ini kalau kita lihat dari tampak dekat kasur angin Bestway-nya,


Kasur Angin Bestway

Kemudian saya gunakan, saya coba tidur, dan saya jujur suka banget sama kasur ini!! Karena ternyata memang nyaman sekali. Biasanya kalau saya tidur di kasur yang nyaman saya jadi malas bangun. Ada bagus dan ada tidak bagusnya sih sebuah kasur yang bagus itu.

Kasur yang nyaman itu yang saya rasakan berdasarkan pengalaman saya, kalau kita bangun, pasti kita jadi malas bangun. Ah ntar dulu deh, masih ngantuk dan karena nyaman itu kasur, akhirnya kita tertidur lagi dan walhasil pekerjaan kita bisa jadi telat, sementara kalau kasur yang tidak terlalu nyaman biasanya saya begitu bangun langsung bangun ngga merasa ah ntar dulu ah. Teman-teman juga merasakan seperti itu ngga?

Nah kasur bestway ini di badan saya terasa nyaman sekali, sehingga begitu bangun saya merasa ah tidur lagi ah, masih ngantuk! Ngga benar nih! Yang ada jadi bikin malas kaya gini, enak sih memang tapi jadi memanjakan kita.

Saya senang dengan kasur ini, saya gunakan selama sebulan. Kemudian sofa di kamar saya, saya putuskan untuk saya keluarkan saja. Diganti dengan kasur ini. Dan ternyata eh ternyata seminggu kemudian apa yang terjadi?

Kasur Anginnya Bocor!

Setelah seminggu kemudian saya merasakan ada yang aneh dari kasur Bestway saya. Ini kok jadi kerasa lebih kempes ya? Biasanya ngga gini nih. Apa memang karena ngga pernah dipompa? Jadi saya pompa lah itu kasur.

Ternyata satu jam kemudian saya temukan kasur itu kembali kepada posisi semulanya lagi. Lah? Kok ini tetap ngga seperti biasanya, agak kempes gini? Ini bocor kali ya?? Sembari saya memompanya lagi. Kalau pake pompa elektrik ini enak, sebentar saya sudah ngembang jadi kitanya ngga cape, ngga sampe 5 menit juga sudah beres kasurnya berkembang.

Saya coba pompa lagi, dan saya biarkan, ternyata sejam kemudian sama juga! Lalu kemudian saya browsing aja di internet, ada juga ngga yang mengalami kasur anginnya bocor atau mengalami kempes seperti kasur angin yang saya punya?

Ternyata eh ternyata saya menemukan artikel di internet yang mengalami hal yang sama. Bahkan ketika dia membeli kasur angin Bestwaynya dia mendapatkan repair kit. Lha? Untuk apa diberikan repair kit kalau memang tahan ya? Berarti memang ini kasur memang kendalanya seperti ini, suka bocor. Saya baca artikelnya orang tersebut, dia baru menggunakannya selama 6 hari dan kemudian kasurnya bocor. Berarti masih mendingan saya dong ya? Saya menggunakann selama sebulan dan kemudian baru merasakan kasur angin saya bocor.

Saya tidak pernah pindahkan dari kamar saya dan memang saya gunakan untuk tidur setiap harinya. Dari artikel yang saya baca tersebut dari orang itu, saya membaca dia mencoba menambal bocor kasur anginnya. Setelah dia tambal, dan saya tahu proses mencari bocornya itu susah, karena saya kan beberapa kali ban motor saya bocor dan ketika menambal ban motor saya, saya melihat cara orang di dalam menambal ban motor, dicelupkan ke air sabun untuk melihat bagian mana dari ban tersebut yang bocor. Itu kalau ban, yang notabene ukuran ban motor itu kan kecil, nah ini kasur??? Ukuran 85 x 79 x 22cm akan sangat butuh waktu untuk nyari dimana bagian yang bocor dari kasur tersebut.

Wah saya pikir ngga deh kalau saya harus menambal kasur angin ini. Pengalaman orang yang menulis artikel itu juga bilang, dia berhasil menambal kasur anginnya, kemudian jadi kembali seperti sedia kala, kemudian beberapa hari kemudian kasur itu ternyata bocor lagi, tapi tempat bocornya sekarang berbeda. Dan dia mencoba menambalnya lagi sampai beberapa kali. Sampai akhirnya dia menyerah untuk terus menambal kasur itu dan akhirnya kasur itu dia biarkan saja bocor begitu saja.

Beli Kasur Angin Baru Atau Ganti Kasur?

Saya tadinya ingin mencoba beli kasur angin bestway yang baru, apakah akan begitu lagi? Tapi setelah membaca artikel itu, saya pikir ngga ah! Yang ada kaya gini mah buang-buang uang aja namanya dong ya! Ntar palingan bocor lagi dan bocor lagi dan bocor lagi, kalau disuruh nambal ngga deh, kalau bawa ke tukang tambal motor gitu dia mau ngga ya nambalin? Ah tapi paling juga ntar bocor lagi kan ya? Kan ngga seru kalau terjadi seperti itu, padahal kasur ini enak lho! Cuma kalau bocor begitu kan ngga lucu, begitu kita bangun kita sama aja seperti tidur di atas selembar tikar, karena kasurnya sekarang sudah kempes dan menjadi seperti tiker gitu.



Saya berpikir akan ganti kasur aja, lagi mikir mau beli kasur busa Inoac, ada teman-teman yang pernah menggunakan kasur busa Inoac itu? Sharing dong gimana pengalamannya menggunakan kasur busa itu.

Kasur Angin Mudah Bocor?

Tadi baru saja saya browsing dengan kata kunci "pengalaman menggunakan kasur angin" ternyata ada lagi yang mengalami kasus yang sama seperti yang saya alami ini. Bahkan dia juga sudah menambalnya sampai lima kali dan masih bocor juga.

Sepertinya kasur ini tidak bisa digunakan untuk terus menerus ya? Untuk sekali-sekali misalnya kalau kita pergi-pergi, terus misalnya menginap di hotel dan kita tidak ingin menambah kasur dari hotel tersebut, bisa tuh kita gunakan kasur ini. Atau kalau kita ingin pergi kemping atau menginap di kosan teman atau menginap di rumah teman atau menginap di udara terbuka kali ya. Mungkin dengan cara begitu akan lebih awet kali ya? Karena intensitas pemakaiannya juga jarang-jarang. Atau memang ngga usah digunakan sekalian aja kasur seperti ini ya? Hihihi kriuk kriuk.

Kasurnya sebenarnya enak, kalau saja kualitas tahan bocornya benar-benar bagus saya rasa akan banyak yang suka dan membeli kasur ini, tapi kalau memang keadaannya seperti begini, sebentar saja sudah bocor maka saya rasa juga orang akan malas untuk membelinya.

Saya sendiri saja udah berpikir ngga akan beli lagi, ngapain beli lagi kalau memang kasur angin mudah bocor? Kan jadi sayang uangnya tho? Sama nambah pekerjaan kita juga di dalam menambal kasur kita. Gimana dengan pengalaman teman-teman yang lain yang pernah menggunakan kasur angin juga, apakah memang kasur angin mudah bocor?


Baca juga :
  1. Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
  2. Buku Terlaris Amazon Tahun 2015
  3. Hukum 10ribu Jam Latihan

Sunday, December 13, 2015

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
Blog Iman Prabawa - Pada tulisan saya kali ini saya ingin sharing mengenai cara belajar bahasa Inggris lewat film. Sekarang ini di jaman internet seperti sekarang ini belajar bahasa memang terasa jauh lebih mudah ketimbang di saat jaman internet belum secepat dan seberkembang seperti sekarang ini.

Dulu itu kalau ingin belajar bahasa Inggris yang saya rasakan kalau kita ingin mencari bahan dimana kita bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris itu susah. Paling kita hanya belajar dari film, dan kalau film itu jaman dulu memang sudah banyak. Dulu jamannya laser disc, kita bisa belajar lewat laser disc menonton filmnya.

Kalau sekarang kita bisa hanya dengan modal kuota data yang banyak aja, kita belajar banyak. Bisa belajar lewat youtube, kita bisa lihat banyak sekali pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh orang bule. Mereka upload video mereka dimana mereka mengajarkan bahasa Inggris dengan gratis. Dan memang banyak yang mereka ajarkan adalah mengenai grammar.


Belajar Bahasa Inggris Dengan Orang Bule

Tapi saya kadang merasakan cukup aneh juga sih ada orang bule yang mengajarkan bahasa Inggris dari dasar sekali. Saya pernah coba download DVD-nya, dimana orang bule tersebut mengajarkan bahasa Inggris yang dia katakan untuk pemula sekali. Dan memang untuk pemula kalau saya perhatikan. Cuma masalahnya, itu ngga mungkin untuk pemula, karena untuk orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dia mendengar orang bule tersebut berkata dan menjelaskan saja sudah bingung.

Walau orang bule tersebut mengajarkan dengan dari dasar sekali. Coba bayangkan kalau saya mengajar orang bule bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Orang bulenya bingung ngga?

Contohnya, kita membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia ya, Ini Budi. Nah ketika saya menjelaskan hal itu saya menggunakan bahasa Indonesia juga, yang ada orang bulenya bakalan bengong kan? Walaupun kalimat yang saya ajarkan sangat sederhana sekali tetap aja orang bulenya akan bingung mendengarkan saya ngomong.

Dia dengar saya aja belum ngerti gimana dia mau mengerti apa yang saya ucapkan? Walau yang saya ucapkan dan saya ajarkan itu sangat amat sederhana. Ya ngga? Nah jadi kalau menurut saya kalau teman-teman memang dari nol sekali dan ingin belajar bahasa Inggris, carilah guru orang Indonesia dulu untuk pertamanya.

Jangan langsung guru orang bule, mending kalau orang bulenya bisa berbahasa Indonesia dengan fasih, nah kalau ngga? Kita berbahasa tarzan aja berarti di kelas komunikasi antara guru dengan muridnya kan?

Dan menurut saya cara itu sama sekali tidak efektif. Hanya keren aja, itu juga kalau ditanya orang. Loe belajar bahasa Inggris dimana? Gue belajar bahasa Inggris sama bule langsung nih! Jago dong loe sekarang bahasa Inggrisnya? Kita ngomong pake bahasa Inggris aja yuk kalau gitu? Terus begitu diajakin ngomong bahasa Inggris orangnya bengong. Terus loe ngapain belajar bahasa Inggris sama orang bule kalau ngga jago juga bahasa Inggris loe? Kan biar kelihatan keren di mata orang-orang. Hihihi kriuk kriuk.

Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Nah kembali ke topik kita mengenai belajar bahasa Inggris lewat film. Untuk teman-teman bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan film ini saya mau sharing caranya. Karena kalau teman-teman hanya sekedar banyak menonton film berbahasa Inggris tanpa tahu cara yang benarnya, hanya lewat begitu saja tentunya. Mau ribuan film yang sudah teman-teman tonton juga biasanya sih ngga akan ngaruh. Ngga akan menambah kemampuan berbahasa Inggris kita juga pastinya. Apalagi kalau setiap kita nonton film berbahasa Inggris selalu ada subtitle bahasa Indonesianya kan?

Yang ada kita baca terus tuh subtitlenya, dan kita merasa kita akan berkembang dengan begitu. Masalahnya ketika kita mendengar dan kemudian kita membaca subtitlenya, itu ada dua konsentrasi yang berlangsung, yaitu mendengar ucapannya dan juga membaca subtitlenya. Biasanya sih bagian mendengarnya jadi hilang aja gitu, dan kita jadi asik aja terus membaca subtitlenya, dan sampai sepuluh tahun kemudian tetap aja kita tidak bertambah juga kemampuan bahasa Inggris kita. Bukan begitu bukan?



Jadi caranya belajar bahasa Inggris lewat film yang efektif itu gimana? Caranya adalah teman-teman tonton dulu satu kali filmnya sampai habis, silakan aja kalau mau pasang subtitle bahasa Indonesia. Tonton aja sekali dulu sampai habis. Itu untuk teman-teman tahu dulu jalan ceritanya itu film sampai habis. Kemudian setelah film tersebut habis dan teman-teman tahu jalan ceritanya kemudian setelah ini kita mulai pembelajaran bahasa Inggris kita melalui film.

Kita bagi-bagi filmnya menjadi per sepuluh menit. Kita ulang lagi filmnya dan kita tonton sepuluh menit pertama. Kali ini tonton lagi dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Jadi tulisan di bawahnya itu adalah bahasa Inggris. Dan kita dengarkan perkataan si aktor dan aktrisnya kemudian kita baca subtitlenya. Disitu kalau ada kata yang tidak kita mengerti, kita catat kata-katanya dan kemudian kita coba cari artinya di kamus.

Ini tentunya akan menambah perbendaharaan vocabulary bahasa Inggris kita, dan juga kita jadi tahu juga penggunaan kata tersebut di dalam konteks percakapan langsung itu seperti apa. Sudah lakukan menonton selama sepuluh menit pertama dari film tersebut? Kemudian langkah berikutnya adalah ulangi lagi, kali ini subtitle bahasa Inggrisnya teman-teman matikan dan tidak ada subtitle sama sekali.

Dengan seperti itu teman-teman bisa menangkap ngga kata-kata yang mereka ucapkan? Kalau bisa, coba tuliskan satu per satu kata per kata yang mereka ucapkan tersebut selama 10 menit yang pertama. Tulis di kertas semua percakapan yang ada di film itu dalam sepuluh menit pertama. Kemudian setelah teman-teman berhasil menuliskannya kemudian ulangi lagi gih film tersebut. Tonton lagi sepuluh menit pertama tersebut kemudian nyalakan lagi subtitle bahasa Inggrisnya dan coba cocokkan apa yang sudah teman-teman tuliskan dengan apa yang ada di subtitle itu. Apakah sudah sama persis kah?

Kalau sudah sama persis berarti teman-teman sudah mempunyai pendengaran yang bagus dan bisa berlanjut ke sepuluh menit yang berikutnya. Tapi kalau masih ada yang salah, coba analisa salahnya dimana dan kemudian coba dengarkan dan tonton lagi bagian yang salah itu. Kemudian teman-teman juga bisa belajar pronunciation dengan mengikuti cara si aktor dan aktris tersebut di dalam mengucapkan kata-katanya.

Jadi teman-teman ulangi lagi saja film tersebut di sepuluh menit pertama kemudian dengan catatan dialog yang sudah teman-teman buat, ikuti ketika mereka ngomong. Kemudian rekam deh dengan menggunakan handphone teman-teman suara teman-teman ketika mengucapkan dialog yang ada di film tersebut dan kemudian dengarkan. Apa yang teman-teman ucapkan sudahkah terdengar sama seperti si orang bule aktor dan aktris yang ada di film tersebut?

Kalau belum ya tinggal terus teman-teman latih dan latih dan latih saja, hingga akhirnya ketika teman-teman rekam, teman-teman sudah bisa bilang bahwa sudah mirip nih pronunciation atau pelafalannya nih.

Nah dengan cara seperti ini tentunya teman-teman akan mendapatkan banyak hal dari menonton sebuah film. Ngga hanya lewat begitu saja, tapi kita bisa memperbanyak vocabulary kita, mempertajam kemampuan listening kita, kemudian juga belajar pronunciation kita dengan menirukan dialog di film tersebut dan kemudian juga menganalisa tenses yang mereka gunakan dalam ketika mereka berbicara dan kita jadi tahu kapan tenses itu digunakan, past tense misalnya. Oh ketika begini mereka ngomongnya dengan past tense nih. Kita kan jadi tahu secara praktek langsung dari film kan?

Dengan begitu nanti bisa kita gunakan di dalam percakapan kita. Dan bisa kita hafalkan juga kira-kira, jadi itu akan menambah vocabulary dan pengetahuan kita tentunya.

Nah gitu aja dulu dari saya ya mengenai belajar bahasa Inggris lewat film ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Wassalam.


Baca juga :
  1. Buku Terlaris Amazon Tahun 2015
  2. Mengenal Personal Pronoun
  3. Hukum 10ribu Jam Latihan

Saturday, December 12, 2015

Buku Terlaris Amazon Tahun 2015

Blog Iman Prabawa - Buku karangannya Harper Lee yaitu "Go Set a Watchman" menjadi buku terbaiknya Goodreads untuk kategori buku fiksi.

Buku karangan Ta-Nehisi Coates yang berjudul "Between the World and Me" menjadi buku yang dinominasikan untuk output sastra terbaik tahun ini.

Dan untuk buku yang terbilang menjadi buku yang paling laris terjual di amazon.com --penjual buku online terbesar di Amerika-- adalah bukunya Paula Hawkins yang berjudul "The Girl on the Train."

Amazon mengeluarkan daftar buku terlarisnya untuk tahun 2015 pada hari ini, dan daftar itu meliputi campuran antara buku mengenai sejarah, buku-buku novel dan misteri, dengan novelnya Hawkins yang bercerita mengenai seorang wanita pecandu alkohol yang berjuang untuk mengingat kejahatan yang terjadi berada pada posisi nomor satu.



Posisi kedua dari daftar Amazon tersebut ditempati oleh bukunya E.L James, buku versi mengenai "Fifty Shades of Grey" yang diceritakan menurut sudut pandangnya Christian Grey, "Grey".

Buku kontroversial karangan Lee yang berjudul "Watchman" sebuah draft awal yang kemudian menjadi buku "To Kill a Mockingbird" berada pada posisi ke-3. Walaupun begitu buku ini merupakan buku cetak terlaris, sementara bukunya Hawkins terjual melalui Kindle donwload atau versi digital.

Penulis senior terlaris juga menempati peringkat di daftar 20 teratas. David Baldacci, Lee Child, John Grisham dan Nora Roberts semuanya masuk dalam daftar Amazon, begitu juga Erik Larson and David McCullough, penulis dari buku peringkat 20 teratas karya buku versi non-fiksi, "Dead Wake" dan "The Wright Brothers".

Terutama, dua buku mewarnai juga masuk ke dalam daftar 20 peringkat teratas, sebuah tanda bahwa trend belum bergeser.

Inilah daftar lengkap dari 20 buku teratas di Amazon :
  1. "The Girl on the Train" karangan Paula Hawkins
  2. "Grey: Fifty Shades of Grey diceritakan menurut sudut pandang Christian" karangan E.L. James
  3. "Go Set a Watchman" karangan Harper Lee
  4. "The Nightingale" karangan Kristin Hannah
  5. "Memory Man" karangan David Baldacci
  6. "Make Me: A Jack Reacher Novel" karangan Lee Child
  7. "Rogue Lawyer" karangan John Grisham
  8. "The Girl in the Spider's Web" karangan David Lagercrantz
  9. "Dead Wake: The Crossing of the Lusitania" karangan Erik Larson
  10. "Silent Scream" karangan Angela Marsons
  11. "14th Deadly Sin (Women's Murder Club)" karangan James Patterson with Maxine Paetro
  12. "Old School: Diary of a Wimpy Kid Book 10" karangan Jeff Kinney
  13. "Enchanted Forest: An Inky Quest and Coloring Book" karangan Johanna Basford
  14. "The Wright Brothers" karangan David McCullough
  15. "Adult Coloring Book: Stress Relieving Patterns" karangan Blue Star Coloring
  16. "The Liar" karangan Nora Roberts
  17. "Luckiest Girl Alive" karangan Jessica Knoll
  18. "The Crossing" karangan Michael Connelly
  19. "The Stranger" karangan Harlan Coben
  20. "A Spool of Blue Thread" karangan Anne Tyler

Diterjemahkan dari artikel di CNN.com - Have you read Amazon's best-selling book of 2005?


Baca juga :
  1. Hukum 10ribu Jam Latihan
  2. Beda Negara Beda Budaya Makan
  3. Pertarungan Antara Capung dan Monyet