Contoh Penggunaan Tell Me About It

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Nah, di artikel kali ini saya akan mengumpulkan contoh-contoh dari film di mana diucapkan kata-kata [tell me about it], jadi kita bisa melihat sendiri bagaimana para native English speakers itu menggunakan kata-kata ini.

Contoh Penggunaan Tell Me About It

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Tapi sebelum kita melihat contoh-contoh adegan film yang saya kumpulkan di mana diucapkan kata-kata [tell me about it] ini, saya akan jelaskan terlebih dahulu artinya agar kita bisa lebih mudah untuk mengerti saat menonton cuplikan adegan filmnya.


Arti Tell Me About It

Frasa kata [tell me about it] ini sebenarnya bisa punya dua arti. Yang pertama itu arti kata per kata, atau biasanya disebut dengan istilah arti harfiahnya.

Secara arti harfiahnya, [tell me] artinya [katakan atau ceritakan kepada saya], lalu [about it] artinya adalah [mengenai hal itu]. Jadi, arti harfiah dari [tell me about it] adalah,

Ceritakan kepada saya mengenai hal tersebut.

Ini sebenarnya bisa juga dipake dalam arti kata harfiahnya, tapi seringnya memang lebih ke arti kiasannya, karena frasa kata ini masuknya ke dalam idiom, di mana kalau idiom itu biasanya arti yang sebenarrnya itu berbeda dengan arti harfiahnya.

Ada artikel dari BBC Learning English yang menjelaskan mengenai arti dari [tell me about it] ini tapi mereka juga memberikan contoh percakapan yang saya screenshot di bawah ini. Untuk ke artikel BBC-nya kalian bisa klik di sini.

Contoh Penggunaan Tell Me About It Arti Harfiah

Saya tuliskan ulang percakapannya di bawah dengan terjemahan Bahasa Indonesianya ya.

Rob: And hello, I’m Rob. I am so exhausted today! I feel like I could fall asleep right now. (Dan, halo, saya Rob. Saya cape banget hari ini! Rasanya saya pingin langsung tidur aja sekarang.)

Jiaying: Tell me about it! (Ceritakan kepada saya mengenai hal itu!)

Rob: Well, I kind of just did. You see, I have been watching a TV series, and last night I watched it for so long that I didn’t get much sleep and now I’m really tired. (Kayanya tadi saya udah cerita deh. Saya itu habis nontonin serial TV gitu, dan tadi malam saya nonton lama banget, sampai saya ngga tidur dan sekarang saya cape banget.)

Jadi, si Rob itu mengartikan kata-katanya si Jiaying [tell me about it] itu sebagai arti harfiah, makanya setelah si Jiaying ngomong [tell me about it] dia langsung jelasin tuh. Nah, itu arti secara harfiahnya begitu ya, tapi biasanya sih lebih seringnya dipake arti idiomnya, atau arti kiasannya dari frasa kata [tell me about it].

Arti kiasan dari frasa kata [tell me about it] itu adalah ucapan untuk menyetujui apa yang baru saja diucapkan oleh lawan bicara kita, karena kita setuju dan kita sebagai pendengar juga mengalaminya, dan punya perasaan yang sama juga.

Nah, kalau melihat penjelasan itu, lalu terjemahan [tell about it] ke dalam Bahasa Indonesia, terjemahannya apa? Bisa banyak terjemahannya, tergantung situasinya. Bisa diterjemahkan sebagai,
Iya banget.
Atau bisa juga,
Aku juga sama.
Nanti kita lihat aja ya dari adegan film yang saya ikutsertakan di sini biar kalian bisa melihat situasinya juga dan di situ nanti kalian akan melihat terjemahan dari [tell me about it] saya terjemahkan sebagai apa.


Contoh-contoh Penggunaan Tell Me About It

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film serial TV, This Is Us, Season 4 Episode 17 (2016). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Berikut adalah percakapan dari cuplikan adegan di atas dengan terjemahan Bahasa Indonesianya.

Kevin: Hey, Kirby! (Hei, Kirby!)

Kirby: Hey, everyone. (Hei, semuanya.)

Kevin: We got a seat for you. (Ada kursi tuh untuk kamu.)

Kirby: Oh, thank you. God, this place makes me feel so old. (Terima kasih. Ah, tempat ini membuat saya jadi merasa tua banget deh.)

Ibunya Kevin: Oh, tell me about it. (Banget.)

Kevin: Kirby used to play here back in the day. He was a pretty famous musician. (Kirby itu dulu suka main di sini, mah. Dia musisi yang cukup terkenal.)

Ibunya Kevin: Really? (Seriusan?)

Kirby: No, no, nah, no. Your son is being very generous. I.. I was in an REO Speedwagon cover band and we'd a small but loyal following. So, you can laugh. (Ngga, ngga, ngga kok, bu. Anaknya ibu aja yang suka melebih-lebihkan. Saya.. Saya dulu di band yang khusus ngebawain lagu-lagunya band REO Speedwagon, dan dulu itu kita punya fans yang kecil tapi loyal. Silakan kalau ibu mau ngetawain saya.)

Ibunya Kevin: I would never. (Ngga lah, saya ngga bakalan ngetawainlah.)

Nah, di sini ceritanya itu si Kevin ikutan kaya semacam teater atau seni peran gitu, lalu dia perform dan kemudian setelah perform dan performnya berjalan dengan sangat baik, dia ngenalin gurunya si Kirby ke ibunya dia.

Di tempat itu, lebih banyak anak mudanya ketimbang orang-orang yang seumuran sama si Kirby, makanya kemudian si Kirby, gurunya si Kevin itu ketika dipanggil ke meja mereka, berkata,
God, this place makes me feel so old. (Tempat ini membuat saya jadi merasa tua banget deh.)
Karena lebih banyak anak mudanya ketimbang orang yang seumuran dia di situ. Lalu ibunya si Kevin yang juga mengalami hal yang sama, karena bisa jadi ibunya si Kevin sama si Kirby itu kurang lebih umurnya seumuran, maka dari itu kemudian ibunya Kevin berkata,
Oh, tell me about itu. (Banget.)
Nah di sini saya terjemahkan sebagai [banget] karena si ibunya juga merasa begitu. Dan perhatikan, di sini [tell me about it] tidak diartikan sebagai arti harfiahnya karena kalau diartikan sebagai arti harfiahnya, si Kirby pasti akan ngomong dan menjelaskan seperti yang contoh dengan Rob dan Jiaying di atas itu. Tapi di situ si Kirby ngga menjelaskan kan? Makanya tidak dan jangan diartikan sebagai arti harfiahnya yaitu [ceritakan kepada saya mengenai hal itu].

     Baca juga: Contoh Penggunaan I'm Done

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai contoh penggunaan frasa kata [tell me about it] ini dan nanti kalau saya menemukan lagi contoh-contoh adegan yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Sampai ketemu ya kalau gitu. Bye now.

Comments