Contoh Penggunaan Not That I Know Of

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Seperti biasa, di artikel ini, kita akan menonton contoh-contoh cuplikan adegan yang saya ambil dari film di mana diucapkan frasa kata [not that I know of] sehingga kita bisa tahu kapan dan di situasi yang seperti apa mereka menggunakan frasa kata ini.

Contoh Penggunaan Not That I Know Of

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna di blog ini.

Trakteer Saya

Seperti biasa, sebelum kita nontonin cuplikan adegan-adegan tersebut, saya akan sedikit menjelaskan mengenai artinya sehingga saat kita menonton cuplikan adegan-adegan itu, kalian tidak akan bingung.


Arti Not That I Know Of

[Not that I know of] kalau menurut Collins Dictionary adalah frasa kata yang diucapkan saat seseorang bertanya kepada kita dan kita berpikir bahwa jawabannya adalah tidak tapi kita tidak terlalu yakin karena kita tidak mengetahui semua faktanya.

Jadi, sederhananya [not that I know of] itu artinya adalah tidak. Kalau di bahasa Indonesia, biasanya orang Indonesia akan ngomong seperti ini,

Sejauh yang saya tahu sih tidak.

Ini lebih formal tapi [not that I know of] juga memang kesannya formal. Kalau lebih santai, biasanya orang Indonesia bakalan ngomong kaya gini,

Setahu saya sih tidak.

Tapi ini juga akan masih ada rasa formalnya juga sih, tapi kalian mengerti maksudnya kan ya? 


Contoh-Contoh Penggunaan Not That I Know Of

Contoh yang pertama saya ambil dari film Downton Abbey, Season 1, Episode 5 (2010). Yuk, mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Berikut adalah percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan bahasa Indonesianya.

Matthew: I play, too. I'm coming up for dinner tonight. I suspect I'm there to balance the numbers. Is it in aid of anything? (Saya bermain juga kok. Saya akan datang di acara makan malam nanti malam. Sepertinya saya datang hanya untuk membuat angkanya seimbang saja. Acara makan malam nanti malam itu dilakukan dalam rangka untuk suatu kegiatan kah?)

Mary: Not that I know of. Just a couple of dreary neighbours, that's all. (Setahu saya sih tidak. Hanya mengundang tetangga-tetangga yang membosankan saja kok.)

Matthew: Maybe I'll shine by comparison. (Kalau dibandingin dengan mereka mungkin saya yang ngga akan membosankan.)

Di cuplikan adegan ini, Mary ngobrol sama Matthew dan si Matthew ini nanyain soal acara makan malam yang diadain di rumahnya si Mary, yang mana si Matthew juga diundang dan juga akan datang. Dia menanyakan apakah acara makan malam yang diadakan di rumahnya si Mary itu bertujuan untuk penggalangan dana atau kegiatan apa gitu?

Dan kemudian si Mary menjawabnya dengan berkata,

Not that I know of. (Setahu saya sih tidak).

Jadi, dengan mengatakan [not that I know of] itu si Mary pingin bilang bahwa acara makan malam itu diadakan bukan karena tujuan penggalangan dana atau dalam rangka kegiatan apaan gitu. Acara makan malam biasa aja yang ngundang tetangga-tetangga yang menurut dia membosankan.


Contoh yang kedua, masih dari film yang sama, Downton Abbey, Season 1, Episode 5 (2010). Mari kita tonto cuplikan adegannya di bawah ini.

Berikut adalah percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta dengan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bapak-bapak: Sorry, Miss. But Mister Crump's staying over at the Skelton estate tonight. He's working there all week. (Maaf, Nona. Bapak Crumpnya ngga ada karena dia pergi ke Skelton estate dan menginap di sana. Dia bekerja di sana selama satu minggu ini.)

Sybil: Is there anyone else? (Apa ada orang yang lain selain dia?)

Bapak-bapak: Not that I know of. (Setahu saya sih tidak ada.)

Jadi, ceritanya itu Sybil dan Gwen pergi ke kota karena si Gwen itu ada panggilan kerja, dan mereka naik kuda. Begitu mereka pulang, itu sepatu kudanya bermasalah sehingga mereka kemudian harus mencari orang yang bisa membetulkan sepatu kudanya.

Lalu mereka dirujuk ke bapak Crump dan kemudian sesampainya mereka di tempat bapak Crump ternyata bapak Crump itu sedang pergi untuk satu minggu dan kemudian mereka bertanya apakah ada orang lain selain bapak Crump di situ yang bisa membantu mereka dan bapak yang ditanya oleh Sybil menjawab dengan kalimat,

Not that I know of. (Setahu saya sih tidak ada.)

Jadi seperti itu penggunaan [not that I know of] di sini, digunakan untuk mengatakan ngga ada orang lain di situ yang bisa seperti bapak Crump.

     Baca juga: Contoh Penggunaan Oh My God

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai contoh-contoh penggunaan dari [not that I know of] dan kalau nanti saya menemukan lagi cuplikan adegan yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi. Dadah.

Comments