Contoh Penggunaan I'm Done

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Di artikel kita kali ini, kita akan melihat contoh-contoh dari penggunaan frasa kata [I'm done] dari cuplikan-cuplikan adegan yang saya ambil dari film sehingga kita bisa lebih mudah untuk memahami dan mengingatnya serta tahu juga kapan menggunakannya.

Contoh Penggunaan I'm Done

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Sebelum kita melihat contoh-contoh cuplikan adegan di mana diucapkan frasa kata [I'm done] ini, saya akan jelaskan terlebih dahulu artinya sehingga nanti saat kita melihat contoh-contoh cuplikannya akan lebih mudah buat kita.

Arti I'm Done

Frasa kata [I'm done] ini sebenarnya bisa mempunyai beberapa arti tergantung dari situasi dan konteksnya.

Arti yang pertama dari [I'm done] adalah [saya sudah selesai] yang biasanya diucapkan ketika kita sudah selesai mengerjakan sesuatu terus kita mau ngasih tahu kalau pekerjaan kita itu udah selesai. Nah, kita bisa tuh ngomong [I'm done] dengan maksud bahwa pekerjaan kita sudah selesai.

Arti yang kedua dari [I'm done] adalah [kelar hidup gue] yang biasanya diucapkan setelah kita melakukan sebuah kesalahan yang akibatnya fatal, misalnya di pekerjaan kita melakukan sebuah kesalahan yang berakibat kita bisa dipecat dari pekerjaan kita, nah setelah kita melakukan kesalahan fatal tersebut, kita bisa tuh ngomong [I'm done].

Arti yang ketiga dari [I'm done] adalah [gue udahan] dalam artian kita udah bosen sama sesuatu hal yang kita kerjain. Misalnya kita main game dan ternyata gamenya itu ngga enak, ya udah terus kita udah males main kita udahan aja sambil ngomong [I'm done], di sini mungkin ada arti yang sama dengan arti yang pertama yaitu sudah melakukan sesuatu tapi ada konotasi bahwa kita udahan karena kita udah muak dan males sama game tersebut, bukan karena kita sudah menyelesaikan game tersebut sampai tamat.

Nah, sekarang mari kita tonton yuk cuplikan-cuplikan adegan dari film di mana frasa kata [I'm done] ini diucapkan biar kita bisa lebih memahami makna dari ketiga arti [I'm done] yang sudah saya jelaskan ini.

Contoh-contoh Penggunaan I'm Done

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film serial TV, This Is Us, Season 4 Episode 3. (2016). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan dari cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Miguel: Jack? Jack, what happened? (Jack? Loe kenapa?)

Jack: He fired me. Yeah, I'm done. Miguel.. Hey, hey. Where are you going? Miguel? (Gue dipecat. Yah, kelar dah gue. Miguel.. Hei, hei. Loe mau ke mana? Miguel?)

Si Boss: Rivas, not now. (Rivas, ngga sekarang.)

Miguel: Jack has been with this company for almost 20 years. He's a hard worker. He has a great relationship with our crews and he brings the best chili to the company cookouts. So, if he goes, I go. (Jack itu udah bersama perusahaan ini selama hampir 20 tahun. Dia seorang pekerja keras. Dia punya hubungan yang baik dengan orang-orang di kantor kita dan dia juga membawa keuntungan yang besar untuk perusahaan. Jadi, kalau dia dipecat, saya juga akan ikut mundur.)

Jack: Miguel, look, you don't have to.. (Miguel, loe ngga perlu..)

Miguel: I'm your most successful upper-level account manager. Five of the eight most lucrative deals we made last year I brought those clients in. So, I want you to ask yourself, Pritchard. What's worth more? The 20,000 dollars we're gonna lose today or the hundreds of thousands that you will lose when me, Jack, and all my cash-rich clients walk out of here. Cause I will do it. I will walk out of here today and I will not look back. (Saya adalah manajer tingkat atas Anda yang paling sukses. 5 dari 8 kesepakatan yang paling menguntungkan untuk perusahaan ini yang kita buat tahun lalu adalah dari saya. Jadi, sekarang saya ingin bertanya kepada Anda, Pritchard. Mana yang lebih menguntungkan? 20.000 dollar yang kita rugi hari ini atau ratusan ribu dollar yang tidak akan Anda dapatkan karena saya, Jack dan klien-klien kaya lain yang akan pergi dari sini. Karena saya pasti akan melakukannya kalau Anda pecat Jack. Saya akan pergi dari sini dan saya tidak akan pernah kembali lagi.)

Di cuplikan adegan tersebut, si Jack membuat satu kesalahan yang membuat perusahaan tempat dia bekerja rugi 20.000 dollar dan itu menyebabkan akhirnya si Jack dipecat dari perusahaannya. Dan kalian lihat, si Jack seperti pusing dan menyesali perbuatannya tapi sebenarnya karena dia itu sama sekali tidak tahu, dan kemudian Miguel yang merupakan bos sekaligus teman baiknya dia, bertanya dia kenapa, dan dia jelasin semuanya ke si Miguel.

Dan karena si Miguel itu merupakan sahabat baiknya si Jack dan tahu banget Jack itu orangnya adalah seorang pekerja keras dan dia pasti membuat kesalahan fatal itu bukan karena disengaja dan karena ketidaktahuannya dia, maka dia langsung masuk ke ruangan bosnya untuk minta agar Jack tidak dipecat.

Tapi perhatikan si Jack ketika berkata,
Yeah, I'm done.
[I'm done] yang diucapkan si Jack di sini itu punya maksud kaya misalnya orang Indonesia ngomong [kelar deh hidup gue] karena si Jack baru aja membuat satu kesalahan yang fatal banget buat perusahaan sehingga perusahaannya rugi 20.000 dollar.


Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai contoh penggunaan [I'm done] ini dan kalau nanti saya menemukan lagi contoh yang lain lagi, Insya Allah, akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments