Cara Mengirim Sepeda Motor Lewat Kereta Api

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau sharing pengalaman saya mengirim sepeda motor melalui kereta api yaitu melalui PT KAI atau PT Kereta Api Indonesia.

PT KAI ini punya layanan KALOG Express yang bisa untuk kita mengirim sepeda motor, dan nantinya sepeda motor kita itu akan dikirimkan melalui kereta api. 

Cara Mengirim Sepeda Motor Lewat Kereta Api

Sebenarnya ngga cuma sepeda motor aja yang bisa dikirimkan melalui KALOG Express ini. KALOG atau singkatan dari Kereta Api Logistik ini yang saya lihat sih bisa mengirimkan paket-paket juga, tapi karena saat ini saya butuhnya mengirimkan sepeda motor dari Bandung ke Bogor, maka saya mengirimkannya sepeda motor ini.


Caranya Gimana?

Yang saya sharingkan ini adalah pengalaman saya mengirimkan motor melalui KALOG Express ya, atau pengiriman melalui kereta api. Kalau melalui pengiriman yang lain, saya ngga tahu.

Caranya adalah kita harus datang ke agen-agen KALOG Express yang ada di kota kalian. Coba kalian search aja di Google Maps, dan kalau saya, karena saya kebetulan domisili saya sekarang itu di kota Bandung, maka saya mencarinya agen KALOG Express yang lokasinya dekat dengan rumah saya dan itu saya menemukan ada tiga tempat yaitu pertama Agen Gedebage, dan yang kedua Agen Rancaekek sementara yang ketiga adalah Agen Jatinangor.

Saya coba datang ketiga tempat tersebut dan akhirnya memutuskan untuk mengirimkan sepeda motor saya melalui Agen Gedebage karena petugasnya ramah sekali, dan kemudian ketika saya bertanya berapa biayanya, mereka bisa langsung mengirimkan rincian biayanya.

Saya biasanya datang dulu untuk survey tempat dan mengetahui detail biayanya terlebih dahulu sebelum saya mengirimkan sesuatu. Jadi, saya datang di hari Senin dan kemudian baru di hari Jum'atnya saya mengirimkan sepeda motor saya.

Untuk lokasi Google Mapsnya saya mencari dan mendapatkan lokasinya, ini saya embedkan aja ya di bawah ini agar kira-kira kalian mudah ketika mencari agen-agen KALOG Express di kota kalian.

Nah, jadi kalian tinggal cari aja agen KALOG Express di kota kalian dan kalau saya boleh menyarankan sih, datangi terlebih dahulu sebelum kalian mengirimkan motor kalian agar kalian tahu detail lokasinya di mana dan juga detail biaya pengirimannya berapa.

KAI Logistik Gedebage

Itu jam bukanya mungkin berbeda-beda kali ya, saya juga ngga tahu sih, tapi kalau yang di Gedebage ini bukanya dari hari Senin sampai dengan hari Jumat dari jam 8.30 sampai jam 16.30. Oh iya, saya baru ingat, waktu saya ke KALOG yang di Rancaekek, saya tanya ke petugasnya, bukanya itu cuma sampai jam 15.00. Jadi, memang berbeda-beda tiap agen sepertinya sih.

Syaratnya Apa Saja?

Untuk mengirimkan motor melalui KALOG Express ini, yang saya dapatkan agak sedikit berbeda. Di KALOG Express Gedebage, syaratnya hanya fotokopi STNK saja, ngga perlu STNK aslinya. Sementara kalau di KALOG Express Rancaekek, diharuskan STNK asli dan juga fotokopi KTP.

Jadi, mendingan ditanyakan langsung aja di agen di kota kalian syaratnya apa aja karena yang saya dapatkan antara agen Gedebage dengan agen Rancaekek aja berbeda.

Syaratnya udah dua itu aja sih, STNK dan KTP, detail antara harus asli atau cukup fotokopiannya aja bisa, silakan coba ditanyakan langsung di agen KALOG Express di kota kalian ya.

Biayanya Berapa?

Biayanya tentunya berbeda-beda ya tergantung tujuan kalian. Kalian sebenarnya bisa mengecek kisaran tarifnya berada di websitenya KALOG. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk coba ngecek tarif sepeda motor yang akan kalian kirimkan tersebut.

Biaya Kirim Motor

Kalau saya untuk biayanya, totalnya kena Rp 417.500,- dan itu sudah termasuk biaya packing. Oh iya, buat kalian yang belum tahu dan mengira pengiriman motor itu tinggal diangkut aja dan ngga ada packing, seperti dulu saya mengira juga begitu, ternyata tidak seperti itu.

Motor kita akan dipacking dan seperti terlihat pada foto di atas, biaya packingnya adalah Rp 80.000,- sementara tarif pengiriman dari Bandung ke Bogor itu adalah sebesar Rp 337.500,-. Nah, angka Rp 417.500,- adalah total biaya pengiriman dan biaya packingnya.

Packingnya menggunakan bubble wrap dan biaya pengiriman sepeda motor ini sudah termasuk helm. Jadi, kalau helm kalian mau sekalian dikirimkan barengan dengan motornya, bisa banget dan ngga perlu nambah biaya lagi.

Oh iya, sebelum dipacking, motor kalian juga akan dicek terlebih dahulu oleh petugasnya. Petugasnya mengecek terlebih dahulu sebelum motornya dipacking, dan setelah dicek, nanti ada cek listnya yang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cek List Pengiriman Motor

Nah, baru setelah dilakukan pengecekan oleh petugasnya, baru deh selanjutnya si petugas akan mempacking motor kita menggunakan buble wrap. Kalau sudah dipacking, nanti kita tinggal bayar aja biayanya, dan bayar biayanya langsung di hari itu juga.

Pengirimannya itu akan dikirimkan ke agen yang berada di kota tujuan kalian ya. Jadi, ngga ke rumah tujuan kalian, tapi ke agen yang ada di kota kalian, dan nanti setelah motornya sampai, kita akan diberitahu melalui WA bahwa motornya sudah sampai dan tinggal kita yang datang ke agen di kota tujuan tersebut untuk mengambil motornya.

Jadi, pengirimannya ngga kaya pengiriman barang yang sampai di rumah ya, ini sampainya di agen dan kemudian tinggal kita sendiri yang mengambil motornya di agen tersebut.

Tapi tadi, petugasnya sempat bertanya, "Mau dikirim ke agen di kota tujuan? Atau dikirim sampai ke rumah?" Bisa aja kalau kita minta dikirim sampai ke rumah, tapi biayanya beda. Kita akan perlu menambah uang lagi kalau memang ingin motornya dikirimkan sampai rumah. Kalau saya tidak memilih untuk mengirimkan motornya sampai rumah, karena jauh lebih mahal.

Oh iya, pastikan tangki bensin motor kalian itu ngga penuh ya, karena tangki bensinnya nanti juga akan dikosongkan saat dikirim sehingga sayang kalau tangki bensin motor kalian dalam kondisi penuh ketika kalian mengirimkan motor.

Nanti sampai di kota tujuan pasti bensinnya udah tinggal sedikit sekali, karena memang saat dikirimkan bensinnya akan dikeluarin sampai tinggal sedikit sekali.


Motor Sampai Di Bogor

Nah, motor sudah sampai di Bogor, dan saya mencari lokasi agen KALOG yang berada di Bogor Tengah dan ketemulah saya dengan agennya.

Agen KALOG Bogor Tengah

Sebelum saya ke sini, saya sudah mendapatkan WA dari KALOG yang menyatakan bahwa motor saya sudah sampai dan sudah bisa diambil, itulah mengapa kemudian saya datang ke sini untuk mengambil motor saya.

WA Motor Sampai

Jadi, memang nanti kalian akan dihubungi terlebih dahulu oleh pihak KALOG ketika motor yang kalian kirimkan sudah sampai.

Dan karena memang bensinnya dikosongkan, itulah mengapa, disarankan untuk membawa bensin tapi sebenarnya sih masih bisa sampai ke pom bensin terdekat atau minimal beli bensin di pinggir jalan yang dekat dengan agen tersebut. Tapi kalau memang kalian sama sekali ngga tahu apakah dekat dengan pom bensin atau di dekat agen tersebut ada yang jualan bensin pinggir jalan, maka memang sebaiknya membawa bensin sendiri karena memang bensinnya itu dikosongkan dan benar-benar tinggal sedikit sekali yang tersisa.

Service Point Bogor Tengah

Setelah saya datang dan kemudian memperlihatkan bukti pengiriman atau resi pengirimannya karena untuk motor ini kan saya sendiri yang mengirimkannya dan saya sendiri juga yang mengambilnya di kota tujuan, jadi saya tinggal menunjukkan resinya saja.

Buat yang mengambil berbeda dengan yang mengirimkan silakan dibawa aja syarat untuk pengambilan yang disampaikan lewat WA oleh agen KALOG yang bersangkutan.

Setelah itu, saya tinggal menunggu saja motor saya diunpacking seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Motor Dipacking

Terlihat motor saya yang sudah sampai dalam keadaan terpacking seperti itu dan terlihat juga petugas KALOG Bogor Tengah lagi unpacking motor saya, dan saya tinggal tunggu aja sampai proses unpacking motor saya selesai.

Helm saya yang saya ikutkan juga terlihat kan di motornya dalam keadaan terpacking atau bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Helm Terpacking

Jadi, yang kita lakukan ketika mengambil motor kita yang sudah sampai kemudian adalah menunggu saja sampai motor kita selesai diunpacking dan setelah itu tinggal kita pake aja. 

Kebetulan saya saat itu tidak membawa bensin, jadi saya bertanya ke petugas di situ, di mana pom bensin terdekat, dan ternyata tidak ada pom bensin yang terdekat tapi ada yang jual bensin di pinggir jalan di dekat situ.

Jadi, setelah motor saya siap diunpacking, saya langsung menuju ke bensin pinggir jalan dulu untuk ngisi 1 liter bensin di situ baru kemudian melanjutkan perjalanan saya dan kemudian baru deh ngisi di pom bensin.

Kesimpulan 

Singkatnya adalah seperti berikut ini proses pengiriman sepeda motor melalui KALOG Express:
  1. Datang ke agen KALOG Express terdekat di kota kalian. 
  2. Bawa STNK asli dan KTP, juga fotokopiannya.
  3. Motor akan dicek petugas.
  4. Motor dipacking.
  5. Kita akan dimintai no WA dan juga no WA orang yang akan nanti mengambil motornya, sehingga ketika motor sudah sampai, mereka bisa memberitahu orang yang akan mengambil motor tersebut di kota tujuan melalui WA. 
  6. Nama penerima motor di kota tujuan. Kalau saya, karena saya sendiri yang akan menerima motor tersebut di kota tujuan, maka nama penerimanya ya sama aja.
  7. Membayar biaya pengiriman.
Setelah itu, tinggal kalian tunggu aja motornya sampai di kota tujuan. Lama pengirimannya adalah 1 sampai dengan 4 hari.

Setelah motor kalian sampai di kota tujuan, nanti kalian akan di WA oleh agen di kota bersangkutan, dan tinggal kalian atau orang yang akan mengambil motor tersebut di kota tujuan datang ke agen di kota itu dan kemudian barang akan diunpacking dan selanjutnya tinggal dibawa pulang aja.

Selesai deh. Semoga sharing dari saya bisa bermanfaat buat kalian yang ingin mengirimkan motor lewat kereta api.

Komentar