Dari Bandung ke Bogor Naik Travel Lintas

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya sharing pengalaman saya naik travel dari Bandung ke Bogor.

Ada beberapa pilihan travel yang bisa kita pilih sebenarnya kalau kita mau naik travel dari Bandung ke Bogor atau dari Bogor ke Bandung tapi di tulisan saya kali ini saya sharing pengalaman naik travel Lintas.

Dari Bandung ke Bogor Naik Travel Lintas

Semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat ya buat teman-teman yang memang lagi pingin coba naik travel dari Bandung ke Bogor atau dari Bogor ke Bandung tapi bingung naik apaan. Ini bisa jadi salah satu opsi aja yang bisa teman-teman cobain.


Cara Pesan Tiket Lintas Travel

Pertama, kita perlu untuk pesan tiketnya terlebih dahulu, dan untuk pesan tiket Lintas Travel ini, kita langsung masuk aja ke websitenya, kalian bisa cari di Google dengan kata pencarian "lintas shuttle" dan nanti akan muncul websitenya.

Terus kita pilih tanggal dan tujuan keberangkatan kita. Karena saya dari daerah Cibiru maka cabang Lintas yang dekat dan nyaman buat saya itu di Metro Indah Mall (MIM) Bandung.

Metro Indah Mall Bandung

Ada juga sih cabang Lintas yang di Jatinangor, tapi kalau saya lebih enak yang di Metro Indah Mall Bandung ini sih. Itulah mengapa saya lebih memilih untuk naik Lintas Travel di cabang yang di MIM ini.

Saya pilih berangkat pagi hari jam 6.30 seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Tiket Lintas

Setelah kita memilih waktu keberangkatan kita, selanjutnya tinggal kita bayar aja. Ada beberapa pilihan pembayarannya, bisa bayar pake Gopay, bisa bayar transfer bank kalau ngga salah sampai bisa juga bayar di Indomaret atau di Alfamart.

Setelah bayar, nanti akan ada e-tiketnya dikirimkan ke email kita, jadi pastinya kita perlu mempunyai alamat e-mail ya.

Harga tiketnya saat saya menggunakan Lintas Travel ini dari Bandung ke Bogor adalah Rp 130.000,- Di e-tiketnya kalau tidak salah diberitahukan bahwa kita perlu datang 15 menit sebelum waktu keberangkatan, jadi kalau saya pesan tiket jam 6.30 maka saya sudah harus ada di cabang Lintas Travel jam 6.15

Saat Keberangkatan

Pengalaman saya dengan keberangkatan Lintas Travel ini beberapa kali saya gunakan, sangat on time sekali sih. Benar-benar berangkat pas di jam 6.30, dan di keberangkatan saya yang kali ini, kebetulan ada ibu-ibu yang telat. Jadi, ada dua ibu yang lagi nunggu temannya, dan mereka minta ditungguin dulu karena temannya lagi perjalanan ke sini, cuma batas toleransinya hanya 5 menit saja, ketika ngga ada, ya udah mereka berangkat.

Untuk masalah ketepatan waktu saat berangkat ini saya sangat salut sekali sih! Itulah kenapa saya masih tetap menggunakan Lintas Travel kalau saya mau ke Bogor.

Cabang Lintas MIM Bandung
Cabang Lintas MIM Bandung

Armada Lintas di MIM Bandung
Cabang Lintas MIM Bandung

Oh iya, cabang Lintas Travel yang ada di MIM Bandung ini juga yang saya rasakan lebih nyaman juga kita nunggunya karena ruang tunggunya juga cukup nyaman seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Ruang Tunggu Lintas MIM Bandung


Ruang Tunggu Lintas MIM Bandung

Saat keberangkatan, kita datang dulu ke cabang Lintas Travel di mana kita memesan tiketnya, lalu kita datangi petugasnya dan tunjukkan e-tiket kita ke mereka. Dulu saya pernah satu kali beli tiketnya langsung di situ, cuma kalau beli di tempat seperti itu, bisa untung-untungan, kalau masih ada kursi yang kosong ya kita bisa dapat tapi kalau kursinya udah penuh dibooking, maka kita tidak bisa mendapatkan tiket.

Jadi, memang lebih aman kalau kita membeli tiketnya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kita sih kalau menurut saya.

Saat kita check in dengan menunjukkan e-tiket kita itu, kita nanti akan diberikan bonus botol air minum seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Bonus Air Minum Lintas

Oh iya, saat kita memesan tiket, kita akan memilih kursi yang mana di dalam mobilnya, dan nanti urutan kursi yang kita pilih baru akan kita gunakan saat kita transit di Rest Area KM 125.


Transit Di Rest Area KM 125

Kita akan transit terlebih dahulu di Rest Area KM 125. Jadi, saat mobil Lintasnya berangkat, ngga akan langsung menuju ke Bogor, tapi kita akan transit dulu di Rest Area KM125 dan hal tersebut juga diberitahukan saat kita check in.

Ada yang mikir, "Ngapain sih mesti pake transit-transit segala?" Itu sih memang masalahnya, tapi sepertinya dilakukan hal seperti itu untuk penghematan, jadi dikumpulin dulu tuh yang pada mau ke Bogor, ngga cuma dari satu cabang aja, dari beberapa cabang, terus mereka semua nanti dipertemukan di Rest Area KM 125 baru deh setelah itu kita langsung berangkat ke Bogor.

Transit di KM 125
Transit di Rest Area KM 125

Saat transit itu kita turun dan akan berganti mobil, dan saat kita naik mobil Lintas yang baru, di situlah nanti urutan kursi kita baru akan digunakan. Kalau saya misalnya memilih duduk di urutan kursi 10, maka di sinilah urutan kursi 10nya baru diterapkan.

Saya hitung transit di Rest Area KM 125 ini sekitar 20 menit, mungkin kisaran waktu tunggu transitnya itu antara 15 sampai dengan 30 menit kali ya.

Lintas Di Rest Area KM 125
Counter Lintas di Rest Area KM 125

Dan nanti akan ada mobil Lintas yang datang lalu menurunkan penumpang lagi di sini, dan di sini kita tinggal menunggu saja. Memang itu sih salah satu yang ngga enaknya, pake transit seperti ini.

Mobil Lintas Transit di Rest Area KM 125
Mobil Lintas Transit di Rest Area KM 125

Nanti setelah datang mobil yang tujuan ke Bogor, kita akan dipanggil oleh petugas, "Yang tujuan Bogor, silakan bisa masuk ke dalam mobil."

Ya udah, kita tinggal naik aja. Jadi, di Rest Area KM 125 ini ngga cuma yang tujuan Bogor aja transitnya di sini tapi yang saya dengar ada yang ke arah Grogol, Jakarta dan juga beberapa tujuan lain, transitnya di sini juga.


Berapa Lama Bandung Bogor?

Saya berangkat jam 6.30 dari cabang Lintas di MIM Bandung dan jam 10 pas itu mobil kita sudah sampai di Bogor Trade Mall. Jadi, kurang lebih Bandung Bogor kalau naik Travel Lintas ini memakan waktu 3,5 jam.

Satu hal yang saya sendiri kurang suka dengan Lintas Travel ini adalah supirnya ngebut! Dulu awal saya naik Travel Lintas ini saya duduknya di depan, di samping supir, tapi setelah tahu supirnya bawa mobilnya ngebut banget kaya gitu, saya jujur aja ngeri, dan sekarang ngga mau lagi duduk di depan di samping pak supir.

Semoga ini menjadi perhatian pihak Lintas Travel karena kan berbahaya kalau ngebut-ngebut kaya gitu, bawa mobilnya juga sering sekali saya perhatikan mobilnya ngebalap lewat jalur kiri di jalan tol. Wah, ngeri banget deh beneran!

Yang kali ini juga saya rasakan masih sama juga, masih ngebut juga! Entah ya kalau orang lain senang ngebut-ngebut kaya gitu, kalau buat saya sih, hal ini bikin jantungan!

Memang kalau dibandingkan dengan bawa mobil sendiri, naik Lintas Travel ini masih jauh lebih cepat. Saya kalau bawa mobil sendiri dari Bandung ke Bogor makan waktu 4 jam-an kurang lebih, ngga pernah kurang dari 4 jam sih karena saya sendiri juga kalau bawa mobil ngga suka ngebut-ngebut.


Lintas Travel di Bogor Trade Mall

Akhirnya mobil kita sampai di Bogor dan karena ada yang minta turunnya ngga di Bogor Trade Mall (BTM) maka mobil Lintas Travel pun berhenti di Kentucky Fried Chicken (KFC) Bogor yang dekat dengan Tugu Kujang.

Sampai di Bogor
Sampai di Bogor!

Cuma bisa turun di situ sih setahu saya, kalau memang kita tidak ingin turun di Bogor Trade Mall karena di KFC itu kan ada parkirannya, jadi si mobil Lintas ini akan masuk dulu ke area parkiran KFC Bogor dan kemudian berhenti di situ, jadi ngga berhenti sembarangan di pinggir jalan.

Setelah menurunkan penumpang yang ingin turun di situ, lalu kemudian kita melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Bogor Trade Mall.

Lintas Travel yang ada di Bogor Trade Mall ini berada di sisi kiri dari Bogor Trade Mall kalau kita masuk dari arah luar. Tapi Lintas Travel yang sekarang itu agak pindah tempat sedikit dari tempatnya yang lama. Kalau menurut saya, tempatnya yang dulu jauh lebih bagus ketimbang yang sekarang.

Kalau yang dulu itu penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Cabang Lintas BTM Yang Dulu
Cabang Lintas BTM Yang Dulu

Lokasinya yang dulu itu berada dekat dengan Steak Moen Moen sementara yang sekarang itu agak mundur sedikit ke belakang.

Cabang Lintas BTM Yang Sekarang
Cabang Lintas BTM Yang Sekarang

Setelah mobilnya berhenti dan parkir di dalam gedung parkir khusus buat mobil Lintas, kalau mobil yang di atas itu sepertinya mobil yang udah siap untuk berangkat ke Bandung atau ke Jakarta.

Begitu kita turun, kita masuk lewat pintu yang terlihat pada foto di bawah ini.

Pintu Masuk Lintas BTM

Dan setelah keluar dari ruang tunggu Lintas Travel itu, kita tinggal jalan lurus terus aja ke depan, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Samping BTM
Menyusuri Jalan Ini Sampai Ke Luar BTM

Nah, kita tinggal susuri aja jalan ini dan kita akan sampai di lobby Bogor Trade Mall (BTM) ini dan selanjutnya kita bisa naik angkot atau kita bisa naik Gojek atau lanjut naik Gocar dari sini tergantung ke arah mana tujuan kita selanjutnya.


Kesimpulan

Kalau menurut saya, saya masih merasa nyaman naik Lintas Travel ini, namun memang hal yang saya ngga suka naik Lintas Travel ini adalah supirnya yang bawa mobilnya ngebut-ngebut parah! Aduh ampun deh! Bener-bener nakutin bawa mobilnya, walau saya pernah dapat pengemudi mobil Lintas yang bawa mobilnya ngga ngebut tapi mayoritas pada ngebut dan bikin jantungan!

Kalau masalah transit-transitnya kalau buat saya sendiri ngga masalah sih walau memang untuk beberapa orang hal ini jadi masalah besar buat mereka. Tinggal kalian sendiri aja yang memutuskan dan mencobanya sendiri, gimana nih menurut kalian naik Lintas Travel ini, dan kalau kalian masih bisa mentoleransinya seperti saya, ya udah saya sih akan menggunakan terus armada Lintas ini karena kebetulan masalah tepat waktunya emang TOP BANGET sih! Berangkatnya on time sekali!

Sejauh ini saya belum pernah ngerasain ada delay atau berangkat ngga sesuai jadwal. Itu pengalaman saya ya, mungkin teman-teman yang lain pernah ngalamin hal yang berbeda dengan yang saya alami, silakan bisa komen di bawah ya biar teman-teman yang lain yang ingin menggunakan jasa Lintas Travel juga bisa tahu juga.

Kalau begitu sekian dulu ya sharing dari saya mengenai pengalaman saya naik mobil Lintas Travel dari Bandung ke Bogor. Sampai ketemu lagi.

Komentar