Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kembali kita di bagian kuliner, dan kali ini saya mau ngebahas tentang kuliner yang ada di Bogor yaitu Toge Goreng Ibu Hj. Omah yang lokasinya berada di dekat toko roti yang terkenal di Bogor yaitu Bogor Permai.

Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Saya mau sharing pengalaman saya aja makan di toge goreng Ibu Hj. Omah ini dan apa yang saya sharingkan ini tentunya menurut selera lidah saya karena pastinya setiap orang kan selera beda-beda ya.


Lokasi Google Maps Toge Goreng Hj. Omah Bogor

Lokasinya berada di samping toko roti Bogor Permai dan kalau kalian nanya ke orang Bogor, pastinya orang-orang Bogor pada tahu di mana toko roti Bogor Permai karena toko roti ini termasuk toko roti yang lejen di kota Bogor.

Tapi untuk lebih memudahkan kalian yang ingin nyobain makan toge goreng di sini, saya embedkan Google Mapsnya di bawah ini.

Tempatnya terbilang kecil tapi kalau kalian bawa mobil, parkiran mobilnya cukup luas, jadi aman kalau kalian membawa mobil. Cuma memang karena lokasinya berdekatan dengan toko roti lejen ini yang biasanya cukup rame, kalau di hari-hari libur gitu, biasanya memang rame mobil-mobil yang datang ke daerah sini karena di dekat sini juga terdapat tempat makan yang juga banyak didatangi orang-orang. 

Tampak Depan Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Tampak depan dari Toge Goreng Ibu Hj. Omah itu seperti yang terlihat pada foto di atas. Tempatnya kecil dan bersebelahan persis dengan duplikat kunci dan sebelahnya dari duplikat kunci itu adalah toko roti lejen di Bogor yaitu Bogor Permai.

Lokasi Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Dan kalau kita lihat dari foto di atas, kalau kita ke arah kiri itu kita akan masuk ke jalan Sawojajar, di mana di jalan Sawojajar itu terdapat Soto Kuning yang enak di Bogor dan juga ada mie ayam Bangka AL yang cukup terkenal di Bogor.

Di daerah jalan Sawojajar yang dekat dengan lokasi Toge Goreng Ibu Hj. Omah ini memang juga terdapat banyak sekali makanan enak yang dijual di situ. Tidak heran mengapa daerah ini kalau di hari libur biasanya cukup rame mobil-mobil yang datang ke sini.


Toge Goreng Enak Di Bogor

Kalau saya sendiri, jujur, ngga terlalu suka sama yang namanya toge goreng. Dulu ada toge goreng yang terkenal banget di Bogor yaitu toge goreng Pak Gebro. Itu saya ingat banget karena orang tua saya suka sekali makan di situ dan biasanya kita suka beli dan dibungkus, dan itu ampun deh yang beli banyak banget dan ngantri aja.

Tapi seingat saya, saya ngga terlalu suka dengan toge goreng itu dan saya juga pernah makan di toge goreng Gang Aut yang cukup punya nama juga di Bogor, tapi tetap saya ngga terlalu suka dengan toge goreng.

Tapi untuk toge goreng Ibu Hj. Omah ini saya awalnya makan di sini ngga sengaja karena kebetulan nganterin orang tua dan mereka ingin makan di sini, saya yang udah beberapa kali makan toge goreng berpikir, "Ah, udah lah, saya mah ngga makan aja. Udah tahu rasanya toge goreng dan saya juga ngga terlalu suka juga."

     Baca juga: Nasi Kuning Bu Jupe

Tapi kemudian karena saya sama istri dan istri belum pernah sama sekali makan toge goreng, maka istri saya memesan satu porsi toge goreng Ibu Hj. Omah ini. Kemudian saya ikutan nyicipin toge goreng dari istri saya itu, saya ngga pesan karena saya pikir saya ngga terlalu suka juga ya dengan toge goreng.

Tapi begitu nyicipin toge goreng pesanan istri saya itu, saya kaget! Lho? Kok rasanya beda ya? Yang ini ENAK nih! Beda sama toge goreng-toge goreng yang pernah saya makan sebelumnya. Karena penasaran gara-gara iseng nyicipin toge goreng istri saya itu, akhirnya saya juga pesan satu, dan memang enak.

Tapi biasanya saya itu kalau makan itu perlu 3 kali untuk benar-benar ngerasain, kalau emang enak, tiga kali makan di tiga kesempatan yang berbeda, kalau tetap enak, berarti memang enak itu makanan buat saya.

Lalu di kesempatan yang lain, saya datang lagi sama istri saya, dan kita makan lagi di situ, dan masih tetap enak rasanya! Wah, kalau gitu, beneran enak ini toge goreng Ibu Hj. Omah, yah, setidaknya untuk lidah saya toge goreng ini enak!


Harga Toge Goreng

Untuk harga seporsi toge gorengnya saat saya makan adalah Rp 22.000,- seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Harga Toge Goreng

Di sini setahu saya jualannya cuma toge goreng dengan kerupuk mie. Kerupuk mie itu benar-benar padanan yang pas sih kalau menurut saya kalau kita makan toge goreng ini seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Kerupuk Mie dan Toge Goreng

Harga seporsi yang saya sebutkan di atas itu sudah termasuk ketupat sih, nanti paling ditanya sama yang jualnya, "Mau pake ketupat atau ngga?" karena ada juga yang ngga suka pake ketupat. Kalau saya sih kebetulan pake ketupat.

Penampakan begitu kita pesan dan sampai di meja kita adalah seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Seporsi Toge Goreng

Nanti kalau mau tambah kerupuk mienya, kita tinggal bilang aja, atau kita bisa ambil sendiri karena memang digantung kerupuk mienya itu. Bisa kita lihat di foto di bawah ini.

Kerupuk Mie Digantung

Bisa dilihat kan ya ada yang digantung itu? Di samping tulisan toge goreng 22rb, kerupuk mie 11rb itu ada yang digantung-gantung kan? Nah itu dia kerupuk mienya. Kalau kita mau, kita tinggal ambil sendiri aja.


Suasana Makan Di Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Kalau hari libur biasanya penuh dan kebetulan waktu saya ke sana itu hari Minggu, jadinya memang rame yang datang seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Suasana Makan Di Toge Goreng Bu Hj. Omah

Waktu itu kalau ngga salah, saya harus nunggu dulu sampai yang makan ada yang keluar baru saya bisa masuk dan makan karena tempatnya kan kecil, jadi kalau penuh, kita harus nunggu dulu di luar sampai ada yang beres makan baru deh kita bisa makan.

Yang saya fotokan itu di dalamnya, sementara kalau di luarnya ada juga tempat tapi lebih sedikit, paling hanya bisa untuk 4 orang saja. Jadi, ya memang kalau lagi penuh, kita harus sabar dan mau rela nunggu sampai ada yang selesai makan, baru deh kita bisa makan.

Kalau dibungkus dan dibawa pulang, dibungkusnya seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Toge Goreng Dibungkus

Dibungkusnya pake daun gitu, saya lupa nama daunnya apa yang dipake untuk ngebungkus itu. Kemarin sih saya beli dibungkus untuk dibawa ke Bandung, dan kalau mau beli untuk dibawa pergi jauh, tanya dulu aja sama yang jualnya.

Seperti saya, mau bawa ke Bandung, terus sama dia jadi bumbunya itu dia pisah, sehingga perjalanan jauh pun, masih ngga akan bau. Tapi mungkin tetap ada batasnya ya, jadi ya ditanyakan aja langsung sama penjualnya kalau memang mau dibawa pulang dan cukup jauh perjalanannya.

Buat lidah saya, toge goreng Ibu Hj. Omah ini merupakan toge goreng yang paling enak yang pernah saya cobain. Gimana kalau menurut teman-teman sendiri yang sudah pernah mencobanya? Buat yang belum mencoba, saya sangat menyarankan teman-teman buat nyobain sendiri enaknya toge goreng Ibu Hj. Omah ini biar bisa tahu sendiri, apakah memang enak, atau memang bukan termasuk selera kalian.

Silakan dicobain sendiri ya karena tiap orang kan seleranya beda-beda, tapi toge goreng ini layak buat dicoba kalau kalian kebetulan lagi main ke kota Bogor.

Komentar