Contoh Penggunaan What's the Deal

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan melihat contoh-contoh dari penggunaan frasa kata [what's the deal] di dalam Bahasa Inggris dari cuplikan-cuplikan adegan yang saya kumpulkan dari film.

Tujuan saya ngumpulin cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata [what's the deal] ini biar kita jadi tahu bagaimana para native English speakers menggunakan frasa ini dan di situasi yang seperti apa aja dan kemudian artinya bisa kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai apa aja.

Contoh Penggunaan What's the Deal

Saya akan menjelaskan artinya sedikit sebelum kita menonton cuplikan-cuplikan adegan di bawah ini biar kalian yang kebetulan mampir ke artikel ini bisa nyambung juga. 

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Kalau begitu yuk langsung aja kita bahas mengenai frasa kata ini.


Arti What's the Deal

[What's the deal] itu biasanya diucapkan kalau kita ingin tahu sesuatu atau saat kita melihat sesuatu yang aneh terus kita penasaran dan ingin tahu, nah kemudian diucapkanlah frasa kata ini.

Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesianya apa? Nanti kita lihat aja langsung dari cuplikan adegannya karena terjemahannya bisa berbeda-beda tergantung dari situasi dan konteksnya makanya perlu melihat dulu situasinya seperti apa sebelum kita menerjemahkannya.

Tapi ada kemungkinan [what's the deal] itu bisa diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai,

Dia kenapa sih?

Tapi kita tetap perlu melihat terlebih dahulu situasinya seperti apa agar nanti terjemahannya bisa lebih pas, tapi ini hanya untuk gambaran aja biar kalian punya gambaran aja, dan nanti kalau di situasi yang lain ternyata terjemahannya berbeda, ya jangan kaget. 

Seperti yang saya bilang, situasi berbeda maka terjemahannya juga bisa ikut berbeda juga, semua tergantung konteks dan situasi.


Contoh Penggunaan What's the Deal

Cuplikan adegan pertama yang akan kita tonton, saya ambil dari film This Is Us (2016). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Saya jelaskan situasinya di adegan film ini ya biar kalian bisa nyambung. Nah, di adegan film itu kan mereka para prajurit Amerika yang ceritanya lagi diterjunkan di perang Vietnam, nah si Jack ini, dia jabatannya sersan di situ dan dia ikutan di perang Vietnam itu bukan karena kena wajib militer, adiknya sebenarnya yang kena wajib militer, dianya ngga kena karena dia punya penyakit, jadi bisa bebas dari wajib militer, tapi karena adiknya kena wajib militer, dia jadi ingin melindungi adiknya, dan dia kemudian maksain untuk ikut wajib militer biar bisa ngelindungi adiknya di Vietnam.

Ternyata mereka ditugaskan di tempat yang berbeda di Vietnam dan si sersan Jack ini minta ke atasannya Nicky untuk bisa disatukan hanya untuk dua minggu saja dan atasannya si Nicky ini memperbolehkannya hanya untuk dua minggu aja.

Lalu, si Nicky bergabunglah di peletonnya si Sersan Jack ini, dan pada saat makan, si Nicky, adiknya si sersan Jack ini menyendiri aja gitu, ngga ikutan gabung sama prajurit yang lain. 

Karena itulah kemudian prajurit yang lain jadi bertanya dan mengeluarkan frasa kata ini. Dia bertanya seperti ini,
Hey, uh, what's the deal with your brother, Sarge? 
Yang di konteks ini saya terjemahkan kalimat di atas ke dalam Bahasa Indonesia sebagai,
Itu adiknya kenapa, Sersan?
Si prajurit itu bertanya ke atasannya, si sersan Jack dan kemudian seperti yang kalian lihat, si Nicky sendirian gitu dan lagi ngerokok. Dia penasaran aja, kenapa adiknya si sersan Jack ngga ikutan makan sama mereka, mungkin dia lagi ada masalah, dan makanya kemudian dia nanya dengan menggunakan frasa kata [what's the deal] yang kemudian saya terjemahkan seperti terjemahan di atas.

Lalu si sersan Jack menjawab dengan bilang bahwa adiknya itu ngga kenapa-kenapa, ngga ada masalah, dia cuma lagi kangen sama rumah aja.

     Baca juga: Contoh Penggunaan Duh

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai contoh penggunaan frasa kata what's the deal dan kalau saya menemukan lagi contoh yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Sampai ketemu lagi di artikel saya yang lain, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments