Contoh Penggunaan Good Night

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Di artikel ini, kita akan melihat contoh-contoh adegan di mana diucapkan kata-kata [good night] sehingga kita tahu di situasi yang seperti apa sih [good night] itu diucapkan oleh para native English speakers.

Contoh Penggunaan Good Night

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Tapi, sebelum kita melihat contoh-contoh adegan yang kebanyakan saya ambil dari film tersebut, saya akan menjelaskan sedikit mengenai arti dari [good night] ini.


Arti Good Night

[Good night] itu artinya adalah selamat malam, tapi diucapkannya itu pada saat seseorang sedang hendak berpisah dengan orang yang lainnya.

Jadi, [good night] itu tidak pernah diucapkan saat kita baru saja bertemu dengan seseorang di malam hari. Nanti, kita akan lihat dari cuplikan adegan film benar ngga apa yang barusan saya bilang tersebut.


Apa Beda Good Night Dengan Good Evening

[Good evening] artinya juga sama dengan [good night] yaitu selamat malam. Tapi perbedaan antara [good evening] dengan [good night] adalah di penggunaannya.

Kalau [good evening] diucapkan saat kita baru saja bertemu dengan seseorang di malam hari, sementara saat kita hendak berpisah dengan orang tersebut maka kita akan mengganti sapaan kita menjadi [good night] dan bukan [good evening] lagi.

Jadi, itulah perbedaan antara [good evening] dengan [good night] yaitu kalau [good evening] itu diucapkan di awal saat seseorang baru saja bertemu sementara [good night] itu diucapkan di akhir saat kedua orang tersebut hendak berpisah di malam hari.


Contoh-contoh Penggunaan Good Night

Agar kalian bisa lebih mudah menghafalnya, mari kita tonton cuplikan-cuplikan adegan yang saya kumpulkan dari film, kebanyakannya sih, tapi nanti kalau saya menemukan juga yang bukan dari film, misalnya dari youtube video, saya akan juga tambahkan di sini juga sehingga kalian bisa melihat contoh-contoh yang banyak dari penggunaan [good night] oleh para native English speakers di kehidupan nyata mereka.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film serial TV, This Is Us, Season 4 Episode 7 (2016). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Berikut adalah percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya.

Mr. Lawrence: Well, um, I'll see you at the parent-teacher meeting. (Kalau begitu sampai ketemu di pertemuan orang tua murid dan guru.)

Bapaknya Randall: See you there. (Sampai ketemu di sana.)

Mr. Lawrence: Yup. (Ya.)

Bapaknya Randall: Good. (Oke.)

Istrinya Mr. Lawrence: Good night. (Selamat malam.)

Di adegan di atas, ceritanya bapaknya si Randall mengundang gurunya Randall yang namanya Mr. Lawrence ke rumah karena si Randall itu suka banget dengan cara ngajarnya Mr. Lawrence itu sehingga bapaknya ingin kenal.

Dan Mr. Lawrence pun memenuhi undangan makan malam dari bapaknya Randall, di rumahnya Randall, dan setelah mereka ngobrol banyak, tiba saatnya Mr. Lawrence mau pulang, dan seperti yang kalian lihat, setelah mereka berdua berbicara, si Mr. Lawrence jalan ke mobilnya, kemudian istrinya Mr. Lawrence mengucapkan [good night].

Benar kan? Diucapkan pada saat hendak berpisah di malam hari seperti yang saya jelaskan di atas?


Cuplikan adegan yang kedua, masih dari film yang saya, This Is Us, Season 6, Episode 14 (2022). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Inggrisnya dan juga sedikit penjelasan mengenai kosakata yang digunakan di situ, kalian bisa membacanya di artikel saya yang judulnya Contoh Penggunaan Call It a Night.

Seperti yang kalian lihat pada cuplikan adegan di atas, setelah si Kevin mengucapkan [good night] ke Arielle, lalu mereka pun berpisah. Jadi, [good night] itu memang diucapkan saat seseorang hendak berpisah dengan seseorang di malam hari.


Cuplikan adegan yang ketiga, masih dari film yang sama, This Is Us, Season 6 Episode 14 (2022). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Untuk percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan penjelasan singkat kosakata yang digunakan di situ, kalian bisa membacanya di artikel saya yang judulnya Contoh Penggunaan I'm Good

Seperti yang kalian lihat di cuplikan adegan tersebut, [good night] ini diucapkan saat si Cassidy dan Kevin mau berpisah. Kalian lihat setelah mereka mengucapkan [good night] kemudian mereka berpisah kan?


Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai contoh penggunaan [good night] dan nanti kalau saya menemukan lagi contoh yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di artikel saya yang lain, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments